Bukan Hanya Buahnya Saja, Daun Pepaya Ternyata Memiliki Segudang Manfaat

Kamis 24 Februari 2022, 10:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pepaya merupakan salah satu buah yang kaya akan nutrisi. Dan ternyata selain buahnya, daun pepaya juga punya banyak khasiat untuk kesehatan.

Tanaman ini juga mudah dijumpai di Indonesia, jadi bagi yang ingin mengkonsumsi daun pepaya tidak perlu repot-repot mencarinya ya.

photoIlustrasi Pohon Pepaya - (Unplash.com)</span

Melansir dari tempo.co, daun pepaya mengandung lebih dari 50 nutrisi, termasuk vitamin A, B1, C dan E. 

Selain itu, daun pepaya juga mengandung kalori, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, natrium, magnesium, mangan dan air.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan senyawa fitonutrien dalam daun pepaya dapat bertindak secara sinergis sebagai antioksidan dan meningkatkan kekebalan dalam aliran darah. Papain, alkaloid dan senyawa fenolik bertanggung jawab atas efek biologis positifnya.

Banyaknya kandungan nutrisi pada daun pepaya membuatnya memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. 

Berikut adalah tujuh manfaat daun pepaya, yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga :

1. Mengobati Gejala DBD

Daun pepaya memiliki potensi untuk mengobati gejala tertentu yang berhubungan dengan demam berdarah. 

Tiga penelitian yang melibatkan ratusan orang dengan demam berdarah menunjukkan bahwa mengkonsumsi ekstrak daun pepaya secara signifikan meningkatkan kadar trombosit darah.

Tidak hanya itu, terapi daun pepaya juga memiliki efek samping yang sangat sedikit dan jauh lebih hemat dari segi biaya dibandingkan dengan perawatan konvensional.

2. Menyeimbangkan Kadar Gula Darah

photoIlustrasi Kadar Gula Darah - (Shutterstock)</span

Di Meksiko, daun pepaya kerap dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati diabetes dan meningkatkan kontrol gula darah.

Studi yang dilakukan pada tikus yang memiliki penyakit diabetes menemukan bahwa ekstrak daun pepaya memiliki efek penurun gula darah. 

Hal ini dikaitkan dengan kemampuan daun pepaya untuk melindungi sel-sel penghasil insulin di pankreas dan mencegah kematian dini.

Meski demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan apakah daun pepaya dapat membantu mengelola kadar gula darah manusia.

3. Mendukung Fungsi Pencernaan

photoIlustrasi Sembelit - (Pexels.com)</span

Teh dan ekstrak daun pepaya juga kerap digunakan sebagai alternatif untuk meringankan gangguan pencernaan, seperti kembung dan mulas. Daun ini mengandung serat yang dapat mendukung fungsi pencernaan yang sehat.

Selain itu, kandungan papain dalam daun pepaya juga dapat memecah protein besar menjadi protein dan asam amino yang lebih kecil dan mudah dicerna. 

Sebuah studi menemukan bahwa penggunaan bubuk papain yang bersumber dari buah pepaya dapat mengurangi gejala pencernaan negatif, termasuk sembelit dan mulas, pada orang dengan sindrom iritasi usus.

Baca Juga :

4. Memiliki Efek Anti-Inflamasi

Daun pepaya memiliki kandungan nutrisi dan senyawa dengan potensi manfaat anti-inflamasi, seperti papain, flavonoid, dan vitamin E. 

Daun ini sering digunakan untuk mengobati kondisi peradangan internal dan eksternal, seperti ruam kulit, nyeri otot, dan nyeri sendi.

Menurut studi, ekstrak daun pepaya secara signifikan mengurangi peradangan dan pembengkakan di kaki tikus dengan arthritis. Meski demikian, belum ada penelitian yang mengkonfirmasi efek serupa pada manusia.

5. Mendukung Pertumbuhan Rambut

photoIlustrasi Rambut Tebal - (Freepik)</span

Sebagai sumber antioksidan yang baik, jus dan masker dari buah pepaya diyakini bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatan kulit kepala. 

Dalam penelitian tabung reaksi, daun pepaya menunjukkan sifat antijamur sehingga kerap dianggap mendukung kesehatan rambut dan kulit kepala dengan menghambat pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

photoIlustrasi Wajah Awet Muda - (Freepik)</span

Konsumsi daun pepaya secara langsung atau pengolesan daun tersebut pada kulit dipercaya mampu menjaga kulit tetap lembut, bersih, dan tampak awet muda. 

Kandungan papain dalam daun pepaya dapat berperan sebagai exfoliant untuk mengangkat sel kulit mati dan berpotensi mengurangi terjadinya pori-pori tersumbat, rambut tumbuh ke dalam dan jerawat.

Selain itu, enzim daun pepaya juga kerap digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa enzim tersebut dapat meminimalkan munculnya jaringan parut pada kelinci.

7. Mencegah Kanker

Dalam penelitian tabung reaksi, ekstrak daun pepaya telah menunjukkan kemampuan yang kuat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker prostat dan payudara. 

Akan tetapi, belum ada pengujian pada hewan maupun manusia yang membuktikan kemampuan kuratifnya.

Itulah tujuh manfaat daun pepaya bagi kesehatan. Meskipun daun pepaya aman bagi banyak orang, sebaiknya jangan mengkonsumsi daun ini jika memiliki alergi.

source: tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 23:13 WIB

Mau Diperbaiki? Jembatan Reyot Penghubung Waluran-Surade Sukabumi Ditinjau Staf Kemenlu

Jembatan gantung yang berada di aliran Sungai Cikarang, Kampung Cukangbayur, Desa Caringinnunggal, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, kondisinya sudah lapuk.
Pemdes Caringinnunggal Kecamatan Waluran. Staf Kemenlu, Relawan dan Pemdes saat meninjau Jembatan Gantung Sungai Cikarang | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi04 Mei 2024, 22:54 WIB

58 Persen Masyarakat Kabupaten Sukabumi Kurang Puas Atas Kinerja Marwan-Iyos

Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute, merilis hasil survei terkait tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Sukabumi dibawah kepemimpinan Bupati Marwan Hamami dan Wakil Bupati Iyos Somantri.
Gedung Pendopo Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi04 Mei 2024, 21:49 WIB

Niat Cari Kerja: Pelaku Tolak Sodomi hingga Duel Sebelum Bunuh Pria di Citepus Sukabumi

Kasat Reskrim Polres Sukabumi, AKP Ali Jupri, mengatakan bahwa pelaku berinisial A (20 tahun) awalnya mendatangi Ceceu ini dengan niat mencari kerja, sebelum akhirnya membunuh korban
Pelaku pembunuhan setelah ditangkap di Mapolsek Parungkuda Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi04 Mei 2024, 21:09 WIB

Pemkab Sukabumi Akan Relokasi Rumah yang Terdampak Longsor di Cibadak

Pemerintah Kabupaten Sukabumi berencana merelokasi warga terdampak longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/RW 11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, yang berdampak pada belasan rumah.
Foto udara lokasi longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Instagram/@kiekiesukabumi
Sehat04 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari

Berikut Sederet Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari yang Bisa Dilakukan.
Ilustrasi - Pijat Ringan untuk Meringankan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi Memilih04 Mei 2024, 20:46 WIB

Survei Terbaru Elektabilitas 17 Calon Bupati Sukabumi: Tidak Ada Sosok yang Kuat

asil survei dirilis oleh Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute bekerjasama dengan Litbang Sukabumiupdate.com.
Ilustrasi pasangan calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari jalur perseorangan atau independen | Foto : Sukabumi Update
Life04 Mei 2024, 20:00 WIB

6 Dampak Buruk Terlalu Memanjakan Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

Terlalu memanjakan anak rupanya memiliki dampak buruk bagi perkembangan anak jika sudah tumbuh dewasa. Ini yang perlu diperhatikan para orang tua.
Ilustrasi. Dampak buruk terlalu memanjakan anak. Sumber foto : Pexels/ Pavel Danilyuk
Sukabumi04 Mei 2024, 19:40 WIB

Sukabumi Dinilai Stagnan, Koalisi 5 Partai Cenderung Usung Figur Alternatif di Pilkada

ima partai politik yaitu, PKB, PKS, Demokrat, PAN dan PDIP secara resmi berkoalisi di Pikada Kabupaten Sukabumi 2024. Deklarasi koalisi digelar di salah satu kafe di Jalan Cemerlang, Kota Sukabumi, Sabtu, (4/5/2024).
Deklarasi koalisi 5 partai, PKB, Demokrat, PKS, PAN, PDIP | Foto : Asep Awaludin
Sehat04 Mei 2024, 19:00 WIB

5 Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Penderita Asam Urat Sebaiknya Mengetahui Apa Saja Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Guna Mencegah Serangannya Kambuh.
Ilustrasi. Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels/OzielGomez)
Sukabumi04 Mei 2024, 18:57 WIB

Di Kubur Berdampingan, Pasutri Tewas Tertabrak Kereta di Kebonpedes Sukabumi Dikenal Ramah

Dalam prosesi pemakaman, berlangsung haru serta diiringi isak tangis keluarga. Mengingat semasa hidup korban yang baik dan suka bersosialisasi dengan tetangga.
Suasana saat pemakaman jenazah suami istri korban tertabrak kereta di Kampung Gunung Kebonpedes Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin