Light Dark

6 Bagian Rumah yang Cocok Dipasangi Kamera CCTV

Gadget | 06 Mar 2022, 10:00 WIB
CCTV di rumah. | Pinterest

SUKABUMIUPDATE.com - CCTV atau Closed-Circuit Television kini banyak dipasang di rumah-rumah untuk mencegah terjadinya kejahatan atau sebagai barang bukti ketika kriminalitas terjadi di Rumah kita dan sekitarnya.

Agar fungsi dari CCTV di Rumah semakin efektif, maka sebelum pemasangan perlu diperhatikan terlebih dahulu posisi yang tepat. Posisi CCTV sangat berpengaruh pada jangkauan dan kualitas rekaman.


Advertisement

photoCCTV. - (via supremealarm.com)

Melansir tempo.co, berikut ini enam tempat di Rumah yang sebaiknya dipasang CCTV:


Advertisement

Baca Juga :

1. Pintu utama

Pemasangan kamera CCTV di dekat sudut pintu utama dapat membantu mengawasi semua orang yang masuk dan keluar rumah, mulai dari anggota keluarga, pengasuh anak, hingga petugas pemeliharaan, pengantar barang, dan banyak lagi.

2. Pintu belakang dan samping

Pintu yang tidak terlihat memungkinkan pengunjung masuk tanpa terdeteksi, baik diundang atau tidak. Terlebih, jika pintu belakang atau samping lebih banyak digunakan sebagai akses keluar-masuk Rumah dibandingkan pintu utama. 

Pemasangan CCTV juga bisa dipasang di pintu ruang bawah tanah apabila ada. Pintu ruang bawah tanah berpotensi besar diakses oleh ‘penyusup’.

3. Jendela

Jendela yang tidak menghadap ke jalan raya atau area luar menarik bagi penyusup. Selain CCTV, untuk meningkatkan keamanan ekstra, pastikan untuk mengunci jendela setiap keluar Rumah dan memberikan semacam pengaman tambahan (besi) di bagian jendela untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Teras

Pemasangan CCTV di teras Rumah membantu mengawasi siapa pun yang memeriksa Rumah dari luar. Hal ini juga berguna untuk memantau aktivitas anak-anak, hewan, dan orang-orang asing yang berkunjung ke rumah.

5. Ruangan-ruangan dalam rumah

Penempatan CCTV di ruang berkumpul seperti dapur, ruang tv atau ruang tamu adalah cara yang bagus untuk memantau aktivitas orang rumah, seperti anak-anak pengasuh hewan peliharaan dan meminimalisir tindakan kriminalitas.

6. Garasi

Garasi adalah target umum pencuri karena merupakan salah satu titik masuk paling potensial. Beberapa Rumah memiliki garasi yang terpisah dengan Rumah sehingga pemasangan CCTV membantu pemilik Rumah tetap terhubung dengan ruang garasi.

Pemasangan CCTV di garasi juga  membantu mengawasi barang-barang berharga di rumah, seperti sepeda, mobil, peralatan olahraga, dan lainnya.

Sumber: Tempo.co

Image

Admin SUpdate

Image

Aidil Fichri