5 Model Bisnis di Dunia Metaverse yang Wajib Anda Ketahui

Rabu 12 Januari 2022, 16:34 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Metaverse yang digadang-gadang akan menjadi awal hadirnya Internet 3.0 atau web3, belakangan ini memang membuat banyak orang takjub dengan kegunaan serta inovasi yang dibawanya.

Meski konsep dunia virtual telah ada sejak lama, akan tetapi kehadiran metaverse menyajikan perbedaan serta keunikan tersendiri dikarenakan model bisnis di dalamnya akan berkaitan erat dengan teknologi blockchain serta aset kripto. 

Metaverse yang terdesentralisasi diyakini dapat menjaga keamanan data pribadi setiap penggunanya, metaverse diprediksi akan bertransformasi menjadi ladang bisnis dan iklan yang sangat besar. 

Selain itu, sistem jual beli di metaverse kemungkinan besar akan menggunakan sistem token non-fungible atau NFT sebagai bukti kepemilikan aset seseorang di dunia virtual tersebut.

NFT memungkinkan Anda akan memiliki aset digital secara aman, aset NFT tidak dapat diklaim oleh orang lain secara sembarangan, karena apa yang Anda beli di metaverse asetnya akan menjadi benar-benar milik Anda.

Selain itu, aset digital yang Anda miliki akan juga memiliki nilai di dalam dunia nyata. Aset tersebut dapat diperjualbelikan ataupun disimpan sebagai koleksi digital.

Raksasa keuangan di Amerika Serikat, Morgan Stanley pernah memprediksi bahwa NFT berpotensi memiliki nilai seharga 56 miliar USD pada tahun 2030 mendatang. 

Baca Juga :

Metaverse: Sisi Baik dan Buruk Ekonomi Dunia Virtual di Masa Depan

Model Bisnis di Dunia Virtual

Pembahasan model bisnis di dunia Metaverse mulai banyak diperbincangkan banyak orang. Sejumlah model bisnis tersebut diketahui ternyata sudah mulai dilakukan, namun masih banyak lagi opsi dan inovasi model bisnis yang bisa dipilih untuk melakukan bisnis di metaverse ini. 

Dilansir dari coinyuppie.com, berikut pilihan model bisnis di metaverse yang menarik untuk dicoba. 

1. Produk Virtual Sensasi Nyata 

photo(Ilustrasi) Banyak avatar sedang berkumpul dalam sebuah event review produk di metaverse - (Dok. Second Life)</span

Dengan kehadiran teknologi virtual reality yang bakal diterapkan di dunia metaverse, para pengusaha atau perusahaan dapat membuat sebuah produk yang lebih mendekatkan kepada pelanggan karena dapat dirasakan secara mendetail meskipun konsepnya virtual atau buatan. 

Tidak seperti online shop atau marketplace yang biasa menggunakan teknik review untuk mempromosikan produk. Dengan adanya teknologi ini, konsumen dapat merasakan pengalaman menggunakan produk yang Anda buat secara langsung sehingga dapat meningkatkan angka penjualan ketika mereka benar-benar menyukai produk Anda tersebut. 

2. Augmented Reality Mendekatkan Konsumen Meski Jarak Memisahkan

photo(Ilustrasi) Salah satu Avatar yang akan mencoba atau menguji coba sebuah produk di dunia metaverse - (Dok. Second Life)</span

Teknologi ini memungkinkan konsumen dapat melakukan interaksi secara virtual dengan produk yang akan mereka beli.

Augmented Reality akan memberi kesempatan bagi konsumen untuk mencoba berbagai produk yang ingin mereka beli seperti pakaian terbaru atau bahkan melakukan test drive kendaraan yang bisa dilakukan dari rumah saja.

Ini bisa menjadi inovasi dan langkah baru untuk berbisnis dengan banyak orang melalui konsep terasa dekat meski jarak memisahkan. 

3. Branding Virtual

photo(Ilustrasi) Iklan billboard di dunia metaverse - (Dok. Second Life)</span

Pengguna metaverse pastinya akan mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Maka dari itu, ada peluang besar bagi Anda untuk membangun sebuah merek atau branding yang dapat dijual kepada para pengguna yang ada di metaverse itu. 

Salah satu contoh strategi branding yang dapat dilakukan di metaverse adalah membuat iklan-iklan billboard virtual ataupun merchandise virtual.

Konsepnya sama seperti strategi promosi dan pemasaran di dunia nyata, namun kali ini Anda melakukannya di dunia virtual.

Produk Anda harus dapat menyentuh langsung ke banyak pengguna di metaverse, bangunlah brand yang baik dan sajikan pengalaman produk terbaik bagi para konsumen Anda sehingga mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. 

4. Popup Iklan Seperti di Dunia Game

photo(Ilustrasi) Iklan hologram atau popup yang muncul di dunia metaverse - (via raconteur.net)</span

Jika Anda pernah memainkan game bertema MMORPG, pastinya familiar dengan sebuah iklan yang muncul seperti hologram di depan avatar yang sedang Anda mainkan. 

Nah, hal tersebut akan menjadi nyata dan dapat Anda rasakan langsung ketika metaverse ada. 

Namun tenang saja, segala sesuatunya pasti sudah diperhitungkan, baik dari segi aspek tampilan dan kenyamanan pengguna agar tidak mengganggu aktivitas mereka ketika berada di metaverse. 

Iklan-iklan tersebut dapat muncul di tempat-tempat tertentu atau event tertentu saja, tinggal Anda sebagai produsen melakukan riset dan strategi, dimana atau kapan iklan popup tersebut akan muncul untuk mereka. 

5. Berbagi Pengetahuan Sambil Mendapatkan Keuntungan Melalui Kelas Virtual

photo(Ilustrasi) Suasana sekolah di dunia metaverse - (Facebook)</span

Dengan semakin berkembangnya teknologi digital yang akan terjadi guna mendukung eksistensi metaverse, banyak juga keahlian yang harus dimiliki oleh setiap orang guna menunjang dinamika kemajuan teknologi tersebut.

Tak semua orang memiliki akses terhadap teknologi tersebut, bahkan masih banyak orang yang belum mengerti tentang konsep metaverse itu sendiri sehingga dikhawatirkan di masa depan nanti mereka akan tertinggal atau tergerus oleh orang-orang yang telah memiliki kemampuan lebih jauh daripada mereka.

Model bisnis ini bahkan bisa Anda mulai sejak sekarang, dimana Anda menyediakan layanan edukasi berbayar untuk menunjang skill yang harus dibutuhkan orang ketika metaverse benar-benar akan tercipta.

Selain mendapatkan keuntungan secara bisnis, Anda pun akan menjadi orang yang bermanfaat karena turut serta berbagi pengetahuan dan skill kepada mereka yang memang ingin ikut beradaptasi dalam perkembangan digital yang sangat pesat ini. 

Ketika metaverse sudah ada dan masih banyak orang yang membutuhkan skill guna menunjang kehidupan mereka di alam baru tersebut, Anda bisa membuat sekolah bahkan universitas virtual di sana.

Bukan hal yang tidak mungkin, semua sekolah atau lembaga pendidikan akan beralih ke dunia virtual dan metaverse merupakan pilihan yang sangat masuk akal bagi mereka.

Pada akhirnya, semua hal yang ada di dunia nyata kemungkinan besar akan bermigrasi ke dunia baru yang disebut metaverse itu. Jadilah seorang inovator bisnis yang mengawali segalanya di dunia baru tersebut, sebelum terlambat atau didahului oleh orang lain.

Koleksi Video Lainnya:

Sukses, Lesti Kejora dan Rizky Billar Geluti Bisnis Ini!

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer