7 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Terbukti Secara Ilmiah

Jumat 04 Februari 2022, 09:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Daun kelor memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Daun kelor biasanya diolah menjadi hidangan atau masakan seperti sayur atau sup.

Menurut buku Analisis Ekstrak Daun Kelor (Moringa oleifera) Pada Pengobatan Diabetes Mellitus yang ditulis oleh Qurratu Aini, SSi, MPd, tanaman yang memiliki rasa yang agak pahit, netral dan tidak beracun ini mengandung semua unsur asam amino esensial yang sangat penting untuk kesehatan seperti unsur arginine, isoleucine, lysine, leucine, methionine, threonine, valine, tryptophan, dan phenylalanine.

Selain itu, tanaman yang dijuluki sebagai superfood ini juga mengandung protein, lemak, beta carotene (Vitamin A), niacin (B3), vitamin C, kalsium, tembaga, karbohidrat, zat besi, magnesium, fosfor, riboflavin (B2).

Lemak yang terkandung pada daun kelor sangat rendah dan tidak memiliki kolesterol yang berbahaya.

Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari daun kelor.

Baca Juga :

1. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

photoIlustrasi Penyakit Kardiovaskular - (Shutterstock)</span

Daun kelor dalam bentuk ekstrak dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol.

Secara tradisional, biji kelor telah lama digunakan sebagai obat untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi jantung.

Berdasarkan sebuah penelitian pada tahun 2017 terhadap subjek tikus, menemukan bahwa biji kelor dapat mengobati tekanan darah tinggi dan memberi perlindungan terhadap jantung.

Penelitian lain dengan subjek tikus pada tahun 2019 menunjukan bahwa biji kelor dapat mencegah terjadinya gangguan jantung dan pembuluh darah terpaut usia.

2. Membantu Menurunkan Kolesterol

photoIlustrasi Kadar Kolesterol - (Shutterstock)</span

Daun kelor ju a bisa menurunkan kolesterol pada tubuh, penelitian pada hewan dan manusia menyatakan bahwa daun kelor memberi efek penurun kolesterol yang hampir sama.

Kolesterol yang tinggi sangat berkaitan dengan peningkatan risiko beberapa penyakit, termasuk penyakit jantung.

Namun, sumber makanan nabati seperti daun kelor bisa kita manfaatkan untuk membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh.

3. Menjaga Kesehatan Mata

photoIlustrasi Mata Minus - (Pexels.com)</span

Dalam buku berjudul Daun Kelor: Antidiabetes, Sahabat Mata, Pelindung Ginjal yang ditulis oleh Redaksi Trubus (2019), menurut dr Prapti Utami yang merupakan seorang herbalis mengatakan bahwa daun kelor kering mengandung vitamin A 10 kali lebih banyak dari wortel, sedangkan daun kelor yang segar mengandung vitamin empat kali lebih banyak dari wortel.

Lebih dari itu, kelor juga mengandung mineral dan nutrisi lain, serta antioksidan tinggi yang bisa membantu perbaikan sel, yang dapat mendukung pemulihan fungsi mata.

Dr Prapti juga mengingatkan untuk mengkonsumsi daun kelor secara bijak, tidak berlebihan. Karena konsumsi daun kelor yang berlebih dapat meningkatkan asam lambung dan mempengaruhi tekanan darah.

Kamu cukup hanya mengkonsumsi satu kantong teh celup atau setara dengan enam gram serbuk daun kelor kering per harinya. Namun, jika mengonsumsi daun kelor segar disarankan hanya mengonsumsi sekitar 30 gram.

4. Membantu Mengurangi Peradangan

photoIlustrasi Mengurangi Peradangan - (Shutterstock)</span

Peradangan merupakan respon alami tubuh terhadap infeksi atau cedera.

Meskipun peradangan adalah sebuah sistem perlindungan, tetapi kondisi ini juga dapat menimbulkan masalah apabila terus berlanjut dalam waktu lama.

Melansir dari Healthline, Sejumlah ilmuwan melalui beberapa penelitian percaya bahwa kandungan isothiocyanate yang terkandung di dalam daun, polong dan biji kelor merupakan senyawa anti peradangan utama.

Namun, penelitian ini baru sebatas penelitian terhadap hewan dan tabung reaksi, masih perlu penelitian lebih lanjut mengenai manfaat daun kelor terhadap peradangan yang terjadi pada manusia.

5. Membantu Melawan Diabetes

photoIlustrasi Diabetes - (Freepik)</span

Salah satu konsep yang ditemukan pada uji klinis kecil tahun 2016, menyatakan bahwa daun kelor dapat membantu mencegah diabetes karena dapat meningkatkan produksi insulin pada tubuh.

Para volunter sehat yang ikut serta dalam penelitian tersebut diberi satu dosis daun kelor sebesar 4 gram. Hasilnya terbukti bahwa daun kelor dapat meningkatkan sirkulasi insulin dan menurunkan gula darah mereka.

Dalam jurnal Nutrients pada tahun 2018, menemukan bahwa daun kelor dapat mengurangi naiknya gula darah pada penderita diabetes. Penelitian tersebut melibatkan 17 orang dengan penyakit diabetes dan 10 orang sehat.

Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa daun kelor membuat kenaikan gula setelah makan menjadi lebih stabil hingga 40 mg/dL dan mempersingkat waktu kenaikan gula darah sekitar 20 menit.

6. Melindungi dari Keracunan Arsenik

photoIlustrasi Racun Arsenik - (iStockphoto)</span

Makanan dan air yang terkontaminasi zat arsenik banyak terjadi di beberapa bagian dunia. Beras yang kita konsumsi pun bisa saja mengandung kadar arsenik yang sangat tinggi.

Paparan arsenik dalam jangka panjang dengan tingkat yang tinggi bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti kanker dan penyakit jantung.

Menariknya, beberapa penelitian pada tikus menunjukkan bahwa daun dan biji kelor dapat melindungi tubuh dari efek toksisitas zat arsenik.

Hasil dari penelitian tersebut cukup menjanjikan, tetapi perlu diteliti lebih lanjut lagi apakah manfaat daun kelor untuk melindungi dari racun arsenik akan berfungsi sama terhadap manusia.

7. Mengatasi Disfungsi Ereksi

photoIlustrasi Disfungsi Ereksi - (iStockphoto)</span

Manfaat daun kelor yang terakhir adalah sebagai afrodisiak atau membangkitkan gairah.

Oleh sebab itu, daun kelor telah digunakan sebagai obat disfungsi ereksi dalam pengobatan tradisional, karena dapat meningkatkan kadar testosteron pada manusia.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Sukabumi Memilih25 April 2024, 22:18 WIB

PKB Gagas Poros Ketiga, Siapkan Figur untuk Lawan Asjap dan Iyos di Pilkada Sukabumi

ewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Sukabumi saat ini tengah membuka penjaringan bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan diusung dalam Pilkada 2024.
Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) | Foto : Ist
Bola25 April 2024, 21:54 WIB

Kalahkan Borneo FC 2-1, Persib Segel Runner-up Regular Series Liga 1 2023/2024

Dua gol Persib Bandung atas Borneo FC disumbangkan David da Silva menit 20 dan Ciro Alves (70).
Para pemain Persib merayakan gol ke gawang Borneo FC pada pertandingan pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, (Sumber : PERSIB.co.id)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 21:39 WIB

Tiga Partai Bahas Draft Koalisi, Sepakat Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Sukabumi 2024, sejumlah elit partai tengah sibuk melakukan komunikasi dengan sesama partai untuk membangun koalisi.
Pertemuan Golkar PPP dan Gerindra membahas draf koalisi | Foto : Ist
Sukabumi25 April 2024, 21:19 WIB

Pemkot Sukabumi Beri Hadiah Untuk SKPD dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak

SKPD yang menerima hadiah dianggap telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendorong pendaftaran pekerja rentan ke dalam program jaminan sosial.
Pemberian hadiah bagi SKPD Pemkot Sukabumi dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak. (Sumber : Istimewa)
Bola25 April 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Klik Disini!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Life25 April 2024, 20:59 WIB

Dapat Tekanan dari Orang Tua Lain, Berikut 4 Penyebab Penerapan Pola Asuh Helikopter

Pola asuh helikopter berarti orang tua sepenuhnya menyetir anak mereka agar menjadi orang yang mereka inginkan karena beberapa penyebab.
Ilustrasi penyebab penerapan pola asuh helikopter. | Sumber Foto: Freepik/@freepik
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 20:29 WIB

DPRD Sukabumi Apresiasi Capaian Otonomi Daerah dan Harapan untuk Kemajuan Lebih Mandiri

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan, menyampaikan apresiasi atas capaian otonomi daerah yang mandiri
Usep Wawan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Nasional25 April 2024, 20:03 WIB

Surya Paloh Deklarasikan NasDem Dukung Penuh Pemerintahan Prabowo-Gibran

Hal itu disampaikan Surya Paloh usai melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto, Kamis, 25 April 2024.
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto saat menerima kedatangan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Sumber : IG Sufmi Dasco)
Sehat25 April 2024, 20:00 WIB

11 Kebiasaan Ini Bantu Jaga Gula Darah Anda Tetap Normal, Yuk Lakukan

Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.  (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life25 April 2024, 19:46 WIB

Hindari 8 Aktivitas Berikut Agar Hubungan Orang Tua Dengan Anak Lebih Erat Harmonis

Ikuti tips berikut untuk memiliki hubungan yang lebih sehat dengan anak-anak Anda dalam jangka panjang.
Ilustrasi hubungan orang tua dengan anak | Foto : Sumber : Freepik/@tim kita