Update Klasemen MotoGP 2022 Setelah Aleix Espargaro Juara GP Argentina

Senin 04 April 2022, 14:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Aprilia tampil mengejutkan setelah berhasil menjuarai seri ketiga MotoGP 2022 di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina Senin (4/4/2022) dini hari WIB dan sekaligus menjadi catatan tersendiri bagi ridernya yakni Aleix Espargaro.

Dilansir dari Tempo.co, Aleix Espargaro menorehkan catatan bersejarah. Ia meraih kemenangan MotoGP pertamanya di Grand Prix Argentina, mempersembahkan kemenangan perdana bagi Aprilia pada era MotoGP, juga merebut puncak klasemen.

Pembalap Spanyol itu mengawali balapan MotoGP ke-200 dalam karirnya setelah merebut pole position. Itu merupakan pole pertama untuk Aprilia sejak kelas MotoGP dikenalkan pada 2002 dan ketiga kalinya bagi pabrikan asal Noale itu secara keseluruhan dalam kelas premier.

Sebelumnya mereka pernah meraihnya bersama Tetsuya Harada di Italia pada 1999 dan Jeremy McWilliams di Australia pada 2000.

Baca Juga :

Aprilia juga menjadi pabrikan ketiga yang merasakan pole di Termas setelah Honda (5) dan Ducati (1).

Itu kali ketiga Aleix Espargaro start terdepan dalam MotoGP. Dua pole position lainnya dia raih di Assen/2004 saat membalap untuk Yamaha dan Catalunya/2015 bersama Suzuki.

Oleh karena itu, dia menjadi pebalap pertama yang meraih pole dengan tiga motor dari pabrikan berbeda MotoGP.

MotoGP kembali ke Argentina setelah dua Grand Prix di negara Amerika Selatan itu dibatalkan karena pandemi COVID-19. Akan tetapi, balapan tahun ini terganjal masalah logistik yang menyebabkan pesawat kargo terlambat datang dan seluruh sesi latihan Jumat dibatalkan.

photoAleix Espargaro  - (aleixespargaro)</span

Start terdepan di Termas de Rio Hondo, Espargaro kehilangan posisi setelah pembalap tim Pramac Jorge Martin meluncur sempurna guna memimpin lomba menuju tikungan pertama. Kedua pembalap bersaing ketat dan membangun jarak dua detik di depan rival-rivalnya.

Martin yang gagal finis dalam dua balapan pembuka musim, mendapatkan sedikit ruang bernafas setelah pembalap Aprila itu melebar di tikungan pertama.

Akan tetapi, setelah membuat kesalahan tersebut, Espargaro ternyata masih menyimpan kecepatannya dan mencetak lap terbaik untuk mengejar pembalap terdepan.

Setelah dua kali berupaya menyalip Martin dan melebar, Espargaro melakukan manuver sempurna untuk mengambil alih pimpinan lomba dari rival senegaranya itu dalam lima lap terakhir dan menjadi yang pertama melintasi finis untuk merayakan kemenangan bersejarah dalam kariernya.

Pembalap Suzuki Alex Rins memastikan tiga pembalap Spanyol naik podium hari itu setelah finis di belakang Martin.

Hasil tersebut sekaligus menghasilkan sembilan pembalap berbeda finis podium dari tiga balapan awal musim ini, yang menguak bagaimana terbukanya musim kompetisi 2022.

Emosi Espargaro pecah di paddock ketika berbicara dengan keluarganya lewat telepon, adik kandungnya, Pol juga menghampirinya dan memeluk sang kakak.

"Sangat senang, cukup lama untuk bisa sampai di sini," kata Espargaro seperti dilansir laman resmi MotoGP. "Ini balapan yang spesial karena ini start GP ke-200 saya dalam kelas premier."

Pembalap berusia 32 tahun yang mendominasi sesi latihan bebas dan kualifikasi pada Sabtu itu mengatakan tekanan di balapan kali ini berlipat ganda karena orang-orang yakin dia akan mampu melewatinya dengan mudah.

Tapi, "Ini bukan balapan yang mudah, saya sama sekali tidak punya grip di balapan, saya tak tahu apakah karena suhu dari trek atau apa, tapi saya tidak bisa mengeluarkan kecepatan saya, saya tidak bisa membalap seperti yang saya inginkan," kata dia.

"Pada akhirnya dalam empat lap terakhir saya sangat kuat dan saya senang sekali. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang di Aprilia, Noale, semua keluarga Aprilia karena saya rasa kami sangat layak mendapatkan ini dan hal paling spesial adalah kami memimpin kejuaraan, jadi ini mimpi."

Hasil itu sekaligus membawa Espargaro menjadi pemuncak klasemen dengan koleksi 45 poin, tujuh poin di depan pembalap KTM Brad Binder yang finis keenam hari itu.

Martin juga meraih poin pertamanya musim ini setelah gagal finis dalam dua balapan sebelumnya di Qatar dan Indonesia.

Honda, yang kehilangan Marc Marquez akhir pekan ini karena cedera, dibuat frustrasi lantaran pembalap pengganti Stefan Bradl finis P19 sementara Pol Espargaro membuat kesalahan dan terjatuh di tikungan dua hingga gagal menyelesaikan balapan.

Juara dunia bertahan Fabio Quartararo gagal membuat Yamaha bersinar setelah start dari P6 dan sempat melorot ke P13 di balapan sebelum merestorasi posisinya untuk finis P8.

Para pembalap akan melanjutkan pertarungan mereka di benua Amerika saat MotoGP menyambangi Circuit of the Americas di Austin, Texas, AS, pekan depan.

photo(Ilustrasi) Balapan MotoGP. - (motogp.com)</span

Klasemen MotoGP 2022

No   Pembalap                Tim                   Poin 

1. Aleix Espargaro       Aprilia Racing          45

2. Brad Binder             Red Bull KTM          38

3. Enea Bastianini       Gresini Ducati          36

4. Alex Rins                 Suzuki Ecstar           36

5. Fabio Quartararo    Monster Yamaha      35

6. Joan Mir                 Suzuki Ecstar            33

7. Miguel Oliveira        Red Bull KTM           28

8. Johann Zarco          Pramac Ducati          24

9. Jorge Martin            Pramac Ducati          20

10. Pol Espargaro       Repsol Honda           20

11. Jack Miller             Ducati Lenovo           15

12. Franco Morbidelli   Monster Yamaha      14

13Maverick Viñales      Aprilia Racing           13

14Francesco Bagnaia   Ducati Lenovo         12

15Marc Marquez          Repsol  Honda         11

16Takaaki Nakagami    LCR Honda             10

17Luca Marini              Mooney VR46 Ducati 10

18Marco Bezzecchi     Mooney VR46 Ducati 7

19Darryn Binder          WithU Yamaha RNF   6

20Alex Marquez           LCR Honda                4

21Andrea Dovizioso    WithU Yamaha RNF   2

22Remy Gardner        KTM Tech3                 1

Jadwal MotoGP berikutnya akan berlangsung di Austin, Amerika.

SUMBER: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Tags :
Berita Terkini
Sukabumi17 Mei 2024, 23:06 WIB

Rahmat Tamatan SD, Menyoroti Lingkaran Sosial Pembunuh Ibu Kandung di Kalibunder Sukabumi

Lingkaran sosial budaya dan pendidikan di lingkungan Rahmat Pembunuh Ibu Kandung jadi perhatian serius Forkopimcam Kalibunder Sukabumi.
Rumah Inas (43 tahun) dan Rahmat alias Herang (25 tahun) atau lokasi pembunuhan di Kampung Cilandak RT 15/04, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/5/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi17 Mei 2024, 22:12 WIB

Studium Generale UMMI Sukabumi Bahas Implementasi Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan

Gelar Studium Generale, UMMI Sukabumi bahas implementasi transisi PAUD ke SD yang menyenangkan bersama Kemendikbudristek RI.
Studium Generale UMMI Sukabumi bersama Kemendikbudristek dihadiri para guru hingga unsur dinas pendidikan setempat. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel17 Mei 2024, 21:00 WIB

Bantu Anak Tumbuh Tinggi, 6 Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari

Dengan mengintegrasikan kebiasaan minum susu di malam hari, anak dapat memperoleh manfaat gizi dan kesehatan yang signifikan. Kebiasaan minum susu ini akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal.
Ilustrasi. Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi17 Mei 2024, 20:36 WIB

Kecelakaan di Jalur Lingsel Sukabumi, Dua Pemotor Remaja Terpental usai Tabrak Mobil

Berikut kronologi kecelakaan dua pemotor remaja yang terpental usai tabrak mobil yang sedang menyeberang di Jalur Lingsel Sukabumi.
TKP dua pemotor remaja terpental usai tabrak mobil yang sedang menyebrang di Jalur Lingkar Selatan (Lingsel) Cisaat Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat17 Mei 2024, 20:30 WIB

5 Alasan Mengendalikan Kadar Asam Urat dalam Tubuh Sangat Penting

Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat.
Ilustrasi - Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Sehat17 Mei 2024, 20:00 WIB

Sufor Pengganti ASI, Ini 10 Jenis Susu yang Bisa Dikonsumsi Anak

Alternatif lain, namun perlu diperhatikan bahwa susu almond biasanya lebih rendah protein dibandingkan ASI atau susu sapi. Maka dari itu, pilih jenis susu yang difortifikasi sebagai pengganti ASI.
Ilustrasi. Susu Formula Berbasis Susu Sapi adalah jenis susu formula yang paling umum dan mirip dengan komposisi ASI dalam hal protein, lemak, dan karbohidrat. (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sukabumi17 Mei 2024, 19:34 WIB

Habiskan Rp10 Juta, Ini Alasan Warga Swadaya Cor Jalan Rusak di Cidahu Sukabumi

Perbaikan jalan rusak secara swadaya di Cidahu Sukabumi saat ini tengah dihentikan sementara.
Warga dan komunitas di Cidahu Sukabumi swadaya cor jalan rusak. (Sumber : Istimewa)
Sehat17 Mei 2024, 19:30 WIB

Sehat dan Bebas dari Kolesterol Tinggi: 5 Latihan Fisik yang Harus Anda Lakukan

Penderita kolesterol dapat meringankan gejalanya dengan latihan fisik sederhana.
Ilustrasi - Penderita kolesterol dapat meringankan gejalanya dengan latihan fisik sederhana. (Sumber : Freepik.com).
Life17 Mei 2024, 19:00 WIB

5 Kelompok Ciri Anak Lelah Mental Karena Sering Dimarahi Orang Tua

Anak yang lelah karena sering dimarahi orang tua berusaha keras untuk menyenangkan orang tua dan menghindari konflik dengan melakukan apa pun yang diminta, tanpa memikirkan kebutuhannya sendiri.
Ilustrasi. Ciri Anak Lelah Mental Karena Sering Dimarahi Orang Tua (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Sukabumi17 Mei 2024, 18:44 WIB

Dikeluhkan Warga, TPS Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi Ditutup Sementara

DLH Kabupaten Sukabumi dan pihak kelurahan Palabuhanratu sepakat tutup sementara TPS Pangsor Lio.
TPS Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi ditutup sementara usai dikeluhkan warga karena sampah menumpuk. (Sumber : SU/Ilyas)