Light Dark

Tahukah Kamu Kenapa Tulisan Ambulance di Bagian Depan Mobil Ditulis Terbalik?

Mobil | 21 Apr 2022, 17:30 WIB
(Ilustrasi) Pernahkah kamu bertanya kenapa tulisan Ambulance pada bagian depan mobil ditulis terbalik? | Pexels Nothing Ahead

SUKABUMIUPDATE.com - Kita pasti tidak asing dengan mobil ambulans dan pasti sering melihatnya melintas di jalan raya.

Tapi pernahkah kamu memperhatikan tulisan ‘AMBULANCE’ pada bagian depan mobil ditulis terbalik. Ternyata hal tersebut bukan tanpa alasan, berikut alasan tulisan Ambulance ditulis terbalik menurut laman daihatsu.co.id.


Advertisement

Baca Juga :

1. Agar Lebih Mudah Dibaca

photoMobil ambulans. - (Dokpim Kabupaten Sukabumi)

Tulisan itu dibuat terbalik agar bisa dibaca oleh pengendara lain yang ada di depan ambulance.


Advertisement

Tulisan Ambulance yang terbalik itu akan terlihat dan terbaca secara normal saat dilihat dari kaca spion mobil mereka mengingat spion mobil sendiri memiliki sifat bias layaknya cermin pada umumnya.

Dengan begitu, diharapkan pengendara lain itu akan memberi jalan kepada Ambulance yang ada di belakangnya agar bisa melintas dengan lancar.

Dan ternyata penulisan kata Ambulance terbalik sendiri tak hanya berlaku di Indonesia saja melainkan juga berlaku di negara-negara lain.

Tak hanya pada mobil ambulance, penulisan kata secara terbalik juga digunakan pada beberapa mobil lainnya yang mendapat prioritas lain seperti mobil pemadam kebakaran dan mobil penyelamat.

2. Berguna Saat Sirine mobil Tidak Menyala

photo(Ilustrasi) Setidaknya terdapat tujuh kendaraan yang memperoleh prioritas di jalan raya termasuk ambulans - (iStock)

Setiap mobil ambulance dilengkapi dengan lampu strobo dan sirine sebagai tanda peringatan kepada pengendara lain.

Bahkan, sirine pada Ambulance ampuh membuat pengendara lain menyingkir dibandingkan dengan tulisan Ambulance yang terbalik pada bagian depan mobil.

Meski demikian, tulisan Ambulance yang terbalik itu tetap dibutuhkan untuk menggantikan fungsi sirine sebagai tanda peringatan jika sirine Ambulance tengah mati karena mengalami gangguan.

Itulah alasan mengapa tulisan Ambulance pada bagian depan mobil ambulans ditulis terbalik.

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran