Peran Penting Data Science dalam Sepakbola

Selasa 25 Januari 2022, 09:05 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Data Science memiliki peran yang sangat penting dalam industri Sepakbola saat ini. Dengan bantuan teknologi serta inovasinya, cabang olahraga dengan banyak penggemar ini diharapkan dapat berkembang ke arah yang lebih baik lagi.

Lantas, sejauh apa peran Data Science dalam olahraga Sepakbola?

Apa itu Data Science?

Data Science merupakan sebuah ilmu atau teknik yang memadukan berbagai cabang ilmu pengetahuan seperti statistik, pemrograman, matematika dan pemahaman bisnis.

Data Science dapat membantu sebuah organisasi atau perusahaan yang bergerak di bidang olahraga Sepakbola untuk mengambil sebuah keputusan.

Selain itu, Data Science dapat membantu dalam menciptakan suatu produk serta layanan yang lebih inovatif berdasarkan informasi yang disajikan dari Data Science.

Hal ini sangat berpengaruh karena setiap data yang tersaji nantinya akan mempengaruhi terhadap kemajuan suatu bisnis klub Sepakbola.

Saat ini, sejumlah organisasi maupun perusahaan mulai menyadari betapa pentingnya peranan Data Science sebagai komponen vital dalam lini bisnis mereka.

Terlepas dari apapun sektor industrinya, organisasi atau perusahaan apapun yang ingin tetap bertahan ditengah persaingan di era Big Data, perlu mengembangkan dan menerapkan Data Science secara efisien apabila tidak ingin tertinggal oleh pesaing bisnis serta pesatnya kemajuan digitalisasi yang terjadi saat ini.

Peran Data Science dalam Sepakbola

photoData Science digunakan untuk analisis dan evaluasi pertandingan. - (via interestingengineering.com)

Pemanfaatan data dalam industri Sepakbola menjadi sangat penting saat ini. Mulai dari pemilik klub, manajer, pelatih hingga pemain mengandalkan sebuah data yang nantinya akan dianalisis untuk membuat berbagai keputusan hingga mengembangkan strategi untuk memenangkan sebuah pertandingan yang akan dihadapi.

Dalam olahraga Sepakbola, persiapan menjadi salah satu faktor penentu meraih kemenangan. Sejumlah klub profesional mulai secara rutin mengumpulkan sejumlah data-data penting seperti statistik klub saat menjalani pertandingan di musim sebelumnya hingga menganalisis performa klub pesaing.

Tim ahli data di sebuah klub Sepakbola akan mengurus analisis data secara cermat hingga mengumpulkan berbagai data yang diperlukan seperti statistik tiap pemain sendiri dan lawan, hasil pertandingan (kemenangan, kekalahan atau seri), kontribusi tiap pemain dalam suatu pertandingan, kondisi cuaca saat pertandingan dan detail lainnya.

Baca Juga :

Setelah mengumpulkan data-data tersebut, manajer klub akan mendapatkan informasi mengenai keadaan pemain sendiri dan lawan.

Manajer klub akan merumuskan strategi hingga penyesuaian baik teknis maupun non teknis yang berkaitan di dalam maupun luar lapangan.

Walaupun sejumlah klub besar di Eropa sudah menggunakan Data Science dalam pengambilan keputusan, tetapi cara menggunakan dan sejauh mana data tersebut diaplikasikan sangatlah bervariasi dikarenakan menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing klub.

Manfaat Data Science dalam olahraga

1. Menganalisis pemain

Untuk memantau dan meningkatkan kinerja para pemain, manajer klub akan mengamati statistik masing-masing pemain serta melihat bagaimana mereka bermain di pertandingan sebelumnya.

Data penampilan para pemain ini sangatlah berguna bagi manajer dan pelatih untuk menentukan komposisi pemain yang akan diturunkan atau dicadangkan saat pertandingan.

Aspek penilaian yang dianalisis sangatlah banyak dan kompleks, namun pada dasarnya manajer atau pelatih akan melihat dan menganalisis hal-hal seperti porsi jam latihan tiap pemain hingga metode pelatihan, karena akan berpengaruh terhadap performa bermain tiap pemain.

2. Menganalisis kondisi tim

Para pemain memang harus fokus terhadap analisis statistik masing-masing, namun bukan berarti mereka melupakan penampilan kolektif sebagai sebuah tim.

Dengan menggunakan data, manajer tim dan pelatih dapat mengembangkan sejumlah teknik atau strategi melalui teknologi Machine Learning untuk mengidentifikasi kombinasi taktik mana yang paling tepat untuk digunakan kepada para pemain.

Selain itu, manajer dan pelatih juga dapat melihat persentase kemenangan atau kekalahan tim mereka dalam sebuah pertandingan dengan cara melihat kekuatan tim sendiri dan lawan.

Sehingga, manajer tim dapat merencanakan solusi dari berbagai kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi pada saat pertandingan melawan tim lawan.

3. Pengembangan bisnis klub

Olahraga berkaitan juga dengan bisnis, semakin banyak penggemar yang terlibat, maka perusahaan yang bergerak di bidang olahraga akan semakin mendapatkan profit atau keuntungan.

Manajemen klub akan menganalisis pola yang terjadi di media sosial, acara atau kegiatan yang melibatkan para penggemar hingga penjualan merchandise.

Hal ini bertujuan agar sebuah klub Sepakbola lebih memahami apa yang diinginkan penggemarnya, baik dari segi penjualan merchandise dan juga harapan mereka terhadap klub yang mereka cintai.

Tugas manajemen klub selanjutnya yakni harus dapat memastikan dan menyediakan hal-hal yang disukai para penggemarnya, mereka harus dipuaskan dan tertarik oleh setiap layanan atau produk yang dijual oleh klub tersebut.

4. Memantau kondisi pemain

Aktivitas olahraga tidak hanya melibatkan faktor fisik saja, tetapi juga mental dan emosional para atletnya sangat perlu diperhatikan.

Olahraga tim memiliki tantangan tersendiri yang mesti diwaspadai oleh manajemen klub Sepakbola, seperti misalnya cedera yang terjadi pada salah seorang pemain akan berdampak pada kinerja tim secara keseluruhan.

Dengan kata lain, semua pemain, pelatih hingga manajer di dalam klub mesti pandai menjaga kesehatan diri sendiri.

Ada berbagai aspek yang dijadikan acuan untuk penilaian kondisi fisik tiap pemain, seperti waktu tidur, pemberian nutrisi dan juga porsi pelatihan yang sangat berpengaruh pada keadaan ketika pemain melakoni laga di lapangan.

Dengan adanya data kondisi tiap pemain, manajemen tim dapat memperhitungkan kemungkinan pemain mengalami cedera akibat terlalu memaksakan diri dalam latihan atau bermain.

Manajemen tim akan membuat strategi untuk menghindari kelelahan para pemain selama latihan hingga hari pertandingan berlangsung.

5. Memprediksi hasil pertandingan

Dengan adanya data statistik, manajemen tim dapat memprediksi perkiraan hasil pertandingan hingga menganalisa kekuatan serta kelemahan tim sendiri dan juga lawan.

Tim manajemen biasanya membahas hal tersebut dengan seluruh pemain, guna menganalisa secara bersama tentang resiko dan tantangan yang akan dihadapi ketika bertemu klub lawan.

6. Panduan dalam merekrut pemain

Para pencari bakat (professional scouts) sebuah klub Sepakbola biasanya akan melakukan pencarian pemain berbakat dengan cara mengamati secara langsung sejumlah pemain potensial yang sekiranya dapat direkrut oleh klub.

Tetapi, ada kalanya para pencari bakat tersebut tidak selalu dapat secara langsung bertemu atau mengunjungi setiap pemain incarannya.

Sehingga, pada akhirnya para pencari bakat tersebut mengandalkan data statistik untuk mengidentifikasi pemain yang menjadi targetan klub untuk direkrut.

Ketika merekrut pemain, tentulah pihak klub tidak ingin mengalami kerugian. Sebelum memutuskan siapa pemain yang akan mereka datangkan ke klub, mereka akan mempelajari data setiap pemain yang sedang berkompetisi.

Beberapa data yang bisa dijadikan pertimbangan diantaranya seperti, riwayat kesehatan pemain pada saat ini dan prediksi kondisinya di masa depan (fisik, mental dan emosional), dinamika pemain tersebut dengan tim, keadaan bermain dalam berbagai kondisi dan lain sebagainya.

Tidak hanya merekrut, ketika sebuah klub akan melepas pemain ke klub lain pun, data pemain tersebut menjadi modal utama sebuah klub untuk menjual pemainnya kepada klub lain.

Dari hasil penjualan pemain tersebut, klub dapat juga mendatangkan atau membeli pemain sesuai dengan apa yang manajemen klub inginkan.

Tujuannya agar klub bisa mencapai target yang diinginkan manajemen serta dapat berlaga secara kompetitif dengan para pesaingnya di liga atau kompetisi yang sedang diikuti klub tersebut.

7. Membentuk tim pendukung yang solid

Pada kenyataannya, industri Sepakbola tidak hanya berbicara tentang pelatih, pemain dan manajer saja, ada pihak-pihak lain yang berada di belakang layar memiliki peran yang sangat penting dan berpengaruh terhadap kinerja sebuah klub Sepakbola.

Dengan analisis data yang tepat, sebuah klub dapat memiliki tim ahli gizi yang profesional, fisioterapi yang sesuai dan tim ahli pendukung lainnya.

Tim sepakbola yang telah menggunakan data science

Sejumlah klub besar di Liga Inggris seperti Chelsea, Manchester City, Liverpool, Manchester United dan sejumlah klub-klub besar di Eropa, telah mempekerjakan Data Scientist (ilmuwan data) berbakat untuk menunjang kebutuhan staf pelatih dan pemain, hingga strategi pemasaran klub tersebut.

Tim Nasional sepakbola Jerman contohnya, telah menggunakan Data Science sejak Piala Dunia 2010, dengan tujuan untuk lebih memahami taktik lawan dan mengidentifikasi strategi lawan pada saat bermain.

Bermodalkan data tersebut, Timnas Jerman dapat menyesuaikan gaya permainan dan mampu menjadi pemenang dalam Piala Dunia 2014 di Brasil.

Kendala penerapan data science

Ilmu yang luar biasa tentunya membutuhkan sumber daya manusia yang luar biasa juga, karena Tidak semua ilmuwan data cocok bekerja di industri Sepakbola.

Sebuah klub Sepakbola harus dapat menentukan ahli data yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tantangan lain penerapan Data Science dalam industri Sepakbola adalah data yang dibutuhkan perlu dianalisis dengan cepat dengan intensitas pertandingan yang berlangsung setiap beberapa hari dalam seminggu.

Kesimpulan

Ketika sebuah klub berkomitmen menggunakan Data Science, maka ketersediaan data yang dibutuhkan amat sangat penting tersedia secepatnya bagi klub tersebut.

Namun, data yang jumlahnya banyak dan kompleks tersebut harus juga menggunakan cara yang tepat dalam setiap pengolahannya, agar mampu dijadikan acuan manajemen klub dalam membuat suatu keputusan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life26 April 2024, 16:30 WIB

6 Kebiasaan Penting yang Melatih Diri Jadi Penyabar dalam Hidup, Ini Kuncinya

Kebiasaan tertentu akan melatih diri menjadi pribadi yang penyabar ketimbang emosian, baperan (bawa perasaan) dan marah-marah dalam kehidupan ini.
Ilustrasi. Orang Sabar. Kebiasaan penting yang melatih diri jadi penyabar. Sumber foto : Pixabay/Alena Darmel
Sukabumi26 April 2024, 16:25 WIB

Rumah Tak Layak Huni Popon Guru Honorer di Waluran Sukabumi Dibedah Bupati

Rumah tak layak huni Popon guru honorer asal Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati.
Rumah Popon guru honorer di Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati. (Sumber : Istimewa)
Bola26 April 2024, 16:00 WIB

Prediksi RANS Nusantara vs Persija Jakarta di Liga 1: H2H, Susunan Pemain, dan Skor Akhir

RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1.
RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1. (Sumber : X/@persija/rans.nusantara).
Life26 April 2024, 15:30 WIB

6 Didikan Orang Tua yang Membuat Pola Pikir Anak Semakin Dewasa, Ini Rahasianya

Anak akan memiliki pola pikir dewasa ketika orang tuanya mengajarkan beberapa hal penting sudah semenjak belia. Ini penting untuk pertumbuhan seorang anak kelak.
Ilustrasi. Didikan yang membuat pola pikir anak dewasa. Sumber Foto : Pexels/RDNE Stock Project
Musik26 April 2024, 15:15 WIB

Konser Dua Hari di Indonesia, Berikut Profil dan Daftar Lagu Milik Penyanyi IU

IU akan menggelar konser bertajuk H.E.R selama dua hari di Indonesia. Penggemar menyambut antusias kedatangan penyanyi tersebut sampai tiketnya langsung sold out dan menambah kursi.
IU yang akan menggelar konser H.E.R selama dua hari pada tanggal 27-28 April 2024 di ICE BSD, Tangerang. (Sumber Foto: Instagram /@ dlwlrma)
Sukabumi26 April 2024, 15:02 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Hadiri Podcast Perlindungan Sosial di Radio Swara Perintis

Program BPJS Ketenagakerjaan ini memberikan perlindungan sosial kepada pekerja.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi di acara podcast Radio Swara Perintis Sukabumi, Kamis, 25 April 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi26 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Mechanic dengan Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Sebagai Mechanic dengan Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic).
Life26 April 2024, 14:19 WIB

Jangan Bandingkan Anak, 9 Trik Pengasuhan Umum yang Harus Dihindari Orang Tua

Hanya karena beberapa nasihat dan taktik tertentu telah ada selama beberapa generasi, bukan berarti nasihat tersebut bagus.
Ilustrasi pengasuhan yang harus dihindari. | Foto: Pexels.com/@Sonam Prajapati
Sukabumi26 April 2024, 14:10 WIB

Kerugian Rp 928 Juta! Polisi Bongkar Investasi Bodong Berkedok Koperasi di Sukabumi

YK diduga melakukan penipuan dan penggelapan dengan modus mencari dan membujuk korban untuk menginvestasikan sejumlah uang dan sewa hunian.
YK (53 tahun) saat diperiksa di Mapolres Sukabumi Kota. YK adalah ketua koperasi Murni Berkah Jaya yang diduga melakukan penipuan dalam kasus investasi bodong. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota
Sehat26 April 2024, 14:00 WIB

Berapa Seharusnya Kadar Kolesterol Normal? Simak Kisarannya Berdasarkan Usia

Penting untuk mengetahui pedoman kadar kolesterol normal agar Anda siap hidup sehat.
Ilustrasi - Penting untuk mengetahui pedoman kadar kolesterol normal agar Anda siap hidup sehat. (Sumber : Freepik.com/@wirestock)