Light Dark

5 Tips untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Sehat | 26 Apr 2022, 10:27 WIB
Ilustrasi Menjaga Kesehatan Ginjal | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Ginjal merupakan organ tubuh yang kesehatannya penting untuk dijaga. Karena, jika tidak dijaga dengan baik ada banyak penyakit berbahaya yang bisa bersarang dalam tubuh.

Ada banyak penyebab yang menyebabkan penyakit Ginjal kronis, salah satunya adalah gaya hidup, mulai dari pola makan, hingga tidak pernah berolahraga.


Advertisement

photoIlustrasi Menjaga Kesehatan Ginjal - (Freepik)

Seperti dilansir oleh suara.com dari HealthShots, menurut National Kidney Foundation 10 persen populasi yang terkena penyakit Ginjal kronis mengalami kematian setiap tahun dengan angka mencapai jutaan jiwa.

Selain gaya hidup yang menjadi pemicu, penyakit Ginjal kronis juga meningkatkan risiko hipertensi serta masalah kardiovaskular, mulai dari stroke hingga serangan jantung.

Baca Juga :


Advertisement

Perempuan Lebih Rentan Mengalami Penyakit Ginjal Kronis

Beberapa laporan menunjukkan bahwa perempuan lebih rentan mengalami penyakit Ginjal kronis. Alasan utamanya adalah, karena terbatasnya kesadaran dan akses ke perawatan yang tepat, terutama di negara-negara dunia ketiga.

Ketika kesadaran rendah, ini menyebabkan terlambatnya diagnosis penyakit tersebut. Selain itu, perempuan juga lebih mungkin mengembangkan penyakit Ginjal bersamaan dengan penyakit lupus serta infeksi ginjal.

Gejala Penyakit Ginjal

Meski penyakit Ginjal kronis memiliki gejala yang spesifik, kebanyakan tidak bergejala sampai kondisi menjadi lanjut. 

Namun, jika mengalami gejala seperti kelelahan, nafsu makan berkurang, kaki bengkak, dan bengkak di sekitar mata selama lebih dari dua hari, coba lakukan tes kesehatan.

Apalagi deteksi dini menjadi cara terbaik untuk mencegah kondisi buruk akibat penyakit Ginjal kronis dan mengurangi dari masalah gagal Ginjal hingga kematian.

Tips untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Cara terbaik untuk mencegah penyakit Ginjal kronis adalah dengan memastikan kebiasaan gaya hidup. 

Jika gaya hidup sehat, maka potensi terkena Ginjal kronis akan minim resiko. Ada enam tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga Kesehatan ginjal.

  1. Olahraga yang teratur dan aktif memainkan peran penting. Tidak hanya untuk Kesehatan tubuh, menurunkan berat badan, dan menyeimbangkan tubuh, ini berlaku juga bagi kesehatan Ginjal Anda.
  2. Jaga tekanan darah agar tetap terkendali, karena glukosa (gula) ekstra dalam darah memaksa Ginjal bekerja keras untuk menyaring darah.
  3. Minum air secara teratur, minimal 1-2 liter setiap harinya. Tidak hanya baik untuk mengurangi dehidrasi, air mineral juga dapat meningkatkan kesehatan Ginjal Anda.
  4. Batasi dari konsumsi rokok dan alkohol.
  5. Jangan terlalu banyak mengonsumsi obat bebas, seperti Ibuprofen dan Naproxen. Dua obab ini tentu dapat merusak ginjal seseorang, terutama jika diminum secara teratur untuk mengurangi nyeri kronis, sakit kepala, dan arthritis.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah