Light Dark

Libur Lebaran Mau ke Palabuhanratu Sukabumi? Harus Sabar dan siap-siap Macet

Sukabumi | 03 May 2022, 15:40 WIB
Kemacetan di jalur utara Sukabumi pada libur pasca lebaran idul fitri 2022, | wisata lebaran

SUKABUMIUPDATE.com - Pantai selatan Sukabumi khususnya kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu, kembali menjadi destinasi utama wisatawan pasca hari raya Idul Fitri 1443 H. Seperti sebelum pandemi covid-19, wisatawan harus bersabar karena macet adalah  'bonus' bagi mereka sebelum menikmati pantai-pantai eksotis di pesisir selatan Sukabumi.

Memasuki hari pertama (H+1) setelah lebaran ribuan kendaraan, baik roda empat atai roda dua terpantau memasuki wilayah Sukabumi, dari wilatah utara. Mereka yang datang didominasi mobil pribadi, kebanyakan plat nomor luar Sukabumi. 


Advertisement

Kondisi ini menyebabkan arus lalu lintas di wilayah Sukabumi macet di beberapa titik.  Situasi ini memang sudah diprediksi akan terjadi karena Kabupaten Sukabumi memiliki sejumlah destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dalam dan luar kota, terutama pada libur lebaran seperti sekarang. 

Salah seorang wisatawan asal Bekasi yang mengendarai mobil bersama keluarganya untuk berlibur ke Palabuhan Ratu, menceritakan sudah terjebak macet dari mulai keluar tol Bocimi, "Dari keluar tol udah macet, sampe sini  (Parungkuda) 3 jam lebihlah," Ungkap Juni (42 tahun) pada sukabumiupdate.com Selasa (3/5/2022). 

Baca Juga :


Advertisement

Wisatawan lain juga mengeluhkan hal serupa, "Ya disabarin aja, soalnya libur ga lama jadi nyempetin buat keluarga," tutur Soni (35 tahun), ia membawa anak dan istrinya untuk menikmati pesona alam di sekitar pantai Palabuhan Ratu. 

Dari pantauan sukabumiupdate.com sendiri lalu lintas di jalan Raya Sukabumi sudah mulai tersendat sejak Selasa pagi sekitar pukul 08.00. Kondisi ini diperkirakan masih akan bertahan hingga malam nanti.

Wisatawan dari arah utara untuk mencapai Palabuhanratu bisa melalui simpang cikidang ataupun cibadak. Sementara dari arah barat atau kota Sukabumi bisa melalui jalur Cikembar. 

Melalui akun medsos resminya, Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi meminta wisatawan untuk bersabar, karena pantauan antrian kendaraan menuju kota Palabuhanratu mencapai kurang lebih 10 kilometer pada pantauan, Selasa 3 Mei 2022, pukul 13.30 WIB. 

REPORTER: CRP4 (BILLI)

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur