Jamu Alami Pereda Nyeri Menstruasi, Bisa Bikin di Rumah!

Kamis 20 Januari 2022, 09:16 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Nyeri Menstruasi biasanya akan dialami sebagian perempuan pada hari pertama hingga hari ketiga menstruasi.

Bahkan, ada yang merasakan sakit sebelum menstruasi terjadi atau disebut PMS (Premenstrual Syndrom).

Sakit yang melilit dirasakan dibagian bawah perut ini sangat menyiksa dan mengganggu aktivitas. Apalagi Nyeri Menstruasi akan dirasakan perempuan setiap bulannya.

Baca Juga :

Penyebab Nyeri Menstruasi pada umumnya terjadi karena Kontraksi otot pada rahim, ketika haid atau menstruasi berlangsung, dinding rahim akan meluruh serta berkontraksi lebih kencang untuk melepaskan sel-sel telur yang gagal atau tidak dibuahi.

Kontraksi tersebut menekan pembuluh darah yang mengelilingi bagian rahim, hal ini menyebabkan pemutusan suplai darah dan oksigen ke rahim.

Mengkonsumsi obat penahan sakit hanya akan menahan rasa sakit dalam waktu singkat atau sementara. Mengkonsumsi obat penahan nyeri juga tidak untuk mengobati.

Jika terlalu sering mengkonsumsi obat penahan sakit, tidak baik untuk kesehatan tubuh jangka panjang. Apalagi banyak obat penahan sakit yang tidak ramah di lambung dan bisa menyebabkan sakit lambung seperti kandungan ‘Asam Mefenamat’.

Solusinya adalah dengan meminum Jamu Alami. Jamu Alami memang tidak secepat obat kimia cara penyembuhanya, berkala namun pasti. 

Jamu alami sudah dipercaya secara turun temurun dan terbukti menyembuhkan serta menyehatkan tubuh kita.

Jamu Alami bisa kita dapat di toko obat atau tukang jamu. Namun, jamu pereda Nyeri Menstruasi ini ternyata bisa kita buat sendiri dirumah. Cara membuatnya sangat praktis, ekonomis dan juga tidak memakan waktu lama.

Sebelum pada cara pembuatan, mari kita kenali terlebih dahulu kandungan-kandungan yang terdapat dalam bahan-bahan yang akan kita olah menjadi Jamu Alami Pereda Nyeri Menstruasi berikut ini:

1. Kunyit

photoIlustrasi Kunyit - (Pinterest)

Selain dijadikan jamu, kunyit merupakan tanaman rempah yang digunakan untuk memasak. Tanaman kunyit banyak ditemukan di bagian Asia Tenggara, salah satunya adalah Indonesia.

Kunyit mengandung zat aktif kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin, merupakan senyawa yang berkhasiat menjadi obat alami atau disebut dengan kurkuminoid.

Kandungan yang terdapat pada kunyit sebagai berikut:

- Kurkumin: R1 = R2 = OCH3 10%

- Demetoksikurkumin: R1 = OCH3, R2 = H 1 – 5%

- Bisdemetoksikurkumin: R1 = R2 = H sisanya Minyak atsiri / Volatil oil (Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren, sabinen, borneol dan sineil)

- Lemak 1-3%,

- Karbohidrat 3%,

- Protein 30%,

- Pati 8%,

- Vitamin C 45-55%,

- Garam-garam Mineral (zat besi, fosfor, dan kalsium).

Dalam satu takar sendok teh kunyit yang sudah bubuk, mengandung sekira 200 mg kurkumin, zat aktif ini merupakan antioksidan yang mengandung efek anti radang poten.

Peradangan yang dikurangi oleh zat kurkumin ini adalah dengan menurunkan kadar histamin dan meningkatkan produksi kortison alami di kelenjar adrenal.

Cara kerja zat aktif Kurkumin adalah memblokir sitokin dan enzim yang menyebabkan inflamasi dalam tubuh kita.

Berbagai hasil uji praklinis menunjukkan bahwa kunyit dapat mengobati berbagai penyakit yang terkait dengan peradangan, seperti: kanker, aterosklerosis, penyakit kardiovaskular, dan radang sendi.

2. Asam Jawa

photoIlustrasi Asam Jawa - (Pinterest)

Jenis buah yang memiliki nama ilmiah Tamarindus indica atau asam jawa ini banyak ditemukan tumbuh di wilayah-wilayah beriklim tropis seperti Indonesia.

Asam jawa biasanya banyak dijadikan olahan makanan, seperti untuk rempah memasak, minuman-minuman kemasan rasa asam jawa dan juga permen.

Banyak kandungan nutrisi yang terkandung pada buah ini yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Kandungan nutrisi yang juga berpotensi melindungi tubuh kita dari berbagai serangan penyakit.

Dari sekira 130 gram asam jawa, memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut:

- Vitamin B1: 34% dari rekomendasi konsumsi harian

- Vitamin B2: 11% dari rekomendasi konsumsi harian

- Vitamin B3: 12% dari rekomendasi konsumsi harian

- Kalium: 22% dari rekomendasi konsumsi harian

- Magnesium: 28% dari rekomendasi konsumsi harian

- Zat besi: 19% dari rekomendasi konsumsi harian

- Kalsium: 9% dari rekomendasi konsumsi harian

- Fosfor: 14% dari rekomendasi konsumsi harian

- Serat: 6gram

- Protein: 3 gram

- Lemak: 1 gram

- Karbohidrat: 69 gram

- Kalori: 287 kkal

Karbohidrat yang terkandung pada asam jawa tersimpan dalam bentuk gula, banyaknya gula yang terkandung dalam buah asam jawa setara dengan 17 sendok teh. Selain itu, asam jawa juga diperkaya dengan kandungan lain seperti, vitamin C, vitamin K, Vitamin B5 dan asam folat.

3. Gula Aren 

photoIlustrasi Gula Aren - (Pinterest)

Gula Aren merupakan gula yang terbuat dari pohon palem atau palm tree dalam Bahasa inggris (dalam Bahasa sunda dikenal dengan pohon kawung) yang disadap getahnya lalu dimasak sampai air getah tersebut mengental.

Kemudian air getah yang sudah mengental tersebut dicetak kedalam cetakan, biasanya cetakan berbentuk bulat kecil panjang terbuat dari pohon bambu atau bentuk setengah lingkaran dari batok kelapa.

Pembuatan gula merah sejauh ini masih menggunakan cara-cara tradisional yang dibuat oleh pengrajin-pengrajin gula. Justeru pembuatan tradisional ini yang membuat kualitas dan kealamian gula satu ini masih terjaga, tidak terkontaminasi bahan kimia apapun.

Gula merah memiliki banyak kandungan yang berguna bagi kesehatan tubuh, gula merah mengandung vitamin C, Zat besi, kalsium, kalium, fosfor dan magnesium.

Gula merah juga mengandung sejumlah zat yang baik, misalnya kandungan fitonutrien seperti polifenol, flavonoid dan antosianin.

Cara membuat Jamu:

Setelah mengetahui kandungan-kandungan yang diketahui dapat menjadi obat alami bagi rasa sakit yang dirasakan tubuh manusia. Bahan-bahan diatas juga cocok untuk memelihara daya tahan tubuh kita.

Untuk membuatnya, siapkan tiga bahan dasar dan tambahan membuat Jamu Alami pereda Nyeri Menstruasi di atas, seperti kunyit, asam jawa dan gula merah serta air bersih.

- Cuci bersih dan potong melingkar kunyit sebanyak tiga ruas. (Kunyit bisa dikupas atau tidak dikupas asal pencuciannya benar-benar bersih)

- Tiga biji asam jawa

- Satu gula merah berukuran biasa.

- Air sebanyak tiga gelas ukuran besar

- Tambahkan sedikit garam

Masukan semua bahan ke dalam panci atau alat untuk merebus (Alangkah lebih baik jika merebus jamu digunakan wadah yang terbuat dari tanah liat).

Biarkan semua bahan direbus hingga air mendidih. Jika sudah mendidih dan air berubah warna menjadi coklat, kecilkan api kompor dan terus aduk sampai air menyusut menjadi satu gelas dari tiga gelas sebelumnya.

Setelah air sudah menyusut menjadi satu gelas, saring air jamu yang sudah siap ke dalam gelas, minumlah selagi hangat.

Minumlah jamu alami tersebut 3x1 hari, sampai sakit haid benar-benar sembuh. Jamu juga bisa diminum sampai haid selesai. Selain untuk meredakan sakit, jamu bisa untuk memperlancar haid.

Selain untuk obat pereda haid, jamu ini juga bisa dikonsumsi setiap hari, guna memenuhi asupan nutrisi yang banyak dibutuhkan tubuh kita dan memelihara daya tahan tubuh.

Jamu Alami ini juga bisa diminum oleh semua kalangan, baik wanita maupun pria, anak-anak maupun lansia.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Life25 April 2024, 07:00 WIB

Komunikasi Terbuka, 10 Cara Mendidik Anak Laki-laki yang Susah Diatur

Penting untuk terus beradaptasi dengan kebutuhan dan kepribadian anak laki-laki yang sulit diatur sambil tetap memegang nilai-nilai dan prinsip yang diyakini.
Ilustrasi pola asuh orang tua. | Komunikasi Terbuka: Cara Mendidik Anak Laki-laki yang Susah DiaturFoto: Freepik/@foto tekan
Food & Travel25 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Daun Mahkota Dewa untuk Mengatur Gula Darah, Ini 7 Langkahnya!

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsi rebusan atau ramuan herbal apa pun, termasuk rebusan daun mahkota dewa.
Cara Membuat Rebusan Daun Mahkota Dewa. Foto: Instagram/@kebuhbuahkita
Science25 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 25 April 2024, Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Cuaca Sukabumi dan sekitarnya pada 25 April 2024, berpotensi pagi cerah dan hujan siang hari di semua wilayah Jawa Barat.
Ilustrasi - Cuaca Sukabumi dan sekitarnya pada 25 April 2024, berpotensi pagi cerah dan hujan siang hari di semua wilayah Jawa Barat. (Sumber : Freepik)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 00:04 WIB

Ditutup 25 April, DPC Demokrat Jaring 7 Bacalon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi

Tercatat sebanayk tujuh orang yang menyatakan akan maju menjadi calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan maju melalui partai demokrat
Bambang Topan Firmasyah bakal calon wakil Bupati di Pilkada 2024 saat mendaftar di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 23:27 WIB

Dinas PU Perbaiki Titik Kerusakan di Jalan Ahmad Yani Palabuhanratu Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan jalan rusak yang sempat menjadi keluhan warga di ruas Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu.
Petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi perbaiki jalan Jendral Ahmad Yani di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 22:55 WIB

Pelaksanaan PSAJ Tingkat SMP di Kabupaten Sukabumi Diikuti 25.576 Siswa

Pelaksanaan ujian sekolah kini berganti nama menjadi Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ).
Siswa SMPN 1 Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi saat mengikuti Penilauan Sumatif Akhir Jenjang atau PSAJ | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 April 2024, 22:03 WIB

Pengelola Parkir Pasar Surade Sukabumi Anggap Keluhan Pengunjung Bahan Evaluasi

Pengelola parkir di Pasar Surade Kabupaten Sukabumi memberikan tanggapan terkait keluhan pengunjung soal tata cara memungut uang parkir yang dilakukan oleh petugas.
Kondisi pasar Surade Sukabumi pada, Rabu (24/4/2025) | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi24 April 2024, 21:13 WIB

Pria Paruh Baya Tewas Tergantung di Bojonggenteng Sukabumi Tinggalkan Secarik Surat

Belum diketahui motif bunuh diri yang dilakukan pria paruh baya di Bojonggenteng Sukabumi tersebut.
(Foto Ilustrasi) Pria paruh baya ditemukan tewas tergantung di Bojonggenteng Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 21:00 WIB

Kaya Vitamin C, Inilah 10 Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan

Jeruk Bali mengandung vitamin C yang tinggi, yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu penyembuhan luka, dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan. Foto: Instagram/@uyah_oyok