Light Dark

3 Tanda Bahaya pada Tubuh Jika Berlebihan Konsumsi Vitamin D

Sehat | 08 May 2022, 11:35 WIB
Ilustrasi Terlalu Banyak Mengkonsumsi Vitami D Ternyata Bernahaya untuk Tubuh | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Vitamin D merupakan salah satu Vitamin penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun, jika berlebihan mengkonsumsi Vitamin tersebut akan menyebabkan berbagai efek negatif untuk kesehatan tubuh.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 20225 dan 2011, menunjukan jika masyarakat yang keracunan Vitamin D meningkat sekitar 1.600 persen dan itu sangat berbahaya.


Advertisement

Untuk mencegah hal tersebut, kamu harus mengetahui tanda yang menunjukan jika Tubuh kamu terlalu banyak mengkonsumsi Vitamin D. 

Seperti dilansir dari suara.com, inilah tanda jika Tubuh kelebihan mengkonsumsi Vitamin D, yang wajib kamu waspadai.

Baca Juga :


Advertisement

1. Mudah Haus dan Terus Menerus Buang Air Kecil

photoIlustrasi Minum Air Putih karena Haus - (Freepik)

Mengonsumsi terlalu banyak Vitamin D dapat menyebabkan hiperkalsemia, atau terlalu banyak kalsium dalam darah. 

Ginjal akan bekerja lebih keras untuk menyaring kalsium, sehingga ini menyebabkan rasa haus yang berlebihan dan sering buang air kecil.

2. Menyebabkan Nyeri Otot dan Kram

photoIlustrasi Kram Otot - (Shutterstock)

Mengonsumsi terlalu banyak Vitamin D dapat menyebabkan nyeri otot, lemah, kram, dan kedutan. Disebut sebagai hiperkalsemia, tidak hanya menyebabkan kram otot saja, melainkan juga dehidrasi.

3. Sembelit, Mual, Hingga Muntah-muntah

photoIlustrasi Sembelit - (Freepik)

Menurut Direktur University of California, Los Angeles Center For Human Nutrition Dr. Zhaoping Li mengatakan, masalah gastrointestinal merupakan indikator umum dari Vitamin D berlebihan. Salah satunya mual, muntah, sembelit, hingga dehidrasi.

“Tubuh akan mencoba membuang kalsium yang sebenarnya diserap. Dan itu kekhawatiran utama toksisitas Vitamin D, bahkan jika itu tidak seburuk Vitamin A, ketika Anda mengambil jumlah besar dalam bentuk murni, Anda harus khawatir,” ungkapnya.

Itulah tiga tanda jika Tubuh kamu kelebihan mengkonsumsi Vitamin D, sebaiknya perhatikan takaran dalam mengkonsumsi Vitamin tersebut, agar kamu terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah