Light Dark

Beroperasi Sejak 1882, Cerita Panjang Stasiun Kereta Api Sukabumi

Sukabumi | 30 Mar 2022, 17:15 WIB
Stasiun Kereta Api Sukabumi sudah beroperasi sejak tahun 1882 dan masih eksis hingga saat ini | via heritage.kai.id

SUKABUMIUPDATE.com - kereta api atau KA Pangrango kembali melintasi Sukabumi Jawa Barat setelah cukup lama tidak beroperasi akibat pandemi Covid-19. Kemarin Selasa, 29 Maret 2022, KA Pangrango melakukan uji coba perjalanan dari Bogor menuju stasiun Sukabumi.

Stasiun Sukabumi menjadi salah satu stasiun yang disinggahi KA Pangrango saat uji coba kemarin. Menurut laman Heritage KAI, stasiun Sukabumi sudah beroperasi sejak tahun 1882. Saat itu kereta api menjadi alat transportasi andalan pemerintah kolonial untuk membawa hasil bumi dari Sukabumi ke Batavia (sekarang Jakarta).


Advertisement

Bangunannya sendiri  merupakan peninggalan jaman kolonial Belanda sehingga tak mengherankan jika bangunan stasiun tersebut memiliki gaya bangunan tropical indies, atau gaya arsitektur modern pada masa kolonial.

Baca Juga :

Gaya arsitektur ini bisa dilihat dari langit-langit yang tinggi, pintu yang besar dan ventilasi berbentuk setengah lingkaran, hal itu untuk menyesuaikan dengan iklim tropis di Indonesia


Advertisement

Saat ini stasiun Sukabumi masih beroperasi dan menjadi salah satu bangunan cagar budaya yang dilindungi oleh undang – undang cagar budaya. 

photoKereta Api Pangrango Relasi Sukabumi-Bogor saat berada di Stasiun Sukabumi. - (Istimewa)

Stasiun Sukabumi merupakan stasiun kereta api yang lokasinya paling selatan di Daop 1 Jakarta.

Menurut laman kereta api Info, stasiun Sukabumi dulunya memiliki lima jalur, namun hanya tiga jalur saja yang saat ini difungsikan.

Dahulu, di stasiun ini juga terdapat dipo lokomotif dan turn-table (alat untuk memutar arah lokomotif). Namun, dipo lokomotif tersebut kini telah dibongkar dan hanya menyisakan turn-table saja yang kondisinya juga sudah tak terawat sehingga tidak digunakan lagi.

Terlebih saat ini  PT KAI banyak mengoperasikan lokomotif jenis CC206 yang dilengkapi dengan dua kabin sehingga tak perlu diputar lagi.

Stasiun Sukabumi hingga saat ini menjadi salah satu icon Kota Sukabumi, selain KA Pangrango relasi Bogor - Sukabumi, stasiun ini juga melayani kereta api (KA) Siliwangi relasi Sukabumi - Cianjur.

Itulah cerita singkat mengenai stasiun Sukabumi yang masih eksis hingga saat ini.

SUMBER: HERITAGE KAI | KERETA  API INFO

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran