Mahasiswa Teknik Elektro Nusa Putra Terangi Desa di Sukabumi dengan Solar Panel

Selasa 22 Maret 2022, 18:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Nusa Putra mengadakan penerangan jalan untuk warga Desa Cicantayan, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dengan menggunakan teknologi energi terbarukan.

Kurangnya lampu penerangan jalan sehingga pada malam hari jalannya sangat gelap, menjadi permasalahan yang dihadapi Desa yang letaknya cukup dekat dengan kampus Universitas Nusa Putra tersebut.

Oleh karena itu, Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Nusa Putra angkatan 2021 melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Cicantayan berupa pengadaan lampu jalan dengan menggunakan solar panel, yaitu semikonduktor yang bisa menghasilkan listrik searah atau DC (direct current) dari cahaya matahari.

Berdasarkan rilis yang diterima sukabumiupdate.com, tahap yang dilakukan ialah tahap persiapan, tahap pemasangan, tahap pengetesan dan terakhir tahap sosialisasi kepada warga sekitar.

Baca Juga :

Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Nusa Putra Raih Bronze Medal AISEEF 2022

Adapun tujuan pengabdian masyarakat oleh Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Nusa Putra angkatan 2021 tersebut, yaitu untuk memenuhi tridharma perguruan tinggi, serta sebagai salah satu bentuk implementasi peran dan fungsi mahasiswa sebagai agent of change dan agent of sosial control.

“Kampus Universitas Nusa Putra sangat menyambut baik dengan adanya pengabdian masyarakat ini karena termasuk dalam tridharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat,” ujar Dosen Prodi Elektro Universitas Nusa Putra, Marina Artiyasa selaku pembina kegiatan tersebut.

Menurut Marina, bahan yang digunakan untuk lampu jalan desa yaitu dengan menggunakan solar panel kit yaitu solar panel, baterai, lampu LED dan sensor dalam satu paket sehingga tidak sulit dalam pemasangannya.

“Digunakan tiang listrik untuk penyangga. Kemudian pondasinya menggunakan semen, pasir, dan batu kerikil supaya bisa berdiri dengan kokoh menyangga tiang,” jelasnya.

photoTiang penerangan jalan dari Solar Panel yang dipasang mahasiswa Teknik Elektro NPU di Desa Cicantayan. - (Istimewa)</span

Marina menuturkan, kegiatan pemasangan penerangan jalan desa di tiga titik dekat Kantor Desa tersebut tadinya direncanakan tiga hari, namun ternyata bisa dilakukan dalam dua hari saja.

“Karena mahasiswanya banyak, sehingga dibagi tugas ke tiga tempat dan warga desa Cicantayan juga membantu pemasangan lampu jalan ini,” ungkapnya.

Sebelumnya kegiatan pembukaan pengabdian masyarakat yang dilakukan di Desa Cicantayan pada 18 Maret 2022 dengan sambutan dari Ketua Panitia, Ridwan, Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) Muhammad Ramdhani,  Marina Artiyasa selaku pembina, Sekretaris Desa Cicantayan beserta staf dan dihadiri juga oleh mahasiswa teknik Elektro Universitas Nusa Putra angkatan 21.

Dalam sambutannya, Sekdes Desa Cicantayan mengatakan sangat berterima kasih karena dengan adanya lampu jalan Desa untuk masyarakat, pada malam hari jalan desa jadi terang dan mudah diakses oleh warga. Warga juga menyambut baik adanya pemasangan lampu solar panel ini.

Marina Artiyasa sebagai pembina juga mengaku sangat bangga akan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan setiap tahun oleh mahasiswa tersebut. Ia sangat berharap ini menjadi dasar yang baik bagi pembelajaran dan kedepannya bisa terus berlanjut.

Menurutnya, Ketua Prodi Teknik Elektro Universitas Nusa Putra Aryo de Wibowo dan dosen Teknik Elektro lainnya yang berhalang hadir sangat mendukung dengan bangga, dan berharap kegiatan ini akan menambah pengalaman praktek mahasiswa Teknik Elektro

“Sehingga tidak canggung lagi apabila nanti kerja di bidang yang sama, karena ini sangat menjurus di bidang keilmuan Teknik Elektro,” kata Marina.

Marina berharap dengan adanya acara pengabdian masyarakat tersebut, lebih banyak Desa yang terbantu dalam penerangan jalan desanya. Kemudian para mahasiswa juga jadi lebih paham akan keilmuannya.

“Acara ini sudah kedua kalinya, yang pertama bulan Agustus tahun kemarin dilakukan di daerah Cibolang Kaler dengan pemasangan lampu jalan desa dan sampai sekarang masih  jalan dengan baik,” tutup Marina.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi15 Mei 2024, 01:36 WIB

Hasil Autopsi Ibu di Sukabumi yang Dibunuh Anak: Luka Tusuk di Leher Jadi Penyebab Kematian

Terdapat banyak luka tusukan. Berikut hasil autopsi jasad ibu yang dibunuh anak kandung di Kalibunder Sukabumi.
Tim dokter forensik RSUD R Syamsudin SH, dr Nurul Aida Fathya saat diwawancara terkait hasil autopsi jasad ibu yang dibunuh anak kandung di Kalibunder Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi14 Mei 2024, 23:44 WIB

Geram Sampah Menumpuk, Warga di Palabuhanratu Sukabumi Pasang Spanduk Bernada Sindiran

Warga Kampung Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi pasang spanduk larangan membuang sampah di TPS sementara.
Salah satu spanduk yang dipasang warga Kampung Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Bola14 Mei 2024, 22:28 WIB

Hasil Leg 1 Championship Series Liga 1: Bali United vs Persib Berakhir Imbang 1-1

Laga sengit Persib Bandung vs Bali United di Leg 1 Championship Series Liga 1 berakhir imbang 1-1.
Striker Persib Bandung David da Silva cetak gol penyeimbang di injury time. (Sumber : PERSIB.co.id)
Sukabumi14 Mei 2024, 21:58 WIB

Rahmat Pembunuh Ibu Kandung di Kalibunder Sukabumi Akan Diperiksa Kejiwaannya

Polisi bakal panggil psikolog untuk memeriksa kondisi kejiwaan Rahmat pelaku pembunuhan terhadap ibu kandungnya sendiri di Kalibunder Sukabumi.
Rahmat (25 tahun), Pelaku pembunuhan ibu kandung di Kalibunder Sukabumi saat akan dimasukan ke sel. | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan14 Mei 2024, 21:00 WIB

9 Rutinitas Malam Hari yang Membuat Wajah Cantik Alami, Yuk Biasakan!

Dengan membiasakan rutinitas malam yang sehat dan merawat kulit wajah secara teratur, Anda dapat membantu menjaga kulit tetap sehat, cantik, dan bercahaya secara alami.
Ilustrasi. Mencuci Muka. Inilah Rutinitas Malam Hari yang Membuat Wajah Cantik Alami (Sumber : Pexels/KarolinaGrabowska)
Sehat14 Mei 2024, 20:30 WIB

Tinggi Purin, 10 Ikan Laut Ini Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Seafood campuran seperti frutti di mare, yang mencakup berbagai jenis seafood seperti lobster, kepiting, dan kerang, juga mengandung tinggi purin dan sebaiknya dikonsumsi dengan penuh perhatian oleh penderita asam urat.
Ilustrasi. Ikan Tenggiri Kuah Pedas. Karena Tinggi Purin, Ikan Laut Ini Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Urat (Sumber Foto : via Cookpad)
Sukabumi14 Mei 2024, 20:15 WIB

Rahmat Bunuh Ibu Kandung di Kalibunder Sukabumi, Lalu Tidur dengan Berlumuran Darah

Rahmat alias Herang (25 tahun) membunuh ibu kandungnya, Inas (43 tahun) warga Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi. Setelah membunuh ibunya, Rahmat langsung tidur di kamarnya dengan kondisi berlumuran darah
Rahmat (25 tahun), Pelaku pembunuhan ibu kandung di Kalibunder Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life14 Mei 2024, 20:00 WIB

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Kebahagiaanmu Tidak Bermakna, Merasakannya?

Meskipun kebiasaan-kebiasaan ini mungkin tampak sepele, namun ternyata memiliki dampak besar pada kualitas hidup kita dan bisa mengurangi makna dan kebahagiaan dalam hidup kita secara keseluruhan.
Ilustrasi. Menyendiri | Kebiasaan Sepele yang Membuat Kebahagiaanmu Tidak Bermakna (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Sukabumi14 Mei 2024, 19:57 WIB

Ditusuk Nasabah, Debt Collector di Sukabumi Lapor Polisi Dalam Keadaan Pisau Menancap di Dagu

Berikut kronologi Debt Collector ditusuk nasabah nunggak di Sukabumi. Pelaku masih diburu polisi.
Korban penusukan di Sukabumi saat terbaring di rumah sakit. (Sumber : Istimewa)
Sehat14 Mei 2024, 19:45 WIB

Inilah 32 Makanan yang Harus Dihindari dan Dibatasi Saat Kolesterol Tinggi

Ada 32 makanan yang ternyata harus dihindari oleh penderitak kolesterol agar kadarnya tidak tinggi. Meski kebanyakan adalah makanan yang sering dikonsumsi, tapi harus mulai dikurangi
Inilah 32 makanan yang harus dihindari dan dibatasi oleh penderita kolesterol tinggi. (Sumber : Freepik.com)