Light Dark

Macet Hingga Warungkiara, Akses Palabuhanratu Sukabumi dari Utara Mulai Buka Tutup

Sukabumi | 05 May 2022, 11:36 WIB
Buka tutup di simpang Ratu cipanas Cibadak, akses menuju Palabuhanratu Sukabumi untuk mengurangi macet, mulai diberlakukan 5 Mei 2022 | akun instagram @satumenitupdate

SUKABUMIUPDATE.com - Tim pengamanan jalur wisata lebaran di Kabupaten Sukabumi mulai memberlakukan buka tutup akses ke Palabuhanratu. Hari ini, Kamis 5 Mei 2022 antrian kendaraan menuju kawasan pantai teluk Palabuhanratu sudah lebih dari 25 kilometer, ujung antrian mobil dan motor berada di wilayah kecamatan Warungkiara atau Warki.

Melalui akun media sosial resminya, Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi menginformasikan buka tutup dilakukan untuk mengurangi penumpukan kendaraan wisatawan di Palabuhanratu dan jalur menuju ke kawasan tersebut.


Advertisement

"Sudah dilakukan rekayasa lalu lintas di simpang cipanas cibadak dengan buka tutup akses menuju arah Palabuhanratu dari wilayah utara, termasuk dari simang Cikidang " jelas admin akun media sosial Dinas Perhubungan. Buka tutup ini hanya berlaku untuk kendaraan wisatawan, masyarakat lokal dipastikan masih bisa melintas.

Foto-foto penutupan arus wisatawan ke Palabuhanratu di Simpang Ratu Cibadak beredar di media sosial. "Tadi jam 9 pagi simpan ratu Cibadak ditutup yang mau arah ke Palabuhanratu," tulis salah seorang netizen.

Sejumlah warga hari ini melaporkan jika kemacetan menuju Palabuhanratu sudah terjadi mulai dari kawasan jalan nasional di Kecamatan Warungkiara, atau kurang lebih 25 kilometer dari Pusat Kota Palabuhanratu.


Advertisement
photoKepadatan arus lalu lintas menuju di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, pada H+2 Lebaran atau Rabu (4/5/2022). - (Istimewa)

Selain buka tutup akses ke Palabuhanratu, Polres Sukabumi juga sejak Selasa, 3 Mei 2022 juga memberlakukan one way di sejumlah jalur masuk dan keluar dari Palabuhanratu, untuk mengurangi penumpukan kendaraan.

One way atau rekayasa lalu lintas dengan mengubah jalur dua arah menjadi satu arah dilakukan dari arah Palabuhanratu ruas Gunung Butak hingga simpang tiga Tugu Jangilus mulai Rabu pukul 09.00 WIB. Sementara dari arah Kota Sukabumi, dimulai dari simpang tiga Tugu Jangilus hingga Gunung Butak. 

Baca Juga :

Kepala Kepolisian Resor Sukabumi Ajun Komisaris Besar Polisi Dedy Darmawansyah Nawirputra lewat Kepala Seksi Humas Inspektur Polisi Dua Aah Saepul Rohman mengatakan strategi yang diterapkan untuk mengurai kepadatan lalu lintas akan disesuaikan dengan dinamika situasi dan kondisi lapangan.

Selain one way, ada beberapa alternatif rekayasa lalu lintas lain yang bisa dilakukan. Termasuk memanfaatkan kantong-kantong parkir di beberapa titik. Petugas kepolisian di lapangan pun dipantau langsung Kepala Kepolisian Resor Sukabumi Ajun Komisaris Besar Polisi Dedy Darmawansyah Nawirputra.

"Melalui pesawat HT, Pak Kapolres Sukabumi terus memberikan instruksi dan arahan kepada para perwira lapangan," kata Aah. 

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur