Diduga Korsleting Listrik, Rumah Warga di Tegalbuleud Sukabumi Ludes Terbakar

Minggu 30 Januari 2022, 22:28 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Musibah kebakaran terjadi di salah satu rumah panggung milik warga di Kampung Buniwangi RT 01/RW 01, Desa Bangbayang, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Minggu (30/1/2022) sekira pukul 16.00 WIB. Tidak ada korban dalam kejadian tersebut.

Korban kebakaran, Ibu Oon (63 tahun) tak menyangka rumah semi permanen yang ditinggali bersama anaknya berdua akan ludes dilahap si jago merah. Saat peristiwa itu terjadi, ia sedang berada di WC umum (MCK) karena di kampung tersebut sedang kesulitan air bersih. Sedangkan anaknya sedang berladang.

"Saya sedang ke air, karena WC umum di tempat kami lumayan jauh dari rumah. Saat saya di WC umum tersebut salah satu tetangga saya memberitahukan bahwa rumah saya terbakar, spontan saya langsung pulang dari WC umum menuju rumah saya." ujarnya kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga :

Sementara itu, saksi mata yang juga tetangga korban, Sumarna mengatakan warga sekitar sempat terkendala sinyal ketika menghubungi pemadam kebakaran, sehingga akhirnya mereka bahu-membahu memadamkan api dengan ember.

"Sambil menunggu bantuan dari pihak pemadam datang, warga berbondong-bondong mengambil masing-masing air di ember guna memadamkan kan api tersebut," katanya.

Terpisah, Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan atau P2BK Tegalbuleud Dedi Rukmana menyebut korsleting listrik diduga menjadi penyebab kebakaran ini. 

"Kebakaran diduga akibat korsleting listrik. Karena cuaca panas saat kejadian kemudian bahan bangunan terbuat dari kayu hingga api sudah menjalar dengan cepat ke seluruh bagian rumah hingga tidak ada barang yang bisa diselamatkan," kata Dedi.

Karena rumahnya hangus terbakar, kata Dedi, Ibu Oon dan anaknya diungsikan ke rumah keluarga terdekat. Warga sekitar juga turut memberi bantuan sembako hingga pakaian ganti untuk kedua korban.

"Kami juga sudah berkoordinasi bersama perangkat desa, serta Kecamatan, Koramil & relawan guna melakukan pendataan serta memberikan bantuan sementara," pungkasnya.

Kemudian berdasarkan data yang dihimpun dari Damkar posko VIII Sagaranten, tafsiran total kerugian yang dialami Ibu Oon akibat musibah ini mencapai Rp 100 Juta. Adapun sejumlah barang yang habis terbakar di dalam rumah di antaranya 7 buah gas elpiji, kulkas, uang dan peralatan rumah lainnya.

Danton Damkar posko VIII Sagaranten Raizal Asikin mengatakan pihaknya tiba di lokasi sekitar pukul 16.20 WIB. Karena kobaran api sudah lebih dulu dipadamkan warga, pemadam di lokasi berupaya melakukan pendinginan agar api tidak kembali menyala.

"Pukul 18.53 WIB api dipastikan benar-benar padam," ujarnya singkat.

REPORTER: CRP 1

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life04 Mei 2024, 14:30 WIB

6 Kebiasaan Orang Tua yang Bisa Menghancurkan Mental Anak, Yuk Jangan Sepelekan!

Beberapa kebiasaan yang sering dilakukan orang tua kepada anak rupanya bisa menyebabkan hancurnya mental seorang anak tanpa disadarinya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang tua yang menghancurkan mental anak. Sumber foto : Pexels/Kampus Production
Life04 Mei 2024, 14:00 WIB

9 Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Hidup Banyak Tekanan

Saat hidup banyak tekanan, setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk membahagiakan diri sendiri.
Ilustrasi. Ciri Orang Lelah Mental Karena Banyak Tekanan Hidup (Sumber : pixabay.com/@1388843)
Sukabumi04 Mei 2024, 13:58 WIB

Bupati Sukabumi Menang PTUN, 80 Kades Harus Kembalikan Dana Bantuan Hukum ke Kas Desa

Bupati Sukabumi Marwan Hamami dinyatakan menang usai PTUN Bandung menolak gugatan Law Firm Marpaung terkait penghentian kerjasama bantuan hukum desa.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami | Foto : Dok. Sukabumi Update
Sehat04 Mei 2024, 13:00 WIB

9 Cara Sehat Menurunkan Gula Darah Secara Alami Tanpa Obat Diabetes

Sebelum mengubah pola makan atau gaya hidup, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan terkait menurunkan gula darah secara alami tanpa obat diabetes.
Ilustrasi. Olahraga di rumah. Tips menurunkan gula darah secara alami tanpa obat diabetes. | Foto: iStock
Life04 Mei 2024, 12:30 WIB

Jangan Disepelekan Bund! Inilah 5 Tanda Rendahnya Harga Diri pada Anak

Harga diri yang rendah dapat berdampak pada perkembangan akademis, pribadi, dan sosial anak. Untungnya, ada tanda-tanda yang dapat dicari orang tua dan cara untuk membantu.
Ilustrasi. Rendahnya harga diri pada anak. Sumber : Pexels.com/@PuskarRai
Life04 Mei 2024, 12:00 WIB

Stres Termasuk 7 Penyebab Berat Badan Turun Drastis, Kamu Mengalaminya?

Stres fisik yang disebabkan oleh cedera, operasi, atau trauma, serta stres emosional yang berkepanjangan, dapat menyebabkan penurunan berat badan karena tubuh mengalami kelelahan dan kekurangan energi.
Ilustrasi. Orang Mengalami Stres Sehingga Menyebabkan Berat Badan Turun Drastis (Sumber : Pexels/NathanCowley)
Jawa Barat04 Mei 2024, 11:43 WIB

Jarkom PDs Canangkan Dana Abadi Berbasis Wakaf Bersama LW Doa Bangsa

Pengurus Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) Provinsi Jawa Barat bersilaturahmi kepada Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Jaringan Komunikasi Pembangunan Desa (Jarkom PDs)
Perwakiln LP3H Provinsi Jawa Barat Agus Kamil dan Entus Wahidin serta Ketua Umum Jarkom PDs Pusat, Ayi Kosasih, dan Sekretaris Jenderal Jarkom PDs Pusat, Dasep Saepuloh | Foto : Ist
Life04 Mei 2024, 11:30 WIB

Temukan Akar Masalahnya, 3 Cara Membantu Anak yang Memiliki Harga Diri Rendah

Harga diri pada anak sangatlah penting. Namun bagaimana cara membantu apabila harga diri anak rendah?
Ilustrasi. Membantu Anak Yang Memiliki Harga Diri Rendah. Sumber : pexels.com/@Annushka
Sukabumi04 Mei 2024, 11:21 WIB

Pria Dipanggil Ceuceu, Korban Pembunuhan di Citepus Sukabumi Diduga Penyuka Sesama Jenis

ria yang menjadi korban penganiayaan hingga terjadi pembunuhan di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, pada Sabtu (4/5/2024) diduga penyuka sesama jenis.
Evakuasi korban pembunuhan di perumahan di Citepus Sukabumi | Foto : Ist
Sehat04 Mei 2024, 11:00 WIB

6 Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Ketahui Sederet Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat. Yuk, Simak!
Ilustrasi. Alpukat dan Telur - Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat. (Sumber : Pexels/FoodieFactor)