Manfaat Oat untuk Kesehatan dan Cara Menyajikannya

Rabu 16 Maret 2022, 07:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Oat merupakan jenis gandum utuh yang memiliki kandungan serat tinggi, karbohidrat berenergi serta antioksidan yang dapat mencegah berbagai kerusakan tubuh akibat radikal bebas. 

Menurut sebuah penelitian dalam Journal of Food Science and Technology, Oat adalah biji-bijian sereal yang sebagian besar ditanam di Amerika Serikat, kanada dan Rusia.

Melansir dari tempo.co, dalam setengah cangkir oat gulung, menurut USDA terdiri dari 150 kalori, 5 gram protein, 2,5 gram lemak, 28 gram karbohidrat, 4 gram serat dan 0 gram gula pasir.

Sehingga oat sangat bermanfaat untuk di konsumsi, dan inilah berbagai manfaat oat untuk kesehatan.

Baca Juga :

1. Memperlancar Sistem Pencernaan 

photoIlustrasi Pencernaan Bermasalah - (Freepik)</span

Dalam porsi setengah cangkir oat gulung, Anda akan mendapatkan 4 gram serat. Ada dua jenis serat yang berbeda dan keduanya ditemukan dalam gandum, serat larut (yang larut dalam air), dan serat tidak larut (yang tidak larut dalam air). 

Serat yang tidak larut, khususnya, meningkatkan berat dan ukuran kotoran Anda dan mendorong pergerakan material melalui saluran pencernaan, menurut Mayo Clinic.

2. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

photoIlustrasi Kadar Kolesterol Tinggai - (Shutterstock)</span

Seiring dengan serat tidak larut itu, gandum kaya akan beta-glukan, sejenis serat larut yang ditemukan terutama dalam gandum dan barley yang dikenal karena sifat penurun kolesterolnya, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Review. Secara khusus, beta-glukan membuat bahan seperti gel yang dapat membantu membersihkan

kolesterol low-density lipoprotein (alias LDL atau jahat) dari tubuh. 

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi setidaknya 3 gram beta-glukan dari oat setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol total dan LDL sebesar 5 hingga 10 persen, baik pada orang dengan kadar kolesterol normal maupun tinggi. 

Dan manfaat oat untuk kesehatan ini penting, karena kadar kolesterol LDL yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

3. Membuat Tubuh Berenergi dan Perut Kenyang

photoIlustrasi Kenyang - (Freepik)</span

Mengunyah setengah cangkir oat, dan Anda akan mendapatkan 28 gram karbohidrat - nutrisi makro yang dipecah tubuh Anda menjadi glukosa, yang merupakan sumber energi utama untuk sel, jaringan dan organ Anda, menurut Perpustakaan Nasional Kedokteran. 

Dan itulah alasan mengapa karbohidrat tidak boleh dianggap jahat. 

"Saya pikir itu bagus bagi orang untuk mengingat bahwa mereka tidak boleh memotong biji-bijian dari pola makan mereka, terutama biji-bijian," kata ahli diet dan nutrisi Maya Feller, seperti dilansir dari laman Shape. 

"Ada begitu banyak alasan yang bermanfaat untuk memasukkannya, dan ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan energi yang baik dan berkelanjutan dari makanan."

Plus, serat gandum membantu memperlambat pencernaan dan menyebabkan kenaikan gula darah yang lebih rendah dan bertahap, menurut Harvard School of Public Health. 

Pada gilirannya, Anda akan merasa kenyang lebih lama dan mungkin tidak mengalami lonjakan gula darah yang hebat – atau energi yang menurun kemudian, menurut Klinik Cleveland.

4. Dapat Membangun dan Memperbaiki Otot

photoIlustrasi Nyeri Otot - (Istimewa.)</span

Oat mungkin bukan yang pertama muncul di benak Anda saat memikirkan makanan yang mengandung protein, tetapi gandum utuh tidak boleh diabaikan. 

Satu porsi setengah cangkir menyediakan 5 gram makronutrien, yang membantu membangun dan memperbaiki sel, jaringan dan otot.

Serta dapat memastikan pertumbuhan dan perkembangan yang tepat dan membantu dalam proses tubuh seperti pembekuan darah, keseimbangan cairan, dan banyak lagi, menurut Food and Drug Administration AS.

Konon, protein dalam oat tidak lengkap, kata Feller. Ini kekurangan satu atau lebih dari sembilan asam amino esensial, yang hanya dapat diperoleh dari makanan, yang dibutuhkan untuk membuat protein baru dalam tubuh, menurut HSPH. 

5. Dapat Mencegah Kerusakan Radikal Bebas

photoIlustrasi Radikal Bebas - (shutterstock)</span

Selain vitamin dan mineral yang Anda lihat tercantum pada label fakta nutrisi oat, gandum utuh menawarkan berbagai fitokimia - senyawa bermanfaat yang ditemukan di sebagian besar jaringan tanaman, kata Feller. 

Dengan gandum, khususnya, senyawa ini terutama ditemukan di lapisan bran kernel, dan mereka memiliki aktivitas antioksidan tingkat tinggi, menurut penelitian Journal of Food Science and Technology.

Antioksidan adalah bahan kimia yang menetralkan radikal bebas berbahaya, molekul tidak stabil yang menyebabkan stres oksidatif, yang kemudian dapat memicu kerusakan sel, menurut National Institutes of Health. 

"Mereka membantu mengurangi peradangan dan menghentikan oksidasi [yang disebabkan oleh] kerusakan radikal bebas," tambah Feller. 

Kemampuan potensial oat untuk mengekang stres oksidatif ini juga penting, karena dianggap berperan dalam perkembangan kanker, penyakit kardiovaskular, diabetes, dan kondisi kesehatan lainnya, menurut NIH. 

Sebelum Anda mengisi penuh dapur Anda, ketahuilah bahwa ada beberapa perbedaan utama antara berbagai jenis gandum yang ada di rak supermarket. 

Oat steel cut adalah biji gandum utuh yang telah dipotong menjadi dua hingga tiga bagian lebih kecil, sedangkan rolled oat adalah biji gandum utuh yang telah dikukus dan digulung menjadi serpihan, menurut Whole Grains Council. 

Oat instan, di sisi lain, adalah oat gulung yang telah digulung lebih tipis dan/atau dikukus lebih lama. 

Setiap varietas memiliki tekstur dan waktu memasak yang berbeda, rolled oat memiliki rasa yang lebih lembut di mulut dan masak dalam lima hingga 10 menit dan oat instan mengembangkan tekstur yang agak lembek dan masak hanya dalam beberapa menit, menurut situs web Quaker.

Sederhananya, pilihan terbaik Anda untuk menilai semua manfaat gandum adalah memilih varietas yang memuaskan perut dan selera, sesuai anggaran dan dapat disiapkan dalam jumlah waktu persiapan yang Anda miliki.

Berikut ini beberapa cara mengkonsumsi oat baik saat sarapan, makan siang atau makan malam.

  1. Sebagai pilaf. Kombinasikan oat dengan quinoa dan fonio, kunyit, lada hitam, bawang putih, jahe, dan bawang bombay untuk membuat lauk pilaf gurih yang mengandung banyak protein, saran Feller.
  2. Sebagai bubur hangat. Isi pagi Anda dengan memasak gandum dalam air, susu, atau cairan lain pilihan Anda, lalu taburi dengan bahan makanan favorit Anda, seperti beri, kacang, madu, atau sirup maple.
  3. Sebagai remah roti. Untuk membuat kerak renyah pada makanan laut, ayam, atau mac dan keju, ganti roti dengan oat berbumbu, sarannya.
  4. Sebagai tepung. Giling beberapa oat dalam blender atau food processor, dan Anda akan mendapatkan tepung oat yang dapat digunakan dalam pancake, roti, wafel, muffin, bagel, dan hampir semua makanan panggang lainnya yang dapat Anda bayangkan, kata Feller. 

Baca Juga :

SUMBER: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Life19 April 2024, 07:00 WIB

10 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah

Yuk Lakukan Gaya Hidup Sehat yang Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah Ini!
Ilustrasi. Gaya Hidup Sehat yang Bisa Membantu Menurunkan Gula Darah. (Sumber : Pexels/JaneTrangDoan)
Food & Travel19 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Daun jambu biji juga mengandung senyawa-senyawa aktif seperti flavonoid dan tanin yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Beberapa orang juga mengonsumsi teh atau ekstrak daun jambu biji untuk mendukung kesehatan secara umum.
Ilustrasi. Cara Membuat Air Rebusan Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti Langkah-Langkahnya! (Sumber : Instagram/@parboaboa)
Science19 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 April 2024, Termasuk Wilayah Sukabumi, Cianjur dan Bogor

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 18 April 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 18 April 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Nasional19 April 2024, 03:16 WIB

Diduga Merayu Anggota PPLN, Ketua KPU RI Dilaporkan ke DKPP dengan Tuduhan Asusila

Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia (LKBH FHUI) dan LBH APIK melaporkan Ketua KPU Hayim Asy'ari ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP)
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari | Foto : Youtube KPU
Internasional19 April 2024, 02:43 WIB

28 Karyawan Dipecat, Buntut Protes Kontrak Kerja Google dengan Militer Israel

Google memecat sejumlah karyawan setelah diketahui melakukan protes terhadap kondisi tenaga kerja dan kontrak perusahaan dengan militer Israel.
Kantor Google di San Francisco | Foto : Ist
Internasional19 April 2024, 02:02 WIB

Bencana Banjir Melanda Dubai, Ilmuan Peringatkan Hal Ini

Bencana alam berupa banjir melanda Dubai, Uni Emirat Arab, pada hari Selasa (16/4/2024), setelah hujan deras mengguyur negara tersebut.
Bencana Banjir Melanda Dubai | Foto : Capture video youtube HAG Weather
Keuangan19 April 2024, 01:29 WIB

6 Tanda Kamu Lebih Cocok Jadi Pebisnis Ketimbang Karyawan, Ini Buktinya

Sesungguhnya ada beberapa tanda yang menjadi petunjuk orang lebih cocok jadi pebisnis daripada karyawan
Tanda orang lebih cocok jadi pebisnis  | Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Inspirasi19 April 2024, 01:19 WIB

5 Tipe Overthinking yang Sering Dialami Banyak Orang, Kamu Termasuk yang Mana?

Overthingking sejatinya dibagi ke dalam beberapa tipe yang mungkin jarang diketahui banyak orang. Mari simak penjelasan berikut
Tipe orang overthingking | Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi19 April 2024, 00:53 WIB

Warga Keluhkan Sampah Dekat Terminal Sagaranten Sukabumi, Tidak Ada TPS Meski Iuran

Sejumlah pedagang dan warga mengeluhkan pengolahan sampah di sekitar Terminal Sagaranten Kabupaten Sukabumi
Warga Sagaranten sedang membersihkan sampah yang menumpuk | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 00:03 WIB

ASN di Sukabumi Balik Tuduh Istrinya yang Lakukan KDRT, Akan Dilaporkan Jika Tak Minta Maaf

ASN di Sukabumi membantah tuduhan KDRT. Ia menyebut informasi yang disampaikan oleh istrinya melalui kuasa hukumnya merupakan kebohongan, tidak sesuai fakta, dan terlalu dilebih-lebihkan.
Huasa hukum BCA, Muhammad Adad Maulana saat menunjukan bukti KDRT yang dilakukan oleh DM kepada BCA | Foto : Asep Awaludin