Light Dark

10 Fakta Isle Of Man TT, Lintasan Balap motor Terekstrim di Dunia

Arena | 16 Jan 2022, 07:00 WIB
(Ilustrasi) Ajang balap motor Isle of Man TT | Shutterstock.com

SUKABUMIUPDATE.com - Isle of Man TT adalah sebuah nama ajang balap motor bergengsi yang digelar di pulau Man yang berada di lautan Irlandia, Inggris Raya. Balapan ini digelar setiap tahun pada musim panas dan berlangsung selama dua minggu.

Agar lebih mengenal tentang lintasan dan juga ajang balap motor terganas ini, berikut kami telah rangkum 10 fakta menarik tentang Isle of Man TT.

1. Menjadi ajang balap motor paling berbahaya di dunia


Advertisement
photo(Ilustrasi) Peserta balap motor Isle of Man TT - (via carolenash.com)

Isle Of Man TT (Tourist Trophy) menyajikan trek balapan sepeda motor paling berbahaya di dunia.

Hal itu dikarenakan arena atau sirkuit balapan motor ini menggunakan jalan raya yang ditutup sementara sebagai arena balapnya.


Advertisement

Walaupun ditutup sementara, tetap saja jalan raya bukanlah tempat yang tepat untuk dijadikan sebagai arena balap motor, karena jalan raya memiliki lebar jalan yang sempit, tidak seperti sirkuit yang memang telah dibuat khusus untuk balapan.

Properti yang ada di tepi jalan seperti trotoar, tiang listrik, bahkan pohon menjadi ancaman serius bagi para peserta balap motor terekstrim ini, mengingat properti itu tidak mungkin dibongkar hanya untuk keperluan balap selama dua minggu.

2. Digelar di sebuah pulau bernama Man

Isle Of Man sendiri merupakan nama pulau tempat digelarnya acara balap motor terganas ini.

Pulau tersebut merupakan sebuah negara kecil yang terletak lautan Irlandia milik Inggris Raya.

Setiap musim panas, negara kecil ini berubah menjadi nirwana motor, para pembalap jalanan dari seluruh dunia berkumpul untuk menguji diri mereka menaklukan Isle of Man TT yang terkenal mengerikan ini.

Baca Juga :

3. Telah menjamu banyak legenda balap

Sejak pertama kali diadakan pada 1907, Isle of Man TT telah menjamu para pembalap paling hebat di dunia seperti Giacomo Agostini yang merupakan legenda balap MotoGP yang telah memenangi 122 seri Grand Prix dan meraih 15 gelar juara dunia di semua kelas.

Kemudian Mike Hailwood yaitu seorang legenda balap MotoGP 500cc. Dan ada nama Joey Dunlop yang menjadi pembalap paling sukses di ajang balap motor tertua ini.

4. Para pembalap memiliki profesi harian lain

photo(Ilustrasi) Isle of Man TT - (petrolicious.com)

Mereka yang menjadi peserta balapan di Isle of Man tidak semua berkarir sebagai pembalap, namun ada juga yang memiliki profesi lain di luar balap motor.

Seperti Cameron Donald yang sehari-hari bekerja sebagai tukang ledeng dan ada juga Guy Martin yang berprofesi sebagai mekanik truk.

Mereka mengikuti ajang balap ini hanya untuk bersenang-senang dan sebagai bentuk kecintaan mereka terhadap dunia balap motor serta sebagai bagian dari tradisi yang sudah ada sejak lama.

5. Persiapan yang dibutuhkan tidak main-main

Para pembalap Isle of Man TT melakukan persiapan hingga bertahun-tahun lamanya untuk mengenal karakteristik lintasan.

Tidak hanya menghafal tikungan, tapi para peserta juga harus hafal kontur jalan yang akan mereka lalui saat balapan nanti.

Mereka melakukan persiapan dengan menonton video onboard yang disediakan pihak penyelenggara atau merasakan langsung lintasan dengan cara berkeliling menggunakan sepeda.

6. Panjang lintasan mencapai 60 kilometer

Total panjang lintasan balap motor ini yaitu sepanjang 60 km, yang terdiri dari perkotaan kecil, jalan pedesaan, serta perbukitan hingga melahirkan ratusan tikungan yang akan menjadi tantangan bagi para peserta.

Mengingat lintasan yang digunakan merupakan jalan raya biasa, aspal yang digunakan pun tidak seperti aspal yang ada di sirkuit yang dibuat untuk tujuan balap.

Jalanan di pulau ini dirawat oleh departemen pekerjaan umum setempat yang menghasilkan permukaan aspal yang kasar, tidak rata dan memiliki tipe permukaan aspal yang bermacam-macam.

7. Tradisi dan budaya jadi alasan kuat belapan ini tetap digelar

photo(Ilustrasi) Pembalap Isle of Man TT - (Pexels pixabay)

Mengingat ajang balapan ini sangat berbahaya, tetapi mengapa tetap diselenggarakan? Hal itu karena ajang balap motor ini telah menjadi tradisi dan budaya yang sudah melekat sejak lama.

Setiap tahun, puluhan ribu penggemar balap motor datang ke pulau ini untuk menyaksikan secara langsung acara ini.

Sehingga hal itu secara tidak langsung telah menghidupkan roda perekonomian negara kecil ini. Karena banyak toko-toko, restoran, hingga penginapan yang dibuka khusus untuk acara balap motor ini.

Menurut survey dari pemerintah Isle Of Man, setiap tahun ada ratusan ratusan juta poundsterling yang dihabiskan oleh para penonton serta tim balap di pulau itu.

8. Pernah menjadi bagian dari kejuaraan MotoGP

Dulu ajang balap ini merupakan bagian dari FIM kejuaraan dunia Grand Prix sepeda motor atau yang sekarang lebih dikenal dengan nama MotoGP.

Namun sejak 1970, Isle of Man TT diboikot oleh pabrikan sepeda motor dan federasi olahraga sepeda motor nasional karena alasan keamanan.

Sehingga pada 1976 balapan ini kehilangan status sebagai salah satu sirkuit kejuaraan dunia yang bergengsi.

9. Telah memakan banyak korban jiwa

Sejak pertama diadakan pada tahun 1907, ajang balap motor ini telah menelan banyak korban jiwa, baik dari pembalap hingga penonton yang hadir langsung di lintasan.

Total hingga kini, ada 251 nyawa melayang yang tercatat di ajang balap motor paling berbahaya ini.

Jumlah itu tidak semua dari peserta balap, tapi 105 orang merupakan penonton dan 146 orang lainnya merupakan pembalap.

10. Valentino Rossi pernah diundang untuk ikut serta

Legenda balap MotoGP asal Italia yakni Valentino Rossi pernah ditawari untuk ikut partisipasi dalam ajang balapan Isle of Man TT.

Tetapi dia menolak dengan alasan balapan itu terlalu berbahaya dan berisiko. Namun, Rossi pernah hadir sebagai tamu pada 2009 dan waktu itu ia hanya ikut parade mengelilingi lintasan Snaefell Mountain Course.

Image

Admin SUpdate

Image

Dede Imran