Light Dark

3 Jenis Kimono Laki-laki di Jepang

Fashion | 28 Jan 2022, 10:15 WIB
Ilustrasi Jenis Kimono Laki-laki Khas Jepang | iStock

SUKABUMIUPDATE.com - Kimono merupakan baju tradisional Jepang yang tidak hanya digunakan oleh Perempuan saja baju Kimono ada juga untuk para laki-laki. 

Kimono untuk laki-laki ini biasanya diklasifikasikan berdasarkan tingkat keformalannya. 

Apa saja? Simak penjelasanya dibawah ini.


Advertisement

1. Kuromontsuki haori hakama

photoKuromontsuki haori hakama - (SukiDesu)

Kimono jenis ini merupakan jenis dengan tingkatan paling tinggi. Kimono ini memiliki tiga lapisan utama, yaitu Nagagi yang merupakan dasar baju, Haori sebagai jaketnya dan Hakama untuk bagian bawah baju.


Advertisement

Haori dari Kimono ini terbuat dari Habitai atau tenunan sutra yang paling dasar. Hakam sendiri terbuat dari sendaihira yang merupakan sutra berasal dari daerh sendai.

Baca Juga :

Kimono tingkat tinggi ini juga terdapat lambang keluarga atau sering disebut kamon. Dengan posisi dua lambang di bagian depan baju dan tiga lambang dibagian belakang baju. 

Biasanya Kimono ini akan digunakan dalam acara – acara formal seperti acara pernikahan, award, upacara kelulusan dan juga upacara kematian.

2. Iromontsuki haori hakama

photoIlustrasi Iromontsuki haori hakama - (Kokorografy)

Kimono tingkat selanjutnya adalah Iromontsuki haori hakama, Kimono ini sebenarnya sama tingkat dengan Kuromontsuki haori hakama, memiliki tiga lapisan utama, hanya saja Kimono yang ini lebih kasual. Bedanya dengan motsuki haori, hakama ada pada jenis bahannya.

Ada jenis omeshi dan tsumugi untuk nagaginya dan haori. Omeshi itu menggunakan sutra murni, sedangkan tsumugi ini merupakan kain tenun biasa.

Jika dilihat dari nama, iromontsuki lebih berwarna dibanding dengan kuromotsuki. Jumlah kamon dari Kimono ini beragam ada yang lima, tiga dan satu. Semakin sedikit jumlah kamonnya, maka semakin rendah pangkatnya.

Kimono ini biasanya akan digunakan saat upacara kelulusan atau penerimaan anak sekolah atau juga digunakan pada saat pernikahan.

3. Kinagashi

photoKinagashi - (Daddys Takoyaki.com)

Kinagashi merupakan tingkat ketiga dari Kimono laki – laki. Kinagashi lebih kasula dari Kimono kuromotsuki dan irimontsuki.

Kimono ini tanpa lapisan hakama, jadi hanya ada lapisan nagagi dan haori saja. Kimono ini juga dapat dimodifikasi agar terlihat lebih keren.

Kimono kasula ini biasanya dipakai untuk pergi ke kuil, kumpul bersama teman – teman, saat nonton kabuki dan acara non formal lainnya. 

Koleksi Video Lainnya:

Masyarakat Sunda Sukabumi Minta Arteria Dahlan Dipecat dari DPR RI

4 Pemain Timnas Paling Disorot, Ricky Kambuaya Hingga Pratama Arhan

Image

Admin SUpdate

Image

Noity