Light Dark

Mengenal VAR, Teknologi Pembantu Wasit Sepakbola

Gadget | 20 Jan 2022, 13:24 WIB
VAR meninjau gol. | IST

SUKABUMIUPDATE.com - VAR atau Video Assistant Referee saat ini menjadi salah satu kebutuhan dalam pertandingan sepakbola. Karena memiliki teknologi canggih, VAR kini banyak digunakan pada pertandingan di Liga-Liga Eropa serta kompetisi sepakbola tingkat dunia.

Meski VAR sering dianggap membantu menguatkan keputusan wasit, teknologi ini sering kali disebut biang keladi dari kekalahan suatu tim. Padahal penggunaan VAR akan memperjelas momen tertentu yang tidak terlihat jelas oleh Wasit.


Advertisement

Baca Juga :

Awal mula penggunaan VAR

photoVAR meninjau kemungkinan offside. - (via marca.com)


Advertisement

VAR pertama kali diuji coba di kompetisi Liga Belanda musim 2012-2013. Teknologi tersebut diuji coba selama satu musim penuh.

Meninjau hasil dari uji coba tersebut, Asosiasi Sepakbola Belanda (KNVB) mengajukan penerapan VAR di sepakbola dunia kepada Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB).

Pengajuan KNVB pun disetujui IFAB dan akan diujicobakan pada tahun 2016. Setelah melakukan berbagai ujicoba sepanjang tahun 2016 di kompetisi profesional, VAR pun mulai digunakan di Piala Konfederasi 2017 dan Piala Dunia 2018.

Dinilai sukses menjalankan perannya, VAR pun akhirnya diresmikan sebagai bagian dari peraturan sepakbola oleh IFAB tak lama setelah gelaran Piala Dunia usai.

VAR digunakan untuk meluruskan atau meyakinkan keputusan dari wasit serta membantu merekam insiden yang tidak terlihat wasit.

Penggunaan VAR

Tidak semua momen insiden di lapangan harus ditinjau menggunakan VAR. Setidaknya ada empat kategori yang memerlukan bantuan VAR diantaranya sah atau tidaknya gol, keputusan hadiah penalti, pemberian kartu kuning atau merah dan pemberian kartu merah secara langsung.

VAR sendiri tidak bekerja sendirian, dalam sistemnya teknologi ini membutuhkan pengoperasian dari manusia yang biasa disebut tim VAR.

Tim VAR berada di ruang khusus yang bertugas memeriksa setiap keputusan wasit dan momen di lapangan.

Bilamana VAR melihat tidak ada kejadian yang begitu serius dan tidak terdapat kesalahan dari keputusan wasit, maka permainan dilanjutkan dan pendalaman menggunakan VAR pun dihentikan.

Namun jika terdapat insiden serius dan keputusan wasit terdapat kesalahan, maka pertandingan akan ditunda sesaat sembari wasit memeriksa insiden menggunakan VAR.

Keuntungan menggunakan VAR

VAR merupakan produk teknologi yang kini diterapkan di dunia olahraga khususnya sepakbola. Kehadiran VAR dinilai dapat membantu wasit dalam memberikan keputusan.

VAR juga dapat menghindarkan tim dari keputusan wasit yang merugikan. Sebelum hadirnya VAR banyak tim yang merasa dirugikan gara-gara pelanggaran atau handball di kotak penalti. Namun, dengan adanya VAR momen yang lepas dari pandangan wasit dapat terekam dengan baik.

Kehadiran VAR juga dapat memperjelas posisi offside pemain meskipun hanya beberapa centimeter saja.

Dibalik manfaat yang dimiliki VAR tetap saja semua keputusan utama di dalam pertandingan adalah milik wasit. Wasit bisa saja mengabaikan penggunaan VAR bila pemain tidak mengajukan protes dan tidak mendapatkan instruksi dari hakim garis atau asisten wasit.

Image

Admin SUpdate

Image

Aidil Fichri