Light Dark

Fungsi Fasilitas Baru di Lapang Merdeka Kota Sukabumi, Kapan Selesai Ya?

Sukabumi | 17 Dec 2021, 20:41 WIB
Penampakan lanskap baru Lapang Merdeka Kota Sukabumi. | Dokumentasi Pimpinan Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Pembangunan Alun-alun Terintegrasi Kota Sukabumi yang terdiri dari dua titik lokasi yaitu Lapang Merdeka dan Alun-alun, diharapkan akan menambah ruang terbuka hijau. Progres pun terlihat dari lanskap baru lapang ikonik tersebut, salah satunya beragram warna yang mengelilinginya.

Kepala Bidang Tata Bangunan, Jasa Konstruksi, dan Pertamanan, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang atau DPUTR Kota Sukabumi, Mohammad Sahid mengatakan, ada dua lintasan yang mengitari Lapang Merdeka dengan dua warna berbeda: biru dan merah. Kedua lintasan ini memiliki fungsi berbeda.


Advertisement

"Itu yang warna biru inline track sepanjang 272 meter dan 4,90 meter, khususnya untuk sepatu roda, namun bisa juga untuk pemakaian sepeda," kata Sahid kepada sukabumiupdate.com, Jumat, 17 Desember 2021.

photoPemasangan karet khusus jenis Ethylene Prophylene Diene Monomer atau EPDM di lintasan Lapang Merdeka Kota Sukabumi. - (Dokumentasi Pimpinan Kota Sukabumi)


Advertisement

Baca Juga :

Sementara lintasan merah, kata Sahid, adalah jogging track sepanjang 322 meter dan lebar 5,9 meter, yang dilapis karet khusus jenis Ethylene Prophylene Diene Monomer atau EPDM. Ini merupakan karet sintetis yang mempunyai keunggulan tahan terhadap cuaca. Karet EPDM mempunyai sifat tahan lama, tetapi harus dijaga dari rokok dan minuman bersoda.

"Jadi yang warna merah itu nanti bisa digunakan untuk jogging. Tapi, hanya bisa diinjak sepatu olahraga, selain itu tidak boleh, nanti merusak," ujarnya.

photoMotif catur yang menghiasi rumput Lapang Merdeka Kota Sukabumi. - (Dokumentasi Pimpinan Kota Sukabumi)

Gambar unik juga menghiasi rumput Lapang Merdeka. Sebab, ada motif catur yang dibuat di sisi utara dan selatan lapang. Sahid menyebut, motif tersebut merupakan desain Provinsi Jawa Barat. "Nanti caturnya kita cat lagi warna putih tulang. Rumputnya pun bisa diinjak dan masih dipakai upacara," katanya.

Saat ini, Lapang Merdeka juga telah dilengkapi alat penyiraman air otomatis yang disebut springkler. Sehingga tidak perlu lagi penyiraman manual ketika diperlukan. Di sebelah timur lapang, ada pula gerbang yang dibentuk seperti sepasang tanaman pakis. Pembangunan kawasan ini ditargetkan rampung akhir Desember 2021.

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur