Light Dark

Puntung Rokok dan Rusaknya Jogging Track Lapang Merdeka Sukabumi

Sukabumi | 19 Jan 2022, 12:01 WIB
Kerusakan di lintasan lari di Lapang Merdeka Kota Sukabumi, Rabu, 19 Januari 2022. | Sukabumiupdate.com/CRP 2

SUKABUMIUPDATE.com - Belum satu bulan sejak diresmikan pada 8 Januari 2022, sudah ditemukan kerusakan pada lintasan lari di Lapang Merdeka Kota Sukabumi. Ada dua titik yang terkelupas di jogging track berwarna merah yang dilapis karet khusus jenis Ethylene Prophylene Diene Monomer atau EPDM.

Foto kerusakan tersebut sebelumnya tersebar di media sosial, dilengkapi foto lain yang memperlihatkan beberapa pria asyik merokok di lintasan merah Lapang Merdeka yang memiliki panjang 322 meter dan lebar 5,9 meter. Meski begitu, belum ada penjelasan apakah kerusakan itu berkaitan dengan puntung rokok atau bukan.

Reporter sukabumiupdate.com pada Rabu, 19 Januari 2022, mendapati kerusakan ini terjadi di lintasan merah dekat taman bermain anak-anak. Ada dua titik kerusakan dengan ukuran berbeda (sejengkal tangan orang dewasa dan lebih kecil) di lintasan yang dilapisi karet sintetis dengan keunggulan tahan terhadap cuaca, tetapi harus dijaga dari rokok dan minuman bersoda.


Advertisement

photoKerusakan di lintasan lari di Lapang Merdeka Kota Sukabumi, Rabu, 19 Januari 2022. - (Sukabumiupdate.com/CRP 2)


Advertisement
photoSejumlah puntung rokok di kawasan Lapang Merdeka Kota Sukabumi, Rabu, 19 Januari 2022. - (Sukabumiupdate.com/CRP 2)

Tak hanya kerusakan, pada Rabu ini juga ditemukan banyak puntung rokok di sekitar Lapang Merdeka yang baru direvitalisasi. Padahal, salah satu hal yang dilarang ketika berada di kawasan Lapang Merdeka dan Alun-alun Kota Sukabumi adalah merokok. Lapang Merdeka sendiri dibuka pukul 06.00-11.00 dan 15.00-18.00 WIB.

Baca Juga :

Namun sayang, meski aturan tersebut telah disosialisasikan dan dipasang di sekitar lapang, masih ada beberapa pengunjung yang merokok. Salah satunya wanita berusia 53 tahun yang tak ingin disebutkan namanya. "Lupa saya (sambil tertawa kecil)," kata dia saat ditanya alasan merokok di Lapang Merdeka.

photoBeberapa pria yang kedapatan merokok di lintasan lari Lapang Merdeka Kota Sukabumi. - (Istimewa)

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bidang Tata Bangunan, Jasa Konstruksi, dan Pertamanan, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang atau DPUTR Kota Sukabumi Mohammad Sahid mengatakan sudah menerima laporan kerusakan itu dan akan memperbaikinya. "Ya benar. Akan segera diperbaiki di masa pemeliharaan," kata dia.

Diketahui, ada dua lintasan yang mengitari Lapang Merdeka dengan dua warna berbeda: biru dan merah. Kedua lintasan ini memiliki fungsi berbeda. Lintasan biru merupakan inline track dan sepeda dengann panjang 272 meter dan 4,90 meter. Sementara lintasan merah adalah jogging track sepanjang 322 meter dan lebar 5,9 meter.

REPORTER: CRP 2

Koleksi Video Lainnya:

Ridwan Kamil: Siap Lahir Batin Maju Pilpres 2024

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur