Smart Home, Konsep Hunian Futuristik Berbasis Internet of Things

Sabtu 18 Desember 2021, 07:01 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Smart Home merupakan istilah rumah yang mengandalkan piranti cerdas dan jaringan internet untuk keperluan penghuni di dalamnya. Smart Home erat kaitannya dengan Internet of Things.

Pada tahun 2018 silam, muncul sebuah gadget bernama Gatebox. Gadget tersebut menjadi piranti yang dapat mengaplikasikan Smart Home dengan cukup baik.

Smart Home akan memudahkan mu mengelola konsumsi daya listrik, penggunaan air dan keperluan konsumsi lainnya.

Di masa depan, konsep Smart Home akan semakin dikenal luas. Saat ini, beberapa perumahan di Indonesia mulai mengaplikasikan konsep ini.

Untuk lebih jelasnya, kamu harus simak artikel ini sampai selesai. 

Apa itu Smart Home?

photoSmart Home memungkinkan setiap gadget canggih di dalam rumah saling terhubung dan saling berbagi data. - (wallpapercave.com)

Smart Home atau Rumah Pintar merupakan sebuah konsep hunian yang memanfaatkan teknologi canggih. Kamu bisa mengontrol dan memeriksa keamanan rumah dari jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan internet kapanpun dan dimanapun. Penghuni dapat mengontrol rumah menggunakan gadget seperti Smartphone, Laptop dan PC.

Selain mengontrol dari jarak jauh, Smart Home juga memungkinkan setiap gadget canggih di dalam rumah saling terhubung dan saling berbagi data. Data yang dikumpulkan tersebut dapat digunakan untuk keperluan penghuninya.

Smart Home dapat memungkinkan penghuninya mengakses dan memantau keamanan rumah, mengatur suhu ruangan dan pencahayaan, serta mengaktifkan berbagai gadget seperti TV dan AC secara otomatis.

Kehadiran konsep Smart Home bisa membuat rumah menjadi lebih aman dan nyaman serta praktis. Dari segi tampilan Smart Home tidak memiliki perbedaan dari rumah biasa, namun teknologi di dalamnya yang menjadi pembeda.

Baca Juga :

Mengenal Internet of Things, Konsep Berbagi Data yang Canggih Antar Gadget

Kelebihan dan Kekurangan Smart Home

photoMeskipun canggih, Smart Home tetap memiliki kekurangan. - (wallpapercave.com)

Sama seperti teknologi lainnya, Smart Home memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan. Berikut kelebihan dan kekurangan dari Smart Home:

Kelebihan Smart Home

a. Keamanan Rumah Lebih Terjamin

Kelebihan Smart Home yang pertama adalah meningkatkan keamanan Rumah. Hadirnya konsep ini membuat keamanan penghuninya lebih terjamin.

Tentunya kelebihan ini ditunjang oleh beberapa gadget cerdas seperti CCTV . Kamu juga bisa melengkapi pintu serta gerbang rumah dengan sistem keamanan seperti password, sidik jari, iris scanner dan kartu keamanan yang dilengkapi chip khusus.

b. Membantu Menghemat Tagihan

Smart Home merupakan sebuah konsep hunian yang mengandalkan Internet of Things. Di dalamnya setiap gadget cerdas akan saling berbagi data satu sama lain. Data yang dikumpulkan tersebut dapat digunakan oleh penghuninya.

Data tersebut meliputi jumlah tagihan listrik, air dan gas. Selain itu, jika kamu ingin menghemat tagihan bulanan, kamu bisa mengatur atau membatasi sumber energi yang dipakai dalam sebulan.

Sebagai contoh, kamu ingin menghemat pengeluaran dengan membatasi penggunaan listrik maksimal 150 ribu rupiah per bulan. Kamu dapat mengaturnya, sehingga sistem pada Smart Home akan memberikan notifikasi pada Smartphone terkait penggunaan daya hingga batas maksimal penggunaan.

c. Praktis

Inilah salah satu kelebihan utama dari Smart Home, praktis. Ketika rumahmu sudah dilengkapi gadget-gadget yang saling terhubung, kamu bisa dengan mudah mengoperasikan semua gadget tersebut.

Kamu bisa mematikan lampu dari Smartphone, bahkan kamu bisa menyesuaikan tingkat kedinginan Kulkas mu dengan mudah tanpa perlu memutar tuas di dalamnya.

Kekurangan Smart Home

a. Rentan Peretasan

Di zaman modern ini internet dapat dengan mudah di akses dari manapun dan kapanpun. Meski begitu, kemudahan internet berbanding lurus dengan meningkatnya jumlah serangan siber.

Smart Home yang memanfaatkan internet tidak luput dari potensi serangan siber. Terlebih, Smart Home memanfaatkan data yang dimiliki oleh penghuninya.

Bilamana, sistem Smart Home diretas maka akan ada banyak data berharga yang dicuri seperti nomor identitas, nama, riwayat aktivitas dan kesehatan, hingga kebiasaan sehari-hari.

CCTV yang terhubung dengan internet juga bisa dimanfaatkan oleh peretas untuk melakukan mata-mata  dan penyadapan. Salah satu akibat fatalnya adalah celah keamanan rumah mu dapat terekspos dan bisa menjadi kesempatan bagi maling untuk membobol rumah.

Tidak hanya itu peretasan pada Smart Home bisa dimanfaatkan untuk mengintip penghuninya dan menyebarkan gambarnya di internet.

b. Mahal

Kekurangan Smart Home kedua adalah biaya pemasangan sistem yang relatif mahal. Biaya Pemasangan gadget pendukung dan perangkat nirkabel lainnya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Biaya tersebut belum termasuk tagihan listrik dan internet. Kebutuhan listrik dan internet selama 24 jam jadi pertimbangan yang berat sebelum menggunakan Sistem Smart Home.

Selain itu, listrik di Indonesia juga kadang tidak stabil dan mengalami pemadaman. Jika listrik tidak stabil terus terjadi maka akan berimbas pada rusaknya gadget pendukung Smart Home. Akibatnya penghuni harus kembali merogoh kocek untuk menangani hal tersebut.

Kesimpulan

Smart Home menjadi sebuah konsep hunian futuristik yang menjadi idaman banyak orang. Dibalik kelebihan nya yang menawarkan keamanan, kemudahan dan kecanggihan, Smart Home tetaplah sebuah sistem yang tidak sempurna. Jika tidak diperhatikan dengan baik, Smart Home bisa menjadi alat bagi peretas untuk mencuri data dan memata-matai penghuni rumah.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 21:21 WIB

6 Kebiasaan yang Membuat Anda Selalu Spesial dan Menarik di Mata Orang Lain

Terdapat kebiasaan keseharian yang bila diterapkan akan membaut anda dianggap pribadi yang menyenangkan dan menarik oleh orang lain.
Ilustrasi kebiasaan yang membuat spesial dan menarik. (Sumber foto : Pexels/Sora Shimazaki)
Sehat29 Maret 2024, 21:00 WIB

8 Bahan Herbal untuk Mengatasi Asam Lambung Naik, Alami Tanpa Obat-obatan

Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik.
Ilustrasi Lemon Balm - Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Kecantikan29 Maret 2024, 20:51 WIB

Agar Tampil Makin Cantik, Ini 7 Item yang Wajib Dipakai Perempuan

Dalam dunia mode dan gaya, aksesori tubuh memainkan peran yang sangat penting dalam menambahkan dimensi dan pesona pada penampilan seseorang.
Ilustrasi item yang dipakai perempuan agar semakin cantik. (Sumber : Pixabay)
Sehat29 Maret 2024, 20:30 WIB

Aman untuk Dikonsumsi, 5 Buah yang Membantu Anda Menurunkan Asam Lambung

Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya
Ilustrasi - Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya. (Sumber : Freepik/ @lifeforstock)
Sukabumi29 Maret 2024, 20:19 WIB

3 Ruang Kelas SDN Sukalaksana Sukabumi Rusak Parah dan Nyaris Roboh, Butuh Perbaikan

Tiga ruang kelas SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi bertahun-tahun kondisinya rusak parah, sehingga tak layak untuk KBM.
Kondisi salah satu ruang kelas di SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi yang rusak parah. (Sumber : Istimewa)
Life29 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat

Jangan Lakukan Sederet Gaya Hidup Tidak Sehat Berikut Karena Bisa Menyebabkan Potensi Penyakit Asam Urat di Kemudian Hari.
Ilustrasi - Asam urat kambuh. Ketahui Gaya Hidup Tidak Sehat yang Menyebabkan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Maret 2024, 19:30 WIB

Memahami Apa Itu Kolesterol: Gejala, Jenis, Penyebab dan Cara Memantau Kadarnya

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan.
Ilustrasi - Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan. (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio).
Sehat29 Maret 2024, 19:00 WIB

5 Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat: Pengganti Minuman Tinggi Kalori

Perlu diingat bahwa infused water tidak menggantikan perawatan medis yang tepat dan diet sehat secara keseluruhan untuk penderita asam urat.
Ilustrasi. Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat, Pengganti Minuman Tinggi Kalori. Sumber: Freepik/bublikhaus
Sehat29 Maret 2024, 18:58 WIB

Selain Sebabkan Asam Lambung, Ini 6 Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur

Menjadi perhatian bagi semua orang yang berpuasa agar tidak langsung tidur setelah makan sahur. Hal ini bisa memicu penyakit yang membahayakan bagi kesehatan tubuh
Ilustrasi. Bahaya buruk bagi orang yang langsung tidur setelah makan sahur. (Sumber foto : Pexels/Ron Lach Pexels)
Sukabumi29 Maret 2024, 18:21 WIB

Hati-hati! Ruas Jalan Nasional di Cikadu Palabuhanratu Terendam Banjir Campur Kerikil

Pengendara roda dua harus hati-hati, jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu Sukabumi ini terendam banjir campur kerikil.
Kondisi ruas jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu yang tergenang banjir campur kerikil akibat hujan deras. (Sumber : SU/Ilyas)