3 Jenis Susu Beda Kandung Kalori

Minggu 16 Januari 2022, 13:49 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam memenuhi asupan gizi tubuh, kita memerlukan berbagai nutrisi dari makanan, salah satunya adalah dari susu.

Susu untuk memenuhi nutrisi tubuh, memenuhi seperlima sampai sepertiga atau sekira 20-30 persen dalam memenuhi kebutuhan protein, fosfor dan vitamin B6, B9, B12, E. 

Sepersepuluh sampai seperenam atau 10-15 persen memenuhi kebutuhan energi, lemak yang unik, vitamin B5, zink, selenium dan magnesium.

Baca Juga :

Susu Fermentasi Ternyata Dapat Meledak!

Semua zat gizi yang terkandung dalam Susu turut membantu untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, pertumbuhan dan kekuatan tulang dan gizi serta kekuatan otot dan kemampuan berpikir.

Namun, kekurangan dari susu adalah kandungan proteinnya yang menyebabkan alergi.

Bagi yang memiliki kondisi kesehatan seperti intoleransi laktosa dan alergi sudah pasti tidak dapat mengkonsumsi susu sapi. Akan tetapi tubuh tetap membutuhkan nutrisi yang terkandung di dalam susu sapi.

Selain itu, sebagian orang yang menganut gaya hidup vegan atau vegetarian dan yang ingin atau perlu mengurangi asupan kolesterol memilih untuk menghindari susu sapi.

Dengan alasan tersebut, beberapa alternatif susu sekarang cukup mudah ditemukan. Contoh adalah susu kedelai dan almond, keduanya secara alami bebas dari laktosa dan rendah kolesterol.

Secara keseluruhan, perbedaan susu almond dan kedelai tidak jauh berbeda karena sebagian besar kedua susu nabati ini telah difortifikasi atau ditambahkan kalsium dan vitamin D.

Adapun kandungan kalori dari tiga jenis susu adalah sebagai berikut:

1. Susu Sapi

photoIlustrasi Susu Sapi - (iStock)

Dalam susu sapi murni, terkandung 155 gram kalori, 12 gram karbohidrat dari laktosa, 8,38 gram lemak dan 8,03 gram protein dan 12,59 gula. Susu juga mengandung kalsium yang baik untuk tubuh kita.

Selain itu, ternyata pilihan susu yang mengklaim bebas lemak justru, susu sapi mengandung lemak dan kalori yang cukup tinggi.

2. Susu Kedelai

photoIlustrasi Susu Kedelai - (iStock)

Susu kedelai yang berbahan dasar dari kacang kedelai, dengan kandungan Nutrisi pada susu kedelai antaranya adalah: 127 kalori, 4,7 gram lemak, 10,98 protein,1,22 gula.

Susu kedelai dapat menjadi sumber probiotik apabila sudah difermentasi. Baik Kacang maupun susu kedelai merupakan sumber protein nabati yang baik. 

Susu kedelai juga mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan mengandung asam lemak tak jenuh jamak.

Selain kandungan asam lemak yang baik untuk tubuh, susu kedelai merupakan alternatif pengganti susu sapi yang menyediakan jumlah protein yang hampir sama.

Lalu, manfaat dari susu kedelai lainnya berasal dari isoflavon. Kandungan isoflavon dapat menjadi antioksidan dan berfungsi untuk mengurangi inflamasi atau peradangan dan mungkin juga bersifat antikanker.

3. Susu Almond

photoIlustrasi Susu Almond - (iStock)

Terakhir adalah Susu almond, susu almond terbuat dari kacang almond yang dihaluskan. Susu almond juga termasuk ke dalam susu nabati.

Kandungan Nutrisi yang terdapat pada susu almond adalah 40 kalori, 3,58 gram lemak, 1,51 gram protein dan 0,4 gula.

Meskipun kacang almond adalah salah satu sumber protein nabati, namun tidak dengan susu almond, karena susu almond memiliki kandungan protein cukup rendah. Kita juga tidak mendapatkan asupan kalsium dari susu nabati ini.

sehingga proses difortifikasi kalsium dan Vitamin D untuk menambah kekurangan nutrisi dalam susu almond.

Kacang Almond mentah, merupakan sumber dari protein, vitamin, serat dan antioksidan. Manfaatnya bagi kesehatan dari almond mentah tersebut yang membantu popularitas susu almond meningkat, sehingga jenis susu almond menjadi salah satu alternatif dari susu sapi.

Susu almond juga kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal. Kandungan tersebut membantu menurunkan berat badan dan menjaga keseimbangannya.

Para peneliti menyatakan, asam lemak tak jenuh tunggal mampu menurunkan LDL (low-density lipoprotein) atau biasa dikenal dengan kolesterol jahat.

Sehingga, susu almond dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit Obesitas, jantung, hingga penyakit kanker.

Susu nabati almond maupun susu kedelai mengandung pengental untuk meningkatkan konsistensi dan masa kadaluarsanya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Tags :
Berita Terkini
Science29 Maret 2024, 05:30 WIB

Sedia Payung! Prakiraan Cuaca Jabar 29 Maret 2024 Didominasi Hujan Saat Siang

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024 (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi29 Maret 2024, 04:06 WIB

Buka Jalur Darurat di Dekat Jalan Amblas, Warga Simpenan Sukabumi Patungan Sewa Lahan

Warga Desa Mekarasih Simpenan Sukabumi patungan menyewa lahan agar bisa memakai dan membuka jalan darurat di dekat jalan yang amblas.
Jalan alternatif penghubung Kecamatan Warungkiara dan Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi amblas pada Jumat (15/3/2024) (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 04:00 WIB

9 Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental

Meskipun tidak semua orang harus bangun pagi untuk merasakan manfaat kesehatan ini. Akan tetapi, bagi banyak orang, bangun pagi secara konsisten dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.
Ilustrasi. Bangun Tidur. Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi29 Maret 2024, 03:21 WIB

Terekam CCTV, Dua Pria Beraksi Pecah Kaca Mobil Lalu Gondol Tas Sekolah di Brawijaya Sukabumi

Waspada, korban pecah kaca mobil yang terekam CCTV ini mengaku sudah kedua kalinya mengalami kejadian serupa di Brawijaya Sukabumi.
Tangkapan layar video CCTV dua pria beraksi pecah kaca mobil di Jalan Brawijaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel29 Maret 2024, 03:00 WIB

Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri

Yuk Recook Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri!
Ilustrasi. Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri. Sumber Foto : Instagram/@sukabikinkue
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)