5 Jenis Gangguan Datang Bulan yang Perlu Diwaspadai Wanita!

Kamis 10 Februari 2022, 09:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Gangguan datang bulan merupakan kelainan yang terjadi pada siklus menstruasi wanita. Ada bermacam-macam jenis gangguan datang bulan mulai dari darah haid terlalu sedikit, nyeri sampai ada yang mengalami depresi saat menjelang atau premenstrual dysphoric disorder.

Siklus datang bulan yang normal akan terjadi setiap 21 sampai 35 hari dengan durasi menstruasi sekitar 4 - 7 hari.

photoIlustrasi PMS - (Freepik)</span

Akan tetapi, siklus datang bulang dapat terganggu. Melansir dari laman alodokter.com, inilah lima jenis gangguan datang bulan yang wajib diwaspadai kaum hawa.

Baca Juga :

1. Amenorea

Gangguan amenorea dibagi ke dalam dua jenis, yaitu amenorea primer dan sekunder. Amenorea primer merupakan sebuah kondisi dimana seorang wanita belum mengalami menstruasi sampai usia 16 tahun.

Sementara itu, amenorea sekunder merupakan sebuah kondisi dimana wanita pada usia subur tidak dalam kondisi hamil dan pernah menstruasi sebelumnya namun berhenti datang bulang selama tiga bulan atau lebih.

Kedua jenis gangguan amenorea ini memiliki penyebab yang berbeda. Amenorea primer diakibatkan oleh kelainan genetik, gangguan otak yang mengatur hormon datang bulan dan adanya permasalahan pada indung telur atau rahim.

Sedangkan penyebab amenore sekunder disebabkan oleh banyak faktor, seperti kehamilan, menopause, sedang menyusui, menurunkan berat badan yang berlebihan, terkena penyakit tertentu, gangguan pada rahim, gangguan kelenjar pituitari, efek obat-obatan, penggunaan kontrasepsi dan dapat juga diakibatkan karena kekurangan gizi.

2. Dismenorea

Gangguan dismenorea merupakan sebuah kondisi dimana seorang wanita mengalami nyeri saat menstruasi, umumnya di hari pertama dan kedua menstruasi. 

Gejalanya yaitu nyeri atau kram pada perut bagian bawah yang terus berlangsung dan terkadang akan menyebar sampai bagian punggung bawah serta paha. Rasa nyeri itu juga dapat disertai sakit kepala, mual hingga muntah. muntah.

Dismenorea dapat diakibatkan karena kadar hormon prostaglandin yang tinggi pada hari pertama mens. Setelah beberapa har, hormon tersebut kadarnya akan berkurang dan membuat nyeri haid mereda.

Selain karena hormon  prostaglandin, gangguan dismenore juga dapat diakibatkan karena kelainan pada sistem reproduksi wanita seperti, miom rahim, kista atau tumor pada rahim, radang panggul, endometriosis dan karena penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim (IUD).

photoIlustrasi Gangguan Menstruasi - (iStock)</span

3. Menorrhagia

Gangguan menorrhagia merupakan gangguan datang bulan berupa keluarnya darah yang berlebihan sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Gangguan tersebut termasuk durasi haid yang berlangsung dari durasi normalnya yakni lebih dari 5 - 7 hari.

Kaum hawa yang memiliki gangguan menstruasi ini akan mengalami beberapa akeluan berikut seperti: 

  • Mengeluarkan darah begitu banyak dari ms.v, sampai mengganti pembalut setiap jam
  • Menggunakan dua pembalut untuk menampung darah
  • Bangun saat tidur malam hanya untuk mengganti pembalut
  • Mengalami gejala anemia
  • mengeluara n gumpalan darah lebih dari satu hari

Gangguan Menorrhagia disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya perubahan pola makan, terlalu sering berolahraga, gangguan hormon, infeksi atau peradangan pada ms. v, miom, gangguan tiroid hingga kanker rahim atau kanker serviks.

4. Oligomenorea

Gangguan oligomenorea merupakan sebuah kondisi saat seorang wanita jarang sekali mengalami datang bulan, yakni siklus datang bulannya dapat lebih dari 35 - 90 hari atau datang bulan dengan jumlah kurang 8 - 9 kali dalam durasi satu tahun.

Gangguan ini sering dialami oleh remaja yang baru memasuki masa pubertas dan wanita yang memasuki masa menopause. Oligomenorea merupakan dampak dari aktivitas hormon yang sedang tidak stabil pada masa-masa tersebut.

Selain itu penyebab lain dari gangguan Oligomenorea beragam, diantaranya karena penggunaan alat kontrasepsi seperti pil KB, gangguan ovulasi, melakukan olahraga secara berlebihan, gangguan makan, menderita penyakit tertentu seperti diabetes, permasalahan psikologis seperti stress, dan efek samping dari obat-obatan.

photoIlustrasi Kram Perut karena Menstruasi - (Pexels.com)</span

5. Premenstrual dysphoric disorder (PMDD)

Saat menjelang datang bulang, tidak sedikit wanita yang mengalami kram perut, sakir kepala dan mengalami perubahan mood seperti cemas, gelisah hingga mudah emoosi. Semua gejala tersebut disebut sebagai PMS atau Premenstruasi Syndrome.

Namun ada juga wanita yang menderita PMS lebih berat seperti mengganggu aktivitas sehari-hari yang disebut dengan PMDD.

Selain nyeri karena haid disertai sakit kepala, gejala PMDD bisa berupa sulit tidur, gelisah, makan berlebihan, kesulitan berkonsentrasi, merasa lemas, depresi hingga memunculkan pemikiran untuk melakukan bunuh diri.

Penyebab dari gangguan PMDD dan PMS masih belum diketahui secara pasti. Namun, gangguan tersebut diduga terjadi karena adanya kelainan zat kimia dalam otak yang mengatur mood seorang wanita, salah satunya adalah zat kimia serotonin.

Selain zat kimia tersebut, ada beberapa faktor yang diduga turut andil dalam memunculkan kondisi ini seperti faktor keturunan, jarang olahraga, obesitas, mempunyai penyakit tiroid, sering mengkonsumsi alkohol dan penggunaan obat terlarang.

Untuk memastikan semua penyebab dari gangguan datang bulan tersebut diperlukan serangkaian pemeriksaan oleh dokter.

Pemeriksaan tersebut meliputi peninjauan riwayat datang bulan, pemeriksaan secara fisik, serta tes penunjang lainnya berupa tes darah, USG, histerosalpingografi dam MRI.

Beberapa pemeriksaan lain yang memungkinkan dilakukan agar mengetahui penyebab gangguan datang bulan adalah pap smear, biopsi rahim serta histeroskopi.

Penanganan untuk setiap jenis gangguan datang bulan berbeda-beda, tergantung pada penyebabnya. Oleh karena itu, kamu disarankan memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life25 April 2024, 14:30 WIB

Agar Tidak Tersinggung, Ini 6 Cara Mengingatkan Teman yang Bau Badan

Bagaimana jika Anda menemui situasi yang agak membingungkan ketika Anda harus menghadapi aroma yang kurang sedap dari salah satu teman Anda?
Ilustrasi. Cara mengingatkan teman yang bau badan. Sumber : pixabay/jessie22
Sukabumi25 April 2024, 14:19 WIB

Bahas Pungli hingga Rp 17 Juta, Ratusan Warga Demo Pabrik di Cikembar Sukabumi

Massa adalah warga di sekitar pabrik di Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar.
Massa aksi saat melakukan demonstrasi di depan PT GSI di Jalan Pelabuhan II, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Kecantikan25 April 2024, 14:15 WIB

8 Cara Agar Tetap Wangi Sepanjang Hari dan Tampil Percaya Diri

Artikel ini akan membahas berbagai tips dan trik yang dapat membantu Anda menjaga kesegaran dan keharuman tubuh sepanjang hari.
Ilustrasi. Memiliki tubuh wangi. Sumber : pixabay/jessie22
Bola25 April 2024, 14:00 WIB

Prediksi Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Siapa yang Akan Lolos?

Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, akan tersaji dini hari nanti pukul 00.30 WIB.
Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, akan tersaji dini hari nanti pukul 00.30 WIB. (Sumber : X/@TimnasIndonesia/@theKFA).
Sehat25 April 2024, 13:00 WIB

Bebas Asam Urat dengan 10 Cara Alami: Mencegahnya Tanpa Obat-obatan

Ada beberapa cara alami untuk mencegah dan mengelola asam urat yang bisa Anda lakukan.
Ilustrasi - Ada beberapa cara alami untuk mencegah dan mengelola asam urat yang bisa Anda lakukan. (Sumber : Freepik.com)
Bola25 April 2024, 12:15 WIB

Prediksi dan Link Live Streaming Dewa United vs Madura United di Liga 1 Pekan ke-33

Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33.
Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33. (Sumber : X/@dewaunitedfc_/@MaduraUnitedFC).
Kecantikan25 April 2024, 12:00 WIB

Tetap Lembab, 10 Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas

Jangan lupa untuk tetap konsisten dalam merawat kulit dan memberikan perhatian ekstra saat cuaca panas atau musim panas agar kulit tetap glowing.
Tetap Lembab, Ini Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Life25 April 2024, 11:30 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disenangi Semua Kalangan

Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain.
Ilustrasi. Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain. (Sumber : Pexels/KetutSubiyanto)
Sukabumi25 April 2024, 11:25 WIB

Jemaah Haji Kota Sukabumi Tahun 2024 Ada 336 Orang, Lebih Banyak Perempuan

Kemenag berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Sukabumi terkait keberangkatan.
(Foto Ilustrasi) Tahun 2024 Kota Sukabumi mendapat penambahan kuota 80 orang sehingga jumlah calon jemaah haji yang akan diberangkatkan adalah 336 orang. | Foto: Pixabay
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)