Light Dark

6 Makanan Sehat untuk Penderita Penyakit Ginjal

Sehat | 02 Mar 2022, 18:17 WIB
(Ilustrasi) Organ Ginjal. | IST

SUKABUMIUPDATE.com - Ginjal merupakan organ tubuh seukuran kepalan tangan yang terletak di bawah tulang rusuk, di kedua sisi tulang belakang. Organ ini berfungsi sebagai penyaring limbah, kelebihan air, dan kotoran lain dari darah untuk kemudian dikeluarkan melalui urin.

Menyadur dari tempo.co, menurut saran medis dari Healthline, berikut enam jenis makanan yang baik dikonsumsi bagi penderita penyakit ginjal:


Advertisement

Baca Juga :

1. Kembang kol

photo9Ilustrasi) Kembang Kol. - (Pexels)

Kembang kol mengandung banyak nutrisi, termasuk vitamin C, vitamin K, dan vitamin B folat. Sayur ini juga penuh dengan senyawa anti-inflamasi, seperti indoles dan merupakan sumber serat yang sangat baik. 

Satu cangkir (124 gram) kembang kol matang mengandung 19 mg natrium, 176 mg kalium, dan 40 mg fosfor.


Advertisement

2. Blueberry

photo(Ilustrasi) Blueberry. - (Pexels)

Blueberry merupakan salah satu sumber antioksidan terbaik, yang disebut anthocyanin, yang dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung, kanker tertentu, penurunan kognitif, dan diabetes. 

Blueberry juga menjadi diet buah ramah Ginjal karena kandungan sodium, fosfor, dan potasiumnya. 

Satu cangkir (148 gram) blueberry segar mengandung 1,5 mg natrium, 114 mg kalium, dan 18 mg fosfor.

3. Anggur merah

photo(Ilustrasi) Anggur Merah. - (Pexels)

Anggur merah tinggi vitamin C dan mengandung antioksidan yang disebut flavonoid, yang telah terbukti mengurangi peradangan. 

Selain itu, anggur merah tinggi sejenis flavonoid yang telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan jantung dan melindungi terhadap diabetes dan penurunan kognitif.

Buah ini juga ramah ginjal, karena dalam setengah cangkirnya (75 gram) mengandung 1,5 mg natrium, 144 mg kalium, dan 15 mg fosfor.

4. Putih telur

photo(Ilustrasi) Putih Telur. - (Pexels)

Putih telur baik dikonsumsi penderita penyakit ginjal, karena sumber proteinnya ramah ginjal. Putih telur juga sangat baik bagi mereka yang menjalani perawatan dialisis, dan memiliki kebutuhan protein tinggi tetapi perlu membatasi fosfor. 

Dalam dua putih telur besar (66 gram) terkandung 110 mg sodium, 108 mg kalium, dan 10 mg fosfor.

5. Biji Soba

photo(Ilustrasi) Biji Soba. - (Pexels)

Biji Soba menyediakan vitamin B, magnesium, zat besi, dan serat dalam jumlah yang baik. Soba merupakan biji-bijian bebas gluten, menjadikannya baik untuk orang-orang dengan penyakit celiac atau intoleransi gluten. 

Dalam setengah cangkir (84 gram) soba yang dimasak terkandung 3,5 mg natrium, 74 mg kalium, dan 59 mg fosfor.

6. Kubis

photo(Ilustrasi) Kubis. - (Pexels)

Kubis sarat vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang kuat. Sayuran ini menjadi sumber vitamin K, vitamin C, dan banyak vitamin B. 

Selain itu, kubis menyediakan serat tidak larut, sejenis serat yang menjaga sistem pencernaan tetap sehat dengan menjaga siklus buang air besar yang teratur. 

Rendah kalium, fosfor, dan natrium, dalam satu cangkir (70 gram) kubis parut terkandung 13 mg natrium, 119 mg kalium, dan 18 mg fosfor.

Seluruhnya baik untuk kesehatan ginjal, jenis makanan manakah yang akan jadi konsumsi harian Anda?

Sumber: tempo.co

Image

Admin SUpdate

Image

Muhammad Gumilang

Redaktur