Light Dark

Tips Mengatasi Stres saat Terjebak Kemacetan Lalu Lintas

Gaya Hidup | 05 May 2022, 15:15 WIB
(Ilustrasi) Kemacetan tak jarang menyebabkan pengemudi maupun penumpang merasa stres | iStock

SUKABUMIUPDATE.com - Kemacetan tak jarang menyebabkan pengemudi maupun penumpang merasa stres karena harus menunggu sangat lama untuk bisa sampai di tempat tujuan.

Selain itu, terjebak macet juga menyebabkan pengemudi menjadi cepat lelah bahkan terkadang menyebabkan sebagian orang merasa emosi.


Advertisement

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres saat terjebak macet di jalan? Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat terjebak kemacetan agar tidak stres yang dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga :

1. Buat Posisi Kamu Nyaman

photoMengemudi mobil - (iStock)


Advertisement

Saat terjebak kemacetan, usahakan mencari posisi duduk yang nyaman. Kamu juga bisa menggunakan pendingin udara (AC) yang tersedia di mobil.

Namun jika mobil tidak dilengkapi dengan AC, kamu bisa sedikit membuka jendela agar sirkulasi udara di dalam kabin mobil berjalan lancar sehingga tidak terasa pengap.

2. Mendengarkan Musik

photo(Ilustrasi) Mendengarkan musik saat terjebak kemacetan - (Unplash.com)

Kamu juga bisa mendengarkan musik favorit saat terjebak macet. Menurut beberapa penelitian mendengarkan musik bisa meredakan stres.

Karena itu sebelum berkendara sebaiknya kamu menyiapkan playlist musik yang akan kamu putar di perjalanan nanti.

Sediakan juga playlist yang bisa diputar secara offline untuk berjaga-jaga seandainya kamu terjebak macet di daerah yang memiliki jaringan internet buruk.

3. Makan Cemilan

photo(Ilustrasi) Menyantap cemilan - (iStockphoto)

Memakan cemilan saat terjebak macet juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari rasa stres.

Kamu bisa menyiapkan cemilan kesukaan sebelum mulai berkendara. Saat mengunyah makanan dinilai mampu mengalihkan perhatian kamu pada kondisi jalanan yang macet.

4. Menelpon Seseorang

photo(Ilustrasi) Menelpon  - (iStock)

Cara lain yang bisa kamu lakukan yaitu menelpon orang-orang terdekat kamu seperti orang tua, saudara, sahabat, atau mungkin pasangan kamu.

Kamu bisa menceritakan kondisi kemacetan dengan mereka atau bercerita hal-hal menarik yang bisa menghibur kamu agar tidak merasa bosan dan stres di tengah kemacetan.

5. Membaca

photo(Ilustrasi) Kamu bisa membaca informasi menarik lewat smartphone - (iStock)

Kamu bisa membaca buku favorit kamu di tengah-tengah kemacetan yang parah. Atau jika tidak membawa buku, kamu bisa membaca informasi-informasi menarik seperti tips-tips mengatasi macet atau sebagainya lewat smartphone yang kamu bawa.

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran