Light Dark

Evakuasi Jasad Pria di Pantai Batu Panganten Sukabumi Memakan Waktu Hingga 4 Jam

Sukabumi | 26 Jan 2022, 22:48 WIB
Tim SAR melakukan evakuasi jasad pria di Pantai Batu Panganten Sukabumi menggunakan teknik hauling. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Setelah melakukan proses evakuasi selama 4 (empat) jam, Tim SAR gabungan akhirnya berhasil mengangkat jasad seorang pria berinisial IM warga Desa Ciparay, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi, ke daratan.

Sebelumnya jasad IM ditemukan warga terombang-ambing di Pantai Batu Panganten, Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi pada Rabu, 26 Januari 2022, sekira pukul 12.00 WIB.


Advertisement

"Melakukan evakuasi kurang lebih 4 jam lamanya, yang turun dan manjat tebing sebanyak 4 orang, tim yang lainnya membantu diatas," ujar Sarda Kecamatan Ciracap, Jajang kepada Sukabumiupdate.com.

Baca Juga :

Jajang mengungkapkan, kondisi ombak di sekitar lokasi yang cukup besar, membuat jasad IM bergeser dari titik awal penemuan ke arah timur sejauh 100 meter hingga terbawa masuk arus gelombang kedalam lubang besar di bawah tebing pantai.


Advertisement

"Pada saat ditemukan pada pukul 12.00 WIB, posisi jasad masih terlihat terombang ambing, karena kondisi ombak cukup besar, jasad bergeser ke arah timur sejauh 100 meter. Pada pukul 15.00 WIB, masuk ke lubang, sehingga kami harus turun dan panjat tebing setinggi 15 meter," katanya.

Dengan teknik hauling (memindahkan obyek atau korban dari posisinya ke titik atau tempat yang lebih tinggi dengan menggunakan tali), jasad IM akhirnya berhasil dievakuasi ke atas tebing oleh tim SAR sekitar pukul 18.00 WIB.

"Pertama turun dua orang dari Sarda dan vertical, menunggu kemunculan korban dari lubang. jasad terlihat dan berhasil diikat pada pukul 18.00 WIB, kami berdua lalu naik mengambil kantong jenazah dan turun lagi untuk memasukan jasad. Menggunakan alat berupa tali karmantel, bambu, takel, jasad korban kemudian di atas ditarik sama tim yang lainnya dan dibantu untuk menarik sama kendaraan roda 4," jelasnya.

Setelah berhasil dievakuasi, jenazah IM sekitar pukul 19.00 WIB kemudian dibawa ambulance desa Ciparay untuk disemayamkan di Rumah Duka sebelum dikebumikan. 

Adapun secara keseluruhan unsur petugas gabungan dalam proses evakuasi ini terdiri dari Muspika Kecamatan Ciracap dan Tim SAR gabungan dari Sarda Kecamatan Ciracap, Sarda Kecamatan Surade, Vertical Rescue Indonesia, Basarnas, Satpolair Palabuhanratu, Posmat TNI AL Ujunggenteng, Koramil Surade, Polsek Surade dan Rapi lokal 08 Sukabumi Selatan.

Diberitakan sebelumnya, identitas mayat laki-laki yang ditemukan mengambang di Pantai Batu Panganten, Kabupaten Sukabumi, itu pun sudah terungkap. Pria tersebut berinisial IM yang berusia sekitar 35 - 40 tahun, warga Desa Ciparay, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi. Diduga, pria ini melakukan bunuh diri dengan terjun ke pantai itu.

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Denis Febrian