Light Dark

Simak 6 Tips Atasi Pegal saat Perjalanan Mudik Agar Tetap Nyaman

Gaya Hidup | 02 May 2022, 02:00 WIB
(Ilustrasi) Rasa pegal kerap dirasakan pemudik yang melakukan perjalanan jauh saat pulang kampung | iStock

SUKABUMIUPDATE.com - Rasa Pegal kerap dirasakan pemudik yang melakukan perjalanan jauh saat pulang kampung.

Hal tersebut karena selama perjalanan, pemudik terus duduk di kendaraan dalam waktu cukup lama. Hal tersebut menyebabkan perjalanan jadi tidak nyaman bahkan saat sudah sampai di tempat tujuan.


Advertisement

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menyimak tips cara mengatasi Pegal saat melakukan perjalanan mudik yang dilansir dari Tempo.co.

Baca Juga :

1. Jangan Gunakan Pakaian Ketat

photo(Ilustrasi) Pakaian ketat - (Unplash Laura Chouette)


Advertisement

Disarankan untuk tidak menggunakan pakaian yang ketat saat melakukan perjalanan mudik, terutama celana. Ini mengakibatkan aliran darah terhambat dan merangsang rasa nyeri.

2. Sempatkan Istirahat

photo(Ilustrasi) Beristirahat saat berkendara dengan sepeda motor - (Pexels.com Ekaterina Belinskaya-1)

Menurut Western New York Urology Associates, mengemudi bisa membuat tubuh merasa lelah dan tegang. Saat melakukan perjalanan jauh atau mudik kamu perlu menepi setidaknya dua jam sekali untuk mengistirahatkan pikiran dan tubuh di jalan.

3. Lakukan Peregangan Tubuh

photo(Ilustrasi) Melakukan peregangan - (Mohamed Hassan/Pixabay)

Cobalah untuk meregangkan kaki kamu bila memungkinkan dan lakukan latihan kaki untuk merangsang sirkulasi saat mobil berhenti. Di pesawat, cobalah berjalan-jalan setiap 30 menit sekali saat bepergian jarak jauh.

Mengutip Yakes Telkom, peregangan dan meluruskan tubuh bisa dilakukan selama 30 menit saat berhenti istirahat. Ketika kondisi terjebak macet juga perlu melakukan peregangan dengan cara melakukan pengaturan dan mengubah posisi duduk setiap minimal 15-20 menit sekali.

4. Atur Posisi Duduk

photo(lustrasi) Duduk dalam kendaraan - (nyulangone.org)

Posisikan duduk kamu secara tegak lurus dengan lutut sedikit lebih tinggi dari pinggul. Kemudian punggung sejajarkan dengan bagian belakang tempat duduk atau bisa menggunakan bantalan khusus untuk punggung.

Posisi tubuh yang benar saat duduk merupakan cara terbaik untuk menghindari potensi masalah, seperti pegal. Mengutip cleveland.edu, posisi membungkuk, bahu berguling ke depan atau kepala condong ke samping bisa menyebabkan beberapa rasa sakit, termasuk kejang otot, ketidaknyamanan punggung, dan tengkuk pada leher.

5. Kosongkan Saku Belakang

photo(Ilustrasi) Saku belakang - (Unplash Lucas Lenzi)

Saat di kendaraan, untuk mengurangi rasa Pegal di bagian punggung, pastikan dompet, ponsel, dan benda lain tidak tersimpan di saku belakang supaya tulang belakang tetap sejajar.

Sebaiknya kamu meletakkan bantal kecil di bagian punggung. Ini sebagai penyangga untuk membantu kamu menghindari rasa kelelahan di punggung. Selanjutnya, cincin leher juga bermanfaat untuk leher kamu supaya ditopang dengan benar.

6. Kompres Punggung Dengan Es

photo(Ilustrasi) Kompres dengan Es - (Pexels.com)

Kompres pada bagian punggung menggunakan es bisa mengurangi peradangan dan rasa sakit yang berlebih. Selain itu, mengoleskan balsam atau menyandarkan tubuh ke kursi bisa memberi rasa hangat pada bagian punggung. Ini bertujuan untuk menjaga punggung supaya tak merasa Pegal dan nyeri.

SUMBER: TEMPO.CO/KAKAK INDRA PURNAMA

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran