Stafsus Wapres dan Guru Besar UGM Bicara Aplikasi Desa dari Cijengkol Sukabumi

Sabtu 15 Januari 2022, 11:17 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Inovasi berbasis teknologi informasi yang digagas warga Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi Jawa Barat dilirik Guntur Subagya Mahardika, Asisten Staf Khusus Wakil Presiden RI  dan Prof Gunawan Sumodiningrat, guru besar dari UGM (Universitas Gajah Mada) yang datang bersama Ketua Umum KIM (Kelompok Informasi Masyarakat Nusantara), Yus Hartiman pada Jumat kemarin (14/1/2022).

KIM Cijengkol Bersatu atau KIM Ciberes Desa Cijengkol Caringin melambung dan mulai dikenal setelah meraih penghargaan KIM Terbaik Jabar untuk kategori Lifetime Achievement  pada Festival Literasi Digital Jawa Barat (VIRAL) di Saung Angklung Udjo, Kota Bandung beberapa waktu lalu. Banyak pihak yang memberikan atensi luar biasa kepada KIM binaan Diskominfosan Kabupaten Sukabumi tersebut.

Kunjungan itu bertujuan untuk melihat langsung tatakelola digitalisasi yang membuat Desa Cijengkol didaulat sebagai desa digital sekaligus melakukan uji coba inovasi pelayanan publik berbasis layanan publik berbasis digital karya KIM Cibers yang dinamai SIPELEM atau Sistem Layanan Elektronik Mandiri.

"Desa Cijengkol adalah desa yang sudah menerapkan layanan administrasi desa dan layanan publik  berbasis digital, tentu akan memudahkan masyarakat, langkah ini jelas adalah langkah strategis yang patut kita apresiasi" terang Guntur Subagya dikutip dari portal resmi Pemkab Sukabumi.

photo(Screenshot) Website resmi DEDiGO, aplikasi desa digital made in Sukabumi. - (dedigo.id)</span

Menurutnya inovasi yang dilakukan KIM Cibers relevan dengan strategi pemerintah tahun 2020- 2024 yakni pengembangan teknologi digital sampai ke tingkat desa. Sehingga terbangun ekosistem digital yang mensejahterakan rakyat,  karena itu pengembangan desa digital harus dioptimalkan

"Insha Allah saya akan merekomendasikan capaian KIM Cibers kepada bapak Wakil Presiden, mudah mudahan beliau bisa berkunjung" tambahnya

Hal senada juga disampaikan Guru Besar fakultas Ekonomi UGM Prof. Gunawan Sumodiningrat, dalam pandangannya konsep Desa Digital Global (Dedigo) yang digagas oleh KIM Cibers adalah wujud membangun bangsa dari desa.

"Aplikasi Dedigo ini sangat praktis dan mudah digunakan. Aplikasi ini bisa menyempurnakan sistem informasi desa juga mendorong perekonomian masyarakat, tentu kita mengapresiasi aplikasi ini yang jelas bermanfaat  dan memiliki semangat bersama membangun bangsa" ungkapnya.

Baca Juga :

Kunjungan asisten Staf khusus Wakil Presiden, Guru Besar UGM dan Ketua Umum KIM Nusantara jelas merupakan kunjungan strategis dan prospektif untuk pengembangan Kelompok Informasi Masyarakat di Kab. Sukabumi.

Seperti yang disampaikan Sekretaris Dinas Kominfo Kab. Sukabumi, Herdy Somantri. Ia mengatakan bahwa KIM merupakan Mitra strategis dalam menjalankan amanat keterbukaan informasi publik serta berperan aktif dalam mewujudkan peradaban revolusi teknologi 4.0.

Sebagai informasi, KIM Cibers diketahui tengah menggarap program digitalisasi desa dengan target seribu desa bekerja sama dengan user di Yogyakarta. Rencananya KIM Cibers juga akan dijadikan lokus Benchmarking sekaligus percontohan KIM tingkat Provinsi bahkan Nasional.

"Hasil kunjungan tadi, Alhamdulillah KIM Cibers rencananya akan diikutsertakan pada perlombaan KIM Tingkat nasional, selain itu ada agenda tanggal 3 s/d 4 Februari FK KIM se-Jawa Barat akan melakukan kunjungan kerja digitalisasi desa Ke KIM Cibers Desa Cijengkol, jelas ini satu kebanggaan bagi kami, mudah mudahan didukung semua pihak serta mendorong terwujudnya Kabupaten Sukabumi yang lebih baik" kata kades Cijengkol, Haer Suhermansyah.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life24 April 2024, 10:31 WIB

6 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Membentak, Salah Satunya Tetapkan Aturan yang Jelas

Ketika sering membentak atau mengomel anak, maka mereka akan menangkap bahwa hal itu boleh dilakukan kepada orang lain. Ada cara lain untuk mendisiplinkan anak tanpa perlu membentak.
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa membentak. | Foto: Pexels.com/@Monstera Production
Sehat24 April 2024, 10:30 WIB

10 Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Penderita Diabetes atau Gula Darah Tinggi Yuk Simak, Ini Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah!
Ilustrasi - Konsumsi Buah-buahan Sehat. Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah (Sumber : Freepik/ASphotofamily)
Sukabumi24 April 2024, 10:22 WIB

Isi BBM Lalu Muncul Api, Kronologi Kebakaran Angkot di SPBU Gedongpanjang Sukabumi

Mulyana kemudian melihat api dan tak lama api langsung menyambar celananya.
Tangkapan layar video kebakaran angkot di SPBU Jalan RH Didi Sukardi, Kelurahan Gedongpanjang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Rabu (24/4/2024). | Foto: Istimewa/Facebook Dedi Suhendra
Life24 April 2024, 10:00 WIB

Menghindari Kontak Mata! 5 Bahasa Tubuh Orang yang Sedang Berbohong

Bahasa tubuh orang yang berbohong terkadang akan menghindari tatapan Mata.
Ilustrasi. Bahasa Tubuh Orang yang Berbohong, Menghindari Tatapan Mata. Sumber: Freepik/freepik.
Sukabumi24 April 2024, 09:50 WIB

Awas Longsor Susulan, Dampak Tebing 20 Meter Runtuh di Curug Cimarinjung Sukabumi

Sementara ini objek wisata Curug Cimarinjung tetap dibuka seperti biasa.
Lokasi longsor di Curug Cimarinjung di Kampung Ciporeang RT 04/08 Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, ketika diperiksa pada Selasa, 23 April 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi24 April 2024, 09:30 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syaratnya!

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syarat Daftarnya!
Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syaratnya! (Sumber : Istimewa)
Life24 April 2024, 09:21 WIB

Tetapkan Aturan yang Sehat, Ini 7 Tips untuk Mendisiplinkan Anak yang Depresi

Depresi tidak hanya menimpa orang dewasa, namun anak-anak juga dapat mengalaminya karena beberapa hal. Namun, terapkan hal-hal berikut untuk mendisiplinkan anak yang depresi.
Ilustrasi mendisiplinkan anak. | Foto: Freepik
Sukabumi24 April 2024, 09:10 WIB

LW Doa Bangsa dan BJB Syariah Palabuhanratu Sukabumi Kolaborasi Majukan Perwakafan

Pertemuan ini membahas rencana nota kesepahaman dan kerja sama.
Pertemuan LW Doa Bangsa dan BJB Syariah di kantor BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 09:00 WIB

Buah Nangka: Nutrisi dan 6 Manfaat Kesehatannya yang Luar Biasa

Meskipun tidak terlalu tinggi kalori atau protein, nangka menawarkan serat, antioksidan, dan beberapa vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan.
Ilustrasi - Meskipun tidak terlalu tinggi kalori atau protein, nangka menawarkan serat, antioksidan, dan beberapa vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan.  (Sumber : Freepik)
Sehat24 April 2024, 08:00 WIB

7 Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Sebelum menggunakan herbal untuk menurunkan kadar kolesterol, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Daun Sambiloto. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh (Sumber : Instagram/@dyahksi)