Light Dark

Masih Banyak yang Belum Sadar, Ini Alasan Mobil Ambulans Wajib Diberi Jalan

Mobil | 21 Apr 2022, 23:00 WIB
(Ilustrasi) Mobil Ambulans | Pixabay AlexDE

SUKABUMIUPDATE.com - Masih banyak pengendara yang tidak sadar dengan alasan kenapa mobil ambulans harus diprioritaskan saat bertugas dan melintas di jalan raya.

Melansir dari Suara.com, padahal mobil ambulans merupakan salah satu dari tujuh kendaraan yang menjadi prioritas di jalanan menurut undang-undang.


Advertisement

Menurut Undang-Undang, terdapat daftar tujuh kendaraan yang merupakan prioritas di jalanan dan mendapatkan hak istimewa untuk didahulukan diurutkan sesuai dengan peringkat urgensinya. Salah satunya adalah mobil ambulans yang tengah mengantarkan orang sakit.

Baca Juga :

Dalam Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) dalam pasal 134, disebutkan bahwa setidaknya ada tujuh pengguna jalan yang memiliki hak utama di jalan raya. Di antaranya:


Advertisement
  1. Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas
  2. Ambulans yang mengangkut orang sakit
  3. Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas
  4. Kendaraan pimpinan lembaga Negara Republik Indonesia
  5. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara
  6. Iring-iringan pengantar jenazah
  7. Konvoi dan atau kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia

photo(Ilustrasi) ambulans - (Pexels Mathias P.R. Reding)

Mobil Ambulans atau mobil jenazah sudah dibekali dengan suara sirine dan lampu strobo. Dimana hal tersebut juga sudah diatur dalam Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Ambulans sendiri menggunakan lampu isyarat berwarna merah dan sirine.

Suara yang dibawa oleh Ambulans (sirine) tersebut merupakan salah satu tanda dari kendaraan ambulans.

Bunyi sirine serta lampu isyarat berwarna merah menjadi tanda bagi para pengguna jalan lain untuk peduli dengan adanya mobil ambulans.

Selain karena aturan yang telah ditetapkan, alasan Ambulans harus didahulukan dan mendapatkan hak utama di jalan raya, menempati posisi kedua setelah kendaraan pemadam kebakaran yang tengah menjalankan tugas, adalah karena kesadaran akan adanya nyawa manusia yang tengah diselamatkan.

Dibalik adanya mobil ambulan, terdapat petugas yang sedang mengemban tugasnya, menyelamatkan nyawa seseorang.

Bukan hanya aturan yang tertulis semata, namun juga menyangkut keselamatan orang banyak. Sehingga, Ambulans yang mengangkut orang sakit harus didahulukan agar bisa segera tertolong.

SUMBER: SUARA.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran