Light Dark

Bahan Kimia di Wajan Anti Lengket Bisa Sebabkan Penyakit Hati

Sehat | 08 May 2022, 14:00 WIB
Ilustrasi Bahan Kimia dalam Wajan Anti Lengket Ternyata dapat Sebabkan Penyakit Hati | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu tanda jika kasus penyakit Hati semakin meningkat ialah banyaknya pasien yang membutuhkan transplantasi hati. 

Ilmuwan bahkan sudah memperkirakan bahwa kedepannya akan banyak permintaan transplantasi hari karena banyak yang menderita penyakit Hati berlemak non-alkohol.


Advertisement

photoIlustrasi Wajan Anti Lengket - (Freepik)

Melansir dari suara.com, menurut para ilmuwan, salah satu penyebab penyakit Hati tersebut adalah paparan Bahan Kimia yang disebut Perfluorinated Alkylated Substances (PFAS), yang sangat lambat terurai di dalam tubuh.

Umumnya, PFAS atau 'zat kimia selamanya' ini digunakan dalam Wajan anti lengket, karena sifatnya tahan panas, tahan air, tahan noda, dan tahan minyak.


Advertisement

Berdasarkan analisis yang terbit di Environmental Health Perspectives, ilmuwan juga telah menemukan bahwa beberapa PFAS berada di udara dan air minum yang terkontaminasi.

Bahan kimia ini juga akan tetap berada di aliran darah seumur hidup. Padahal, paparan PFAS dikaitkan dengan risiko kesehatan, seperti kanker, fungsi kekebalan yang melemah, dan keterlambatan perkembangan pada anak.

Para ilmuwan yang mempelajari kesehatan lingkungan telah mencurigai adanya hubungan antara PFAS dan kerusakan Hati selama bertahun-tahun.

Mereka mencatat bahwa PFAS secara struktural mirip dengan asam lemak, sehingga paparan Bahan Kimia ini dapat meniru efek mengkonsumsi banyak lemak.

Studi pada hewan pengerat yang terpapar PFAS mengungkap bahwa Bahan Kimia ini mengikat reseptor untuk asam lemak, menyebabkan penumpukan lemak abnormal di hati.

Karenanya, semakin lama paparan terhadap PFAS bisa menyebabkan penyakit Hati berlemak non-alkohol.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah