Selama Sepekan, 8 Orang Tewas dalam Insiden Maut di Kabupaten Sukabumi

Jumat 04 Maret 2022, 14:53 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Delapan orang meninggal dunia dalam tujuh insiden maut di Kabupaten Sukabumi selama sepekan terakhir. Ini menyita perhatian publik karena rangkaian peristiwa tersebut terjadi dalam rentang waktu yang berdekatan. Berikut ulasannya berdasarkan catatan redaksi sukabumiupdate.com.

1. Truk Terguling di Geopark Ciletuh Sukabumi (26 Februari 2022)

Tanjakan Dini di Kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi (Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark), tepatnya di Kampung Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, kembali menelan korban.

Kali ini, sebuah minibus Toyota Hiace bernomor polisi T 7284 DA mengalami kecelakaan tunggal di ruas jalan provinsi tersebut pada Sabtu, 26 Februari 2022. Akibat kecelakaan ini, seorang anak berusia enam tahun meninggal dunia di lokasi dan dua orang luka berat.

photoKondisi minibus yang terguling di Tanjakan Dini Geopark Ciletuh Sukabumi. - (Istimewa)

Kecelakaan maut terekam kamera ponsel warga. Dalam rekaman video berdurasi 28 detik, terlihat sang anak yang menjadi korban berada dalam dekapan seorang perempuan. Anak tersebut tampak mengalami luka parah dan mendapat napas bantuan oleh seorang laki-laki.

Sakar Kustawan (40 tahun), perangkat Desa Girimukti yang berada di lokasi mengatakan, peristiwa ini terjadi sekira pukul 17.30 WIB. Minibus berpenumpang 13 orang tersebut terguling saat menuruni Tanjakan Dini, kemudian menabrak pembatas jalan dengan jurang.

Baca Juga :

2. Pohon Tumbang di Cikakak (27 Februari 2022)

Dua orang meninggal dunia akibat pohon tumbang di wilayah Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Ahad, 27 Februari 2022, sekira pukul 09.00 WIB. Kepala Kepolisian Sektor Cikakak Ajun Komisaris Polisi Catur Budiono mengatakan ada tiga titik pohon tumbang.

Menurut AKP Catur Budiono, dua titik pohon tumbang terjadi di Jalan Raya Kampung Sirnaasih, Desa Cikakak, Kecamatan Cikakak. Sementara satu titik lainnya terjadi di Kampung Sukawayana, Desa Cikakak, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi.

photoPohon tumbang menimpa pengendara sepeda motor di Kampung Sukawayana, Desa Cikakak, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi. Kejadian ini menyebabkan dua orang tewas. - (Istimewa)

Pohon tumbang di Kampung Sukawayana, Desa Cikakak, menimpa pengendara sepeda motor hingga menyebabkan dua orang meninggal dunia. Korban tewas tersebut berinisial N (45 tahun) dan NM (40 tahun), warga Desa Cikakak. Kedua korban merupakan wanita.

AKP Catur Budiono menjelaskan korban N saat itu mengendarai sepeda motor Honda Beat dan berboncengan dengan NM. Ketika insiden terjadi, mereka tengah melaju di jalan raya arah Palabuhanratu menuju Cisolok. Namun tiba-tiba, pohon bayur tumbang.

Baca Juga :

3. Pohon Tumbang di Cikidang (27 Februari 2022)

Insiden pohon tumbang juga terjadi di Jalan Cikidang, Desa Cicareuh, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, pada Ahad, 27 Februari 2022, sekira pukul 15.00 WIB. Seorang anak laki-laki berusia tujuh tahun berinisial MA, meninggal dalam peristiwa maut ini.

Kejadian bermula saat mobil pikap warna putih F 8415 QM yang melaju di Jalan Cikidang, tertimpa pohon. Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Sukabumi Anita Mulyani menyebut di mobil tersebut ada tiga orang: sopir dan dua penumpang.

photoKapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah membantu menyingkirkan pohon tumbang yang menimpa mobil di Cikidang, Kabupaten Sukabumi. - (Istimewa)

Menurut Anita, mobil dikemudikan oleh DP (38 tahun), warga Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi. Kemudian dua penumpangnya adalah mertua pengemudi Y (59 tahun) dan keponakan pengemudi MA (7 tahun). Ketika itu, semua korban dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Sekarwangi Cibadak.

Proses evakuasi terhadap korban yang terjepit badan kendaraan berlangsung dramatis. Bahkan, Kepala Kepolisian Resor Sukabumi Ajun Komisaris Besar Polisi Dedy Darmawansyah Nawirputra turun langsung membantu evakuasi korban di dalam kendaraan tersebut.

Baca Juga :

Bocah 7 Tahun Tewas, Kapolres Sukabumi Evakuasi Korban Pohon Tumbang di Cikidang

4. Truk Terguling di Palabuhanratu (2 Maret 2022)

Sebuah truk terguling saat melintasi tanjakan Cimanggu, tepatnya di Jalan Raya Bukit Senyum, Desa Cimanggu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Rabu, 2 Maret 2022, sekira pukul 10.00 WIB. Satu orang yang merupakan sopir truk, meninggal dalam kecelakaan tunggal ini.

Tergulingnya mobil truk dengan nomor polisi A 8756 PD yang bermuatan kayu dan berpenumpang dua orang warga Lebak, Banten, itu diduga karena tidak kuat menanjak saat melintasi tanjakan dengan belokan curam di jalan alternatif penghubung Gunung Butak-Cimanggu.

photoKondisi truk pengangkut kayu yang terguling saat melintasi Tanjakan Cimanggu, tepatnya di Jalan Raya Bukit Senyum, Desa Cimanggu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. - (Istimewa)

Akibatnya, sopir truk meninggal dunia di lokasi karena terimpit bagian depan mobil. Sementara penumpang lainnya yang merupakan pemilik kayu selamat dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Palabuhanratu oleh warga sekitar. Diketahui, truk melaju menuju Cikidang.

Baca Juga :

5. Truk Terguling di Ciracap (2 Maret 2022)

Seorang buruh cabut rumput meninggal dunia akibat tertimbun rumput jepang dari truk yang terguling di Kampung Malaweng, Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Kecelakaan maut ini terjadi pada Rabu, 2 Maret 2022, sekira pukul 20.35 WIB.

Insiden tersebut terjadi ketika truk F 8895 UU melaju di jalan desa menuju jalan raya. Saat itu, laju truk terhenti secara tiba-tiba setelah berpapasan dengan motor, akibat jalan yang sempit, sehingga bagian roda truk melindas pinggiran jalan dan membuat truk terguling.

photoKecelakaan maut truk pengangkut rumput yang terguling di Kampung Malaweng, Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. - (Istimewa)

Saat itu korban dan dua orang lain berada di bak mobil yang penuh dengan muatan rumput jepang. Korban tak dapat menyelamatkan diri sebab tertimbun rumput di sawah. Sementara dua orang lainnya berhasil selamat. Evakuasi korban dilakukan dengan alat seadanya di bawah guyuran hujan.

Ketika itu, sopir dan dua korban selamat dilarikan di klinik terdekat. Sementara korban meninggal diketahui merupakan warga Kampung Hegarsari, Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, dan langsung dibawa ke rumah duka.

Baca Juga :

Kecelakaan Maut di Ciracap Sukabumi, Truk Angkut Rumput Terguling Seorang Tewas

6. Kecelakaan Sepeda Motor di Cicurug (2 Maret 2022)

Kecelakaan yang merenggut nyawa juga terjadi di Jalan Raya Sukabumi-Bogor, tepatnya di Kampung Benda, Desa Benda, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Rabu, 2 Maret 2022, sekira pukul 23.00 WIB. Seorang pengendara sepeda motor tewas akibat terlindas truk.

Polisi mengatakan sepeda motor Honda Beat bernomor polisi B 6333 ZMI yang dikendarai IMR (46 tahun) melaju dari Bogor menuju Sukabumi. Adapun kondisi jalan yang dilalui berombak dan licin akibat hujan. Pada saat bersamaan, di depan sepeda motor tersebut melaju satu arah truk tronton Hino bernopol A 9582 TX yang dikemudikan  AJ (48 tahun), warga Desa Rancasanggal, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang.

photoTKP kecelakaan pemotor di Jalan Raya Sukabumi-Bogor, tepatnya di Kampung Benda, Desa Benda, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. - (Istimewa)

Setibanya di tempat kejadian pada saat melintasi jalan lurus, korban hendak mendahului tronton ke kanan jalan. Namun petaka terjadi, pengendara motor tergelincir dan masuk ke kolong tronton. Korban tepatnya masuk ke sela ban depan dan ban belakang lalu terlindas ban belakang tronton Hino.

Akibat kejadian ini korban yang merupakan warga Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, meninggal di tempat.

Baca Juga :

Jalur Sukabumi-Bogor Makan Korban, Masuk Kolong Truk Pemotor Tewas

7. Kebakaran Kios Bensin di Sagaranten (2 Maret 2022)

Satu unit kios bensin berukuran 2,5 x 5 meter milik SD (40 tahun), warga Kampung Margawati, RT 13/05, Desa Sinarbentang, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi, kebakaran pada Rabu, 2 Maret 2022. Ini menyebabkan istri SD bernama RS (35 tahun) meninggal dunia akibat mengalami luka bakar.

photoKios bensin milik SD (40 tahun), warga Kampung Margawati, RT 13/05, Desa Sinarbentang, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi, yang terbakar. - (Istimewa)

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan atau P2BK Sagaranten Jenal Mutakin menjelaskan kebakaran terjadi sekira pukul 17.45 WIB. Menurut Jenal, korban saat kejadian sedang berada di dalam kios bensin tersebut. Diketahui, kios bensin dengan rumah korban berjarak sekira enam meter (seberang jalan).

Baca Juga :

Kios Bensin di Sagaranten Sukabumi Kebakaran, Satu Orang Tewas

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Food & Travel03 Mei 2024, 14:25 WIB

Menikmati Lukisan Alam: Meronanya Sunset di Pantai Minajaya Sukabumi

Salah satu daya tariknya adalah hamparan batu karang yang unik dan ombak yang relatif tenang, ditambah saat cuaca bagus menjadi lukisan alam yang indah dengan sunset yang merona.
Sunset di pantai minajaya, Surade Kabupaten Sukabumi Jawa Barat (Sumber: istimewa/kang baban)
Bola03 Mei 2024, 14:15 WIB

Jokowi Minta Timnas Indonesia U-23 Rebut Tiket Olimpiade Paris 2024 di Laga Play-off

Jokowi mengapresiasi perjuangan timnas Indonesia yang berlaga di Piala Asia U-23 2024.
Jokowi mengapresiasi perjuangan timnas Indonesia yang berlaga di Piala Asia U-23 2024. (Sumber : X/@jokowi).
Bola03 Mei 2024, 14:00 WIB

Hadapi Bali United, Bek Persib Alberto Rodriguez Antusias Tatap Championship Series

Alberto Rodriguez antusias hadapi Bali United di Championship Series.
Alberto Rodriguez antusias hadapi Bali United di Championship Series. (Sumber : X@persib)
Sukabumi03 Mei 2024, 13:49 WIB

Disperkim Segera Bangun Tugu Nol Kilometer Kabupaten Sukabumi, Lokasi Mulai Dirapihkan

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) telah memulai melakukan penataan area lokasi yang akan menjadi tempat pembangunan Tugu Nol Kilometer Kabupaten Sukabumi yang berada di Alun-Alun Palabuhanratu.
Penataan area pembangunan tugu nol kilometer Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life03 Mei 2024, 13:48 WIB

Hadiahi Perilaku Baik, Ini 8 Cara Mengajarkan Keterampilan Disiplin Diri pada Anak

Apa pun jenis disiplin yang Anda gunakan pada anak, tujuan akhir dari strategi pengasuhan Anda adalah untuk mengajarkan disiplin diri pada anak.
Ilustrasi mengajarkan keterampilan disiplin diri pada anak. | Foto: Pexels.com/@Andrea Piacquadio
Sukabumi03 Mei 2024, 13:36 WIB

Penguatan P2WKSS, Pemkot Sukabumi Tingkatkan Peran Perempuan dalam Pembangunan

Ineu Nuraeni menjelaskan soal P2WKSS dan lokus program di Kelurahan Sukakarya.
Rapat koordinasi program P2WKSS pada Jumat (3/5/2024) di Balai Kota Sukabumi. | Foto: Website KDP Kota Sukabumi
Life03 Mei 2024, 13:30 WIB

6 Alasan Kenapa Perantau Dikenal Punya Mental Tangguh dan Petarung, Ini Penyebabnya

Para perantau pada umumnya akan memiliki mental tanggung dan petarung. Sebab, berada di lingkungan baru membentuknya sedemikian rupa.
Ilustrasi. Alasan perantau punya mental tangguh. Sumber foto : Pexels/GustavoFring
Science03 Mei 2024, 13:25 WIB

Prediksi Temperatur di Jawa Barat, BMKG Soal Suhu Panas di Indonesia dan Asia

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung, Teguh Rahayu, pada Kamis 2 Mei 2024 menjelaskan bahwa fenomena ini dipengaruhi oleh gerak semu matahari.
peta temperatur wilayah pada Jumat (3/5/2024) (Sumber: zoom.earth)
Sukabumi03 Mei 2024, 13:16 WIB

Dipasang Bronjong, Dinas PU Tangani Longsor Tebing Di Jalan Surade Sukabumi

UPTD Pekerjaan Umum Jampangkulon Kabupaten Sukabumi melaksanakan kegiatan pemasangan bronjong pada lokasi longsor di ruas jalan Kadaleman-Mareleng Sta 3+800 di Desa Kadaleman, Kecamatan Surade.
Pemasangan bronjong di lokasi longsor di jalan ruas Kadaleman-Mareleng, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sehat03 Mei 2024, 13:00 WIB

Langkah Simpel Membuat Teh Daun Mangga untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun mangga dapat dibuat teh dan dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Daun mangga dapat dibuat teh dan dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : YouTube/G Family Thai).