Dari Mulai Istana hingga Jalan Tol, Ini Daftar Infrastruktur di Ibu Kota Negara Baru

Rabu 19 Januari 2022, 15:23 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah tengah mempersiapkan infrastruktur seiring rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) baru ke Kalimantan Timur yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang.

Dilansir dari tempo.co, berdasarkan data yang dikumpulkan Bisnis, Ibu Kota Negara yang akan diberi nama Nusantara ini proses pembangunannya akan dilakukan secara bertahap.

Dimulai dari kawasan pusat pemerintahan yang terdiri dari Istana Presiden, kantor pusat pemerintahan dan permukiman bagi pegawai negeri, TNI/Polri, serta masyarakat umum.

Baca Juga :

Walhi: UU Ibu Kota Negara Baru Mirip Omnibus Law, Tak Ada Konsultasi Publik

Istana Negara

photo(Ilustrasi) Istana negara di Ibu Kota Negara baru. - (Dok. Kementerian PUPR)</span

Istana Negara menjadi infrastruktur utama yang wajib ada saat dimulai pemindahan ibu kota. 

Kompleks Istana Negara akan dibangun di lahan seluas 100 hektar, dari sebelumnya 55 hektar dan nantinya mengakomodasi ruang terbuka hijau (RTH) berupa botanical garden yang lebih besar.

Pemukiman Warga

photo(Ilustrasi) Pemukiman warga di Ibu Kota Negara baru. - (Dok. Kementerian PUPR)</span

Untuk permukiman warga, Kementerian PUPR akan membangun 100 ribu rumah. Adapun, total target populasi yang akan tinggal di IKN Nusantara diperkirakan mencapai 320.000 orang hingga 2045, sehingga membutuhkan sekitar 82.353 unit hingga 100 ribu unit rumah.

Bendungan

photoPembangunan Bendungan Sepaku Semoi di wilayah Ibu Kota Negara baru. - (Dok. Kementerian PUPR)</span

Kementerian PUPR juga tengah membangun bendungan yang diperlukan untuk menunjang pasokan air bersih bagi masyarakat di IKN Nusantara. 

Bendungan yang saat ini tengah dibangun adalah Bendungan Sepaku Semoi yang berada di Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Bendungan ini telah dimulai konstruksinya sejak Juli 2020, direncanakan akan rampung pada 2023 mendatang dengan daya tampung 10 juta meter kubik untuk dapat memenuhi kebutuhan air baku dengan kapasitas 2.500 liter/detik dan mampu mereduksi banjir sebesar 55 persen. 

Kementerian PUPR juga membangun infrastruktur pendukung penunjang pasokan air bersih, berupa intake dan jaringan pipa transmisi sungai.

Akses Jalan

photoPembangunan jalan tol di wilayah Ibu Kota Negara baru. - (Dok. Kementerian PUPR)</span

Kementerian PUPR juga tengah mengerjakan proyek Jalan Lingkar Sepaku demi memperlancar akses dari Balikpapan ke Pusat IKN. 

Jalan lingkar ini dirancang sepanjang 5,77 kilometer, terbagi menjadi tiga segmen, yakni segmen satu 1,75 kilometer, segmen dua 1,85 kilometer, dan segmen tiga 2,17 kilometer.

Selain itu, Kementerian PUPR akan membangun jalan tol yang menghubungkan Bandara SAMS Sepinggan dengan IKN di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dengan panjang sekitar 47 km.

Baca Juga :

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN), Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan, ada beberapa infrastruktur yang siap dibangun pada IKN Nusantara. 

Saat ini, pihaknya terus mempertajam, memperbaiki dan terus melakukan persiapan perencanaan.

Adapun perencanaan yang tengah disiapkan yakni pembangunan drainase dan air baku di sekeliling daerah IKN untuk konektivitas jalur logistik serta jalan penghubung dari bandara SAMS Sepinggan di Balikpapan menuju kawasan IKN.

Baca Juga :

"Terkait perencanaan Sumber daya air, perencanaan drainase dan air baku, Dirjen Bina Marga menyiapkan konektivitas jalan logistik dan akses menuju IKN. Kami menyiapkan jalan tol dari Airport Balikpapan sepinggan ke IKN," kata Danis, Selasa (18/1/2022).

Selain itu, pemerintah tengah menyiapkan penataan kawasan istana negara, kantor kementerian hingga perumahan yang siap ditempati para ASN yang akan dipindahkan ke ibu kota negara baru tersebut.

Sumber: tempo.co

Koleksi Video Lainnya:

Ridwan Kamil: Siap Lahir Batin Maju Pilpres 2024

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Nasional25 April 2024, 09:03 WIB

Menunggu Prabowo-Gibran Dilantik, Begini Aturan Pasang Foto Presiden dan Wapres

Foto presiden dan wakil presiden sering dipasang di berbagai instansi dan kantor.
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. | Foto: Instagram/Prabowo Subianto
Sehat25 April 2024, 09:00 WIB

Mengenal 6 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bisa untuk Menyembuhkan Luka!

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan yang jarang orang ketahui.
Ilustrasi - Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan yang jarang orang ketahui.(Sumber : Freepik.com/@Racool_studio)
Keuangan25 April 2024, 08:21 WIB

Daftar Lengkap 537 Pinjol Ilegal Terbaru yang Diblokir Satgas Pasti

Satgas Pasti mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati.
(Foto Ilustrasi) Satgas Pasti memblokir 537 entitas pinjol ilegal di sejumlah situs dan aplikasi. | Foto: Istimewa
Sehat25 April 2024, 08:00 WIB

10 Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat

Berikut Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat. Yuk Coba Konsumsi!
Ilustrasi. Minyak Zaitun. Rekomendasi Asupan Sehat untuk Mengatasi Serangan Asam Urat (Sumber : pixabay.com/@SteveBuissinne)
Life25 April 2024, 07:00 WIB

Komunikasi Terbuka, 10 Cara Mendidik Anak Laki-laki yang Susah Diatur

Penting untuk terus beradaptasi dengan kebutuhan dan kepribadian anak laki-laki yang sulit diatur sambil tetap memegang nilai-nilai dan prinsip yang diyakini.
Ilustrasi pola asuh orang tua. | Komunikasi Terbuka: Cara Mendidik Anak Laki-laki yang Susah DiaturFoto: Freepik/@foto tekan
Food & Travel25 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Daun Mahkota Dewa untuk Mengatur Gula Darah, Ini 7 Langkahnya!

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsi rebusan atau ramuan herbal apa pun, termasuk rebusan daun mahkota dewa.
Cara Membuat Rebusan Daun Mahkota Dewa. Foto: Instagram/@kebuhbuahkita
Science25 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 25 April 2024, Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Cuaca Sukabumi dan sekitarnya pada 25 April 2024, berpotensi pagi cerah dan hujan siang hari di semua wilayah Jawa Barat.
Ilustrasi - Cuaca Sukabumi dan sekitarnya pada 25 April 2024, berpotensi pagi cerah dan hujan siang hari di semua wilayah Jawa Barat. (Sumber : Freepik)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 00:04 WIB

Ditutup 25 April, DPC Demokrat Jaring 7 Bacalon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi

Tercatat sebanayk tujuh orang yang menyatakan akan maju menjadi calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan maju melalui partai demokrat
Bambang Topan Firmasyah bakal calon wakil Bupati di Pilkada 2024 saat mendaftar di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 23:27 WIB

Dinas PU Perbaiki Titik Kerusakan di Jalan Ahmad Yani Palabuhanratu Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan jalan rusak yang sempat menjadi keluhan warga di ruas Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu.
Petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi perbaiki jalan Jendral Ahmad Yani di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi