Light Dark

7 Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Anak SMK

Gaya Hidup | 29 Jan 2022, 11:15 WIB
(Ilustrasi) Kuliah | pixabay.com

SUKABUMIUPDATE.com - Sebelum memutuskan untuk kuliah, alangkah baiknya jika mempertimbangkan jurusan yang akan diambil terlebih dahulu. Karena ada beberapa jurusan Kuliah untuk anak SMK yang bisa jadi referensi. 

Dikutip dari suara.com, siapa bilang anak lulusan SMK tidak bisa melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi negeri? Pernyataan itu salah besar, siswa lulusan SMK juga bisa masuk di perguruan tinggi negeri maupun swasta lho. 


Advertisement

Kini anak yang masuk di SMK tidak hanya berorientasi dipersiapkan untuk memasuki dunia kerja, tetapi siswa SMK juga dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. 

Bahkan, siswa SMK bisa masuk di PTN/PTS sesuai dengan minat dan bidang keilmuan yang diambil. 

Memasuki zaman yang semakin hari semakin berkembang, kini beberapa bidang pekerjaan tidak hanya cukup mengandalkan ijazah SMK saja. 

Beberapa perusahaan skala besar kini memprioritaskan merekrut tenaga kerja dengan standar lulusan perguruan tinggi atau minimal strata satu (S1). 


Advertisement

Oleh karena itu, anak SMK perlu mempertimbangkan untuk mendaftar kuliah. Lalu apa saja jurusan Kuliah untuk anak SMK? Simak ulasan berikut ini:

Baca Juga :

photo(Ilustrasi) Wisuda sarjana setelah menyelesaikan kuliah kurang lebih empat tahun. - (pixabay.com)

1. Melanjutkan Jurusan Sekolah

Mengambil jurusan sesuai dengan sekolah SMK bisa menjadi pilihan yang terbaik. Karena materi dan teori yang disampaikan akan lebih mudah untuk dipelajari. 

Misalkan, sewaktu SMK mengambil teknik mesin, kamu bisa melanjutkan jurusan sekolah saat masuk di perguruan tinggi. 

2. Teknik Informatika

Jurusan ini sangat cocok dipilih oleh siswa lulusan SMK terutama yang mengambil jurusan teknik komputer sewaktu di sekolah dulu. 

Teknik Informatika merupakan jurusan yang memiliki prospek kerja yang luas. Pada jurusan ini kamu akan mempelajari bahasa pemrograman, algoritma komputer dan lain sebagainya. 

3. Tata Busana

Jurusan tata busana bisa kamu pilih saat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Jurusan ini terbilang cukup banyak diminati karena mengasah kreatifitas dan ketekunan kita. 

Bahkan, jika kamu berbakat dan mampu memanfaatkan peluang yang ada, di kemudian hari kamu bisa menjadi desainer yang handal, lho. 

4. Farmasi

Untuk kamu yang tertarik pada bidang kesehatan, jurusan farmasi bisa kamu pilih. Bidang ini sangatlah menarik, mengingat kebutuhan masyarakat sangatlah besar terhadap kesehatan terutama pada obat-obatan. 

5. Akuntansi

Masuk dalam jurusan akuntansi dipercaya akan memiliki masa depan yang cerah. Hal ini karena prospek kerjanya yang begitu luas. 

Jurusan ini sangat cocok untuk anak SMK yang tertarik dengan mata pelajaran berhitung. 

6. Ilmu Komunikasi

Jurusan yang satu ini terbilang cukup mudah untuk dimasuki anak lulusan SMK. Karena tidak ada syarat khusus pada lulusan SMK baik di semua jurusan yang diambil sewaktu sekolah. 

Ilmu Komunikasi mempelajari mulai dari desain grafis, publik speaking, fotografi dan lain sebagainya. 

7. Tata Boga

Jurusan ini cocok untuk kamu yang suka masak maupun kuliner. Dengan masuk pada jurusan Tata Boga kamu bisa mengembangkan bakat yang kamu miliki. 

Anak SMK pun bisa masuk di jurusan ini dengan syarat yang telah ditentukan PTN/PTS yang bersangkutan. 

Demikian tadi beberapa rekomendasi jurusan Kuliah untuk anak SMK yang bisa kamu pilih sesuai minat dan bakat yang kamu miliki. 

Sumber: suara.com

Image

Admin SUpdate

Image

Muhammad Gumilang

Redaktur