4 Jajanan Milenial Berbahan Dasar Tapioka atau ACI, Mudah di Bikin!

Selasa 08 Februari 2022, 07:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Tepung Tapioka atau sering juga disebut tepung kanji atau aci ini berasa dari pati singkong yang diperas setelah diparut.

Warna dari tepung ini lebih putih dari tepung terigu. Ketika diolah, tepung ini akan berubah tekstur menjadi kenyal dan lengket.

Olahan tepung tapioka biasanya, lebih banyak digunakan untuk olahan jajanan anak-anak milenial.

Apa saja ya Jajanan yang dibuat dan berbahan dasar tapioka tersebut? Simak ulasanya dibawah.

1. Cireng

photoCireng - (Pinterest)

Cireng atau singkatan dari aci di goreng, salah satu jajanan milenial yang biasanya banyak ditemukan di depan sekolah-sekolah.

Cireng merupakan olahan dari tepung aci yang diaduk, dibentuk lalu digoreng sesuai selera. Seiring waktu, cireng banyak diolah menjadi berbagai bentuk dan rasa. Macam-macam rasa ini bisa ditemui pada isi cireng.

Cara membuat cireng sangatlah mudah dan cepat.

Pertama, Siapkan wadah yang cukup untuk mengaduk tepung, Siapkan tepung tapioka, Sedikit tambahan tepung terigu, Maizena, Siapkan air mendidih, Garam dan Bawang daun.

Kedua, campurkan bawang daun, garam ke dalam adonan tepung. Kemudian siramkan air ketika masih mendidih kedalam adonan, aduk-aduk pakai sendok sampai dengan bahan tercampur semua.

Baca Juga :

Jika sudah tercampur, aduk kembali pakai tangan sampai si bahan bisa untuk dibentuk. Agar cireng lebih krispi jangan mengaduk adonan terlalu halus. Setelah bisa dibentuk, goreng cireng sampai krispi atau sesuai dengan selera.

Jajanan milenial pun siap disantap dengan sambal saos atau sambal kecap agar rasanya semakin mantap.

2. Cimol

photoCimol - (Pinterest)

Cimol tidak terlalu jauh berbeda dengan cireng, yang membedakannya adalah bentuk. Bentuk cimol dibuat bulat-bulat kecil, seukuran kelereng.

Untuk penggoreanya, cimol biasnaya di goreng sampai kering dan mengambang diatas minyak ketika digoreng, untuk hasil maksimal menggoreng cimol harus dengan api kecil, gorenglah cimol ketika minyak masih dingin sampai cimol mengapung, mengembang dan kering, jangan lupa aduk-aduk agar tidak gosong.

Cara pembuatan adonan, hampir sama dengan cireng, perbedaanya adonan cimol, tidak harus menggunakan bawang daun dan untuk adonan cimol harus dibuat lebih lembut. Sampai ketika dibentuk tidak lengket di tangan.

3. Cilok

photoCilok - (Pinterest)

Jika cireng dan cimol di goreng, cara pengelolaan cilok  adalah dengan cara dikukus. Tahap awal sama dengan cireng dan cimol.

Adonan yang sama dengan cimol, namun ukuran cilok lebih besar dari cimol dan diberi isian. Cilok biasanya diberi isian daging dan diberi bumbu tambahan, seperti; kecap, saus dan sambal.

Ada juga yang memberikan cilok kuah, cilok kuah biasanya cilok direbus, tidak dikukus seperti cilok. Untuk kuahnya sendiri biasanya cabe rawit, bawang putih dan kencur.

4. Cilung

photoCilung - (Pinterest)

Cilung baru-baru ini ditemukan, pengelolaanya sangat berbeda dengan cireng, cimol dan cilok. Cilung yang ditemui pada pedagang memiliki adonan tepung tapioka yang sangat cair, perbandinganya bisa satu sendok tapioka berbanding dengan lima sendok air.

Cara memasaknya adalah dengan memanaskan wajan, dan harus benar-benar panas. Kemudian wajan hanya diolesi minyak atau margarin, agar si cilung tidak nempel di wajan. 

Setelah diberi olesan minyak atau margarin, siramkan adonan cair tepung tapioka ke dalam wajan panas dengan posisi melingkar, tipis dan tidak terpisah-pisah alias harus bulat rapi. 

Setelah matang, biasanya cilung terlihat matang jika sudah kering, cilung bisa langsung digulung pakai kayu yang telah disediakan.

Itu dia macam-macam jajanan milenial yang berbahan dasar dari tepung tapioka. Pembuatannya sangat mudah dan Selamat mencoba dirumah updaters!

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Tags :
Berita Terkini
Food & Travel20 September 2024, 07:01 WIB

Ekspedisi Canyoneering, Kenalkan Potensi Wisata Alam Baru di Jampangtengah Sukabumi

ungai Cileungsir yang berlokasi di Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi, ternyata memiliki potensi wisata alam berupa air terjun yang masih perawan dan lokasinya berdekatan.
Ekspedisi canyoneering di Sungai Cileungsir Jampangtengah Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Inspirasi20 September 2024, 06:30 WIB

1.245 Lulus MS, Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kota Sukabumi 2024

Pelamar CPNS Kota Sukabumi 2024 bisa mengunjungi situs resmi atau melalui portal SSCASN untuk mengetahui apakah namanya tertera di Hasil Memenuhi Syarat (MS) atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS).
Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kota Sukabumi 2024 (Sumber : Instagram/@bkpsdmkotasukabumi)
Food & Travel20 September 2024, 06:00 WIB

Resep Bolu Kukus Sederhana, Camilan Simpel untuk Keluarga di Rumah

Bolu kukus sering dijadikan camilan atau hidangan penutup, dan disukai oleh berbagai kalangan karena mudah dibuat dan memiliki rasa yang enak serta tekstur yang lembut.
Ilustrasi. Resep Bolu Kukus Sederhana, Camilan Simpel untuk Keluarga di Rumah. (Sumber : Pixabay/Steward Masweneng)
Science20 September 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 September 2024, Langit Cenderung Berawan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 20 September 2024.
Ilustrasi. Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 20 September 2024. | Foto: SU/Dede
Inspirasi20 September 2024, 01:10 WIB

Refleksi Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Peringatan Maulid Nabi SAW yang rutin diadakan setiap tahun dalam realitasnya belum sepenuhnya mampu mengubah perilaku keagamaan
Refleksi Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW | Foto : Pixabay
Sukabumi20 September 2024, 00:27 WIB

Terbang ke Aceh, Sekda Ade Beri Dukungan ke Atlet PON XXI Asal Kabupaten Sukabumi

Sekretaris Daerah, Ade Suryaman, bersama sejumlah pejabat Pemkab Sukabumi terbang ke Aceh untuk memberikan dukungan kepada para atlet asal Kabupaten Sukabumi yang bertanding di PON XXI
Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman dan jajaran saat bertemu para atlet asal Kabupaten Sukabumi di PON XXI di Aceh | Foto : Dokpim
Sukabumi19 September 2024, 23:23 WIB

Desa Wisata Hanjeli Sukabumi Sabet Penghargaan Wonderful Indonesia Impact Kemenparekraf

Enam desa wisata terbaik mendapat penghargaan Wonderful Indonesia Impact dari Menparekraf bekerja sama dengan MCorp. Salah satunya adalah Desa Wisata Hanjeli, Kabupaten Sukabumi
Asep Hidayat saat menerima Penghargaan Wonderful Indonesia Impact dari Menparekraf Sandiaga Uno di Jakarta, Kamis (19/9/20204) | Foto : Istimewa
Sukabumi19 September 2024, 21:47 WIB

Sepakat Damai Cabut Laporan Usai Bentrok, PP dan Garis Sukabumi Saling Memaafkan

Pasca insiden yang melibatkan dua kelompok ormas PP Kota Sukabumi dan ormas Garis Sukabumi Raya pada Jumat 13 September 2024 lalu, kedua belah pihak bersepakat untuk islah atau berdamai.
Para Pimpinan kedua ormas usai tandatangani nota perdamaian di MWC Pemuda Pancasila (PP) Kota Sukabumi. Kamis (19/9/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi19 September 2024, 21:18 WIB

Puluhan Perahu Wisata Terparkir Sepi Imbas Keringnya Curug Cikaso Sukabumi

Puluhan perahu angkutan wisata yang biasa mengantar jemput wisatawan ke Curug Cikaso kini terparkir sepi di dermaga apung Sungai Cikaso, Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi.
Puluhan perahu wisata terparkir di sungai cikaso imbas keringany curug Cikaso di Sukabum | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih19 September 2024, 20:58 WIB

KPU Kabupaten Sukabumi Tetapkan DPT Pilkada 2024, Terjadi Penurunan Jumlah Pemilih

Jumlah DPT Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 terdiri dari 1.001.764 pemilih laki-laki dan 981.642 perempuan.
Rapat pleno terbuka rekapitulasi DPSHP dan penetapan DPT yang diselenggarakan KPU Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)