Light Dark

Cara Masak BBQ dan Suki ala Rumahan

Kuliner | 27 Jan 2022, 08:00 WIB
Ilustrasi masak BBQ dan Suki di Rumah | iStock

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu kuliner BBQ dan Suki ini cukup banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Di kota-kota besar, banyak berdiri resto-resto yang menawarkan kuliner ini dengan memanggang sendiri daging di meja yang disediakan alat panggang dan kompor untuk menghangatkan Suki.

Sekedar menikmati waktu dinner atau lunch bersama orang tercinta sangat ingin kita nikmati bersama namun ribet untuk keluar?


Advertisement

Baca Juga :

Jangan berkecil hati, kamu tetap bisa menikmati kuliner BBQ dan Suki ini dirumah. Selain aman masak dirumah akan lebih irit.

Beberapa bahan untuk BBQ dan Suki juga sudah bisa kita dapat di pasar tradisional maupun pasar modern.


Advertisement

Berikut adalah bahan dan cara pembuatan BBQ dan Suki ala rumahan dengan rasa yang tak jauh beda dengan resto!

1. Bahan dan Cara Memasak BBQ 

photoIlustrasi BBQ - (iStock)

Bahan:

- Daging Sapi Segar (Untuk Bagian daging, bisa memilih favorite anda)

- Minyak Wijen

- Kecap

- Saus tiram

- Kecap asin

- Garam

- Margarin

Cara Memasak:

Sebelum dipanggang, kamu terlebih dahulu memotong daging sapi sesuai dengan selera, atau kamu bisa membeli daging sapi yang telah dipotong khusus untuk BBQ.

Biasanya, daging-daging tersebut sudah disediakan di pasar-pasar modern atau di supermarket-supermarket.

Setelah daging dipotong, daging sapi di marinasi menggunakan minyak wijen, kecap asin dan garam agar rasa sakit lebih gurih. Marinasi selama satu jam atau lebih. Diamkan di kulkas dengan wadah yang tertutup.

Sementara itu, saus tiram dan kecap digunakan untuk bumbu ketika daging sudah siap untuk dipanggang. Kamu juga bisa menyediakan bawang putih cincang untuk bumbu tambahan jika suka.

2. Cara Membuat Kuah (kaldu ayam)

photoIlustrasi Suki - (iStock)

Bahan:

- Penyedap rasa, rasa ayam

- Kaldu jamur 

- Jahe

- Bawang putih

- Merica

- Garam 

Cara memasak:

Selanjutnya, untuk memasak kuah Suki. Disini kita akan membuat kuah dengan rasa kaldu ayam.

Cara membuatnya sangat mudah, setelah bahan terkumpul semua. Pertama, masukan jahe yang telah di geprek serta bawang putih yang juga di geprek kedalam wadah yang sudah diberi air. 

Untuk satu porsi kuah kaldu ayam, kamu bisa menggunakan satu ruas jahe agar tidak terlalu pedas dan tiga bawang putih. Rebus jahe dan bawang putih terlebih dahulu hingga mendidih.

Kemudian masukan, merica, garam, dua sendok kaldu jamur dan beri penyedap rasa ayam secukupnya biarkan semua bahan tercampur, masak di air mendidih.

Jika sudah dirasa cukup, pindahkan kuah Suki rasa kaldu ayam ke wadah yang berbeda, kemudian saring bawang putih dan jahe dari kuah.

Setelah siap, sajikan sayur-sayur dan suki-suki sesuai selera. Siapkan pula panggangan yang sudah panas dan diberi olesan margarine.

Untuk alat panggang BBQ ini, anda bisa menggunakan panggangan jenis Grill. BBQ dan Suki ala resto pun siap dinikmati bersama di rumah.

Image

Admin SUpdate

Image

Noity