7 Jurusan Kuliah Berprospek Gaji Tinggi, Calon Mahasiswa Harus Tahu

Senin 10 Januari 2022, 09:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Menentukan Jurusan Kuliah memang butuh banyak pertimbangan yang matang agar tidak salah pilih dan berhenti di tengah jalan.

Selain mempertimbangkan minat dan bakat, jurusan kuliah menjadi salah satu alasan bagi seseorang untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang tinggi. 

Jurusan kuliah memang tidak selalu menentukan keberhasilan seseorang, karena banyak juga yang sudah lulus dan bekerja tidak sesuai dengan jurusan yang diambil.

Misalnya, saat kuliah mengambil jurusan pendidikan, namun saat sudah lulus berhasil mendapatkan pekerjaan sebagai jurnalis.

Biasanya orang-orang yang bekerja lintas jurusan memiliki bekal ilmu pengetahuan yang didapatkan di luar kelas perkuliahan.

Namun tidak sedikit juga orang-orang yang berhasil fokus meniti pendidikan bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan jurusan yang ditempuh dan gaji yang didapatkan pun cukup tinggi.

Dibawah ini kami bagikan tujuh jurusan kuliah yang memiliki prospek gaji tinggi bagi calon mahasiswa agar dapat dijadikan referensi dalam memilih jurusan.

Baca Juga :

1. Teknik Informatika

photoIlsutrasi Teknik Informatika - (Unplash.com)</span

Di zaman modern ini, informasi dan teknologi menjadi salah satu ilmu yang berkembang sangat pesat, karena sejumlah orang sudah menjadikan teknologi sebagai kebutuhan primer.

Sejumlah besar aktivitas manusia sudah serba digital dan sampai saat ini masih terus diperbaharui dan dikembangkan.

Seiring dengan kebutuhan teknologi yang semakin masif, banyak perusahaan membuka lowongan pekerjaan di bidang informasi dan teknologi seperti web developer, programmer, software engineer, lead of technology management, dan lainnya.

Sehingga banyak sekali lulusan teknik informatika yang mudah mendapatkan pekerjaan karena banyak dibutuhkan.

National Association of Colleges and Employers (NACE) di tahun 2018 melakukan survei nominal gaji yang didapatkan oleh seorang programmer di Indonesia, rata-rata gaji yang diterima kurang lebih sejumlah 10 juta perbulan.

2. Kedokteran

photoIlustasi Dokter - (Freepik)</span

Kuliah di jurusan kedokteran tidaklah mudah. Waktu kuliah yang cukup lama dan biaya yang mahal menjadi tantangan tersendiri jika ingin menjadi seorang dokter.

Apalagi jika ingin menjadi dokter spesialis, butuh waktu yang lebih lama lagi karena harus mempelajari ilmu secara lebih spesifik.

Di Indonesia, dokter spesialis rata-rata menerima biaya konsultasi pasien 500 ribu, biaya ini di luar dari tindakan operasi dan lainnya.

Semakin banyak tindakan yang dilakukan, dokter spesialis mungkin saja bisa menerima gaji sejumlah 100 juta perbulan. Belum lagi jika membuka klinik pribadi, maka pemasukan akan bertambah.

Dilihat dari biaya kuliahnya yang mahal, rasanya akan sepadan dengan gaji yang akan didapatkan nantinya.

3. Teknik Pertambangan

photoIlustasi Teknik Pertambangan - (Pexels.com)</span

Jurusan teknik pertambangan adalah salah satu jurusan favorit di Indonesia. Materi yang dipelajari tentunya berkaitan dengan proses penambangan batu bara, minyak, gas bumi, dan lainnya.

Selain itu, akan diajarkan juga bagaimana cara mengeksploitasi bahan tambang dan proses pemasarannya secara global.

Lulusan teknik pertambangan bisa bekerja di berbagai sektor seperti perusahaan oil dan gas, semen, dan perusahaan pembangkit listrik.

Rata-rata gaji yang diperoleh adalah 11 juta hingga 32 juta perbulan.

4. Psikologi

photoIlustasi Psikolog - (Pexels.com)</span

Setiap perusahaan membutuhkan HRD untuk mengelola karyawan agar bisa memastikan pekerjaan dilakukan dengan baik, terstruktur dan sesuai kompetensi.

Seseorang harus menempuh pendidikan psikologi terlebih dahulu untuk bisa bekerja sebagai HRD, karena diperlukan ilmu untuk memahami dan menyeleksi orang secara tepat, agar posisi yang ditawarkan oleh perusahaan dapat diisi oleh orang yang sesuai dengan pekerjaannya.

Rata-rata gaji yang diperoleh sejumlah 7 sampai 8 juta rupiah. Untuk tingkat manajer bisa mendapatkan gaji hingga belasan juta rupiah.

5. Teknik elektro

photoIlustasi Teknik Elektro - (Freepik)</span

Sama halnya dengan teknik informatika, jurusan teknik elektro juga banyak diperlukan oleh perusahaan.

Biasanya lulusan teknik elektro akan lebih banyak bekerja di lapangan, dan melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan hardware ataupun elektrikal.

Kisaran gaji yang didapatkan sejumlah 6 juta sampai 15 juta perbulan.

6. Teknik Perminyakan

photoIlustasi Teknik Perminyakan - (Freepik)</span

Di jurusan teknik perminyakan, banyak materi yang akan dipelajari seperti kondisi lapangan perminyakan, reservoir, hingga pengeboran.

Insinyur perminyakan akan menangani pekerjaan besar seperti memperhitungkan nilai ekonomis dan pembuatan sumur minyak dan gas.

Gaji yang ditawarkan pun cukup besar, berkisar antara 15 juta sampai 20 juta rupiah perbulan dan bisa berkesempatan untuk berkarir di perusahaan minyak dan gas ternama seperti Pertamina.

7. Arsitektur

photoIlustrasi Arsitek - (Pexels.com)</span

Aktivitas pembangunan di Indonesia masih sangat banyak baik berskala kecil maupun besar, seperti membangun rumah, ruko, gedung, hotel, dan lainnya.

Arsitektur memiliki peran penting untuk mendukung proses pembangunan tersebut, sehingga tidak heran jika seorang arsitek ditawarkan gaji yang cukup tinggi.

Untuk arsitek pemula, gaji yang akan diperoleh rata-rata sejumlah 6 juta sampai 7 juta rupiah. Sedangkan untuk level manager, akan memperoleh gaji 15 juta hingga 50 juta rupiah.

Jumlah gaji biasanya tergantung pada besarnya proyek yang ditawarkan.

Writer: Devi

Koleksi Video Lainnya:

Wali Kota Sukabumi Kesal Kolam Ikan Masjid Agung Dipakai Renang

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi29 Maret 2024, 18:21 WIB

Hati-hati! Ruas Jalan Nasional di Cikadu Palabuhanratu Terendam Banjir Campur Kerikil

Pengendara roda dua harus hati-hati, jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu Sukabumi ini terendam banjir campur kerikil.
Kondisi ruas jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu yang tergenang banjir campur kerikil akibat hujan deras. (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Ketika Melakukan Perjalanan Jauh Untuk Anda yang Mudik Lebaran

Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran
Ilustrasi - Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran (Sumber : Freepik/DC Studio)
Sehat29 Maret 2024, 17:30 WIB

Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Berikut ini beberapa infused water yang bisa digunakan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol
Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol (Sumber : Freepik/8photo)
Jawa Barat29 Maret 2024, 17:02 WIB

KA Pangrango Sukabumi Terlambat 3 Jam Imbas Mogok, KAI Minta Maaf

PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas gangguan teknis yang dialami KA Pangrango Sukabumi di Stasiun Maseng, Jumat (29/3/2024).
Ilustrasi. KA Pangrango relasi Sukabumi-Bogor. (Sumber Foto: Unplash/Haidan)
Musik29 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral

Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral di TikTok dan YouTube Music. Sudah Dengar?
Official Music Video Lagu Obsessed Olivia Rodrigo. Sumber: YouTube/Olivia Rodrigo
Gadget29 Maret 2024, 16:30 WIB

Waspada! Ini 6 Cara Melindungi HP Agar Tidak Disadap Hacker

Pengguna HP harus melindungi keamanannya agar tidak disadap orang lain. Hal ini penting menjaga data pribadi dan akses rahasia dari kejahatan siber.
Ilustrasi. Cara melindungi HP dari penyadapan. Sumber Foto : Pexels/Castorly Stock
Sehat29 Maret 2024, 16:15 WIB

Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini

Berikut ini beberapa bahan infused water yang cocok untuk penderita asam lambung
Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini (Sumber : Freepik/KamranAydinov)
Sehat29 Maret 2024, 16:00 WIB

6 Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes

Mengurangi atau menghindari makanan tinggi gula dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko terkena diabetes.
Ilustrasi. Kue Kering. Contoh Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes (Sumber : Freepik/ikarahma)
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)