Light Dark

Smartphone Kamu Lemot? Ikuti 5 Cara Ini Supaya Lancar Jaya

Gadget | 11 Mar 2022, 08:00 WIB
Smartphone lemot. | via techjunkie.com

SUKABUMIUPDATE.com - Smartphone kini menjadi gadget yang sangat dibutuhkan semua orang baik untuk komunikasi, mencari informasi maupun menyelesaikan suatu pekerjaan.

Namun kadang kala Smartphone tidak dapat digunakan dengan baik alias lemot. Tentunya hal tersebut dapat menghambat produktivitas kita, terlebih saat Smartphone menjadi satu-satunya alat untuk menyelesaikan tugas.


Advertisement

photoSmartphone lemot. - (via updato.com)

Dalam setiap permasalahan pasti ada solusi, begitu pula Smartphone lemot. Pada artikel kali ini kamu akan mengetahui lima cara agar Smartphone mu lanjay alias lancar jaya yang dilansir dari berbagai sumber.


Advertisement

Baca Juga :

1. Bersihkan sampah 

Smartphone saat ini diberikan memori internal yang sangat besar. Meski begitu, kerap kali kita mengalami lonjakan memori internal yang tidak diduga, apa penyebabnya?

Bila kita menghapus sebuah file apapun, maka file tidak langsung terhapus melainkan masuk ke dalam folder trash atau sampah. Itu mirip seperti recycle bin pada PC Windows.

Maka dari itu, kamu perlu menghapus file yang ada di folder trash, namun pastikan pastikan file yang akan kamu musnahkan benar-benar tidak penting.

Selain itu, file manajer pada Smartphone juga sering memperlihatkan junk atau cache sebuah file sampah yang muncul setelah kita membuka aplikasi. Kamu wajib menghapus junk atau cache agar ruang penyimpanan internal Smartphone mu menjadi lebih lega.

2. Optimasi RAM

RAM merupakan memori yang berguna sebagai wadah proses suatu aplikasi. Namun ada beberapa aplikasi yang menggunakan RAM meski tidak sedang dibuka. 

Tentunya ini berpengaruh pada kinerja smartphone, sebab semakin banyak ruang RAM digunakan, maka semakin sedikit pula ruang untuk aplikasi lain dibuka. 

Oleh karena itu, setiap setelah membuka aplikasi optimasi RAM pada smartphone, biasanya terdapat aplikasi bawaan untuk melakukan optimasi RAM. Selain itu, hapus aplikasi yang sekiranya tidak terlalu sering dipakai.

3. Jangan gunakan tema atau launcher

Cara ketiga ini bisa kamu pakai jika RAM pada Smartphone mu tidak besar. Tema atau launcher pada Smartphone sering kali memakan RAM yang sangat besar, sebab bukan bawaan asli dari Smartphone melainkan dari pihak ketiga.

Smartphone mu bisa bertambah berat jika launcher yang kamu pasang juga dilengkapi live wallpaper. Maka dari itu, untuk Smartphone dengan RAM kecil disarankan menggunakan UI bawaan dengan homescreen polos tanpa widget dan live wallpaper.

4. Update dan upgrade software

Sistem operasi pada Smartphone terutama Android biasanya memberikan layanan update dan upgrade secara berkala.

Sebagai informasi, update software merupakan pembaruan versi software dan sistem yang ada pada Smartphone termasuk optimasi RAM. Sedangkan upgrade software adalah peningkatan versi software ke versi yang lebih tinggi.

Update software belum tentu upgrade software, namun jika kamu mengupgrade software sudah pasti software di dalamnya tidak terupdate.

5. Restart dan reset

Jika Smartphone mu terasa lemot ketika digunakan, cara cepat yang bisa dilakukan adalah dengan merestartnya.

Namun, bila setelah di restart Smartphone mu masih terasa lemot, kemudian kamu juga sudah melakukan berbagai cara dan tetap lemot, maka langkah selanjutnya adalah mereset atau mengembalikan Smartphone ke pengaturan awal atau pabrik.

Image

Admin SUpdate

Image

Aidil Fichri