Light Dark

Mahasiswa Universitas Nusa Putra, Pantau Arus Wisata di Palabuhanratu Sukabumi

Sukabumi | 07 May 2022, 15:36 WIB
Kemacetan yang terjadi di jalur wisata Pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi Rabu 4 Mei 2022. Jurnalis Nuansa Universitas Nusa Putra meliput kepadatan tersebut. | IG @jurnalis_nuansa

SUKABUMIUPDATE.com - Reporter Unit Kegiatan Kampus (UKK) Jurnalis Nuansa Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi ikut memantau arus lalu lintas di jalur wisata Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada libur lebaran atau Idul Fitri 1443 H, Rabu 4 Mei 2022. Dilaporkan saat itu arus lalu lintas terpantau macet total.

Seperti diketahui, libur lebaran tahun ini memberikan banyak antusias kepada masyarakat, mengingat tahun lalu masih diberlakukan lockdown oleh pemerintah akibat Covid-19. Tetapi tahun ini sudah diperbolehkannya mudik.


Advertisement

Menjadi tradisi pasca hari raya Idul Fitri, masyarakat biasanya memanfaatkan waktu bersama dengan keluarga untuk berlibur. Pantai Palabuhanratu menjadi salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi oleh masyarakat pada saat libur hari raya Idul Fitri.

Namun liburan tahun ini membuat masyarakat harus banyak bersabar karena ribuan kendaraan roda empat dan roda dua terpantau memasuki daerah wisata Palabuhanratu sehingga menimbulkan macet total.

Baca Juga :


Advertisement

Berdasarkan pantauan jurnalis Nuansa saat itu, lalulintas jalur Cikidang-Palabuhanratu terlihat macet total sehingga kendaraan nyaris tidak bisa bergerak karena banyaknya wisatawan yang datang ke Palabuhanratu saat itu.

Kemacetan terjadi di simpang Gunung Butak, para pengguna jalan nyaris tidak bergerak dikarenakan banyaknya kendaraan yang masuk ke arah karanghawu atau sebaliknya, kemacetan diperkirakan terjadi sepanjang 20 kilometer.

"Saya berangkat dari rumah pukul 07.00 WIB dan tiba ke lokasi pukul 16.00 WIB, lalu lintas memang bener-bener macet total sampe kendaraan susah bergerak," ujar Nita, wisatawan yang ditemui jurnalis Nuansa di lokasi.

Selain itu wisatawan lain, Oman yang berangkat bersama komunitasnya dari Sukaraja mengungkapkan kepadatan terjadi dari mulai jalan Palabuhanratu lalu melalui Pangleseran kendaraan padat merayap, walaupun menggunakan kendaraan roda dua. Sehingga saat itu diberlakukan One Way oleh petugas gabungan di pertigaan Gunung Butak.

SUMBER: JURNALIS NUANSA/SUMARNI

Image

Admin SUpdate

Image

Denis Febrian