Soal Pencabulan Berawal dari Medsos, DPRD Sukabumi Minta Edukasi Masif

Rabu 12 Januari 2022, 10:32 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Leni Liawati menyoroti kasus dugaan pencabulan yang dilakukan pria berinisial DO terhadap perempuan 14 tahun di kawasan wisata Curug Pareang, Kecamatan Jampangtengah. Kasus ini bermula dari perkenalan korban dengan pelaku di Facebook.

Leni mengatakan perlu edukasi masif tentang bijak menggunakan media sosial di kalangan anak-anak dan remaja. Ia pun akan berkomunikasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi untuk memasukkan edukasi ini menjadi muatan lokal di sekolah-sekolah. "Perlu edukasi masif tentang medsos," kata Leni, Rabu, 12 Januari 2022.

Selain itu, Leni yang juga Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga DPD PKS Kabupaten Sukabumi mengungkapkan akan berkoordinasi dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana atau DPPKB terkait program Bina Keluarga Remaja atau BKR yang tersebar di Kabupaten Sukabumi.

"Nanti lewat penyuluhan atau pelatihan, salah satu edukasinya terkait bijak menggunakan media sosial," ucap dia. Terakit proses hukum, Leni meminta pelaku dugaan pencabulan di Jampangtengah ini dijerat sesuai peraturan yang berlaku agar ada efek jera. "Peran keluarga sebetulnya yang paling penting untuk menjaga ketahanan keluarga."

photoPelaku pencabulan terhadap anak perempuan. Aksi bejat pelaku dilakukan di di kawasan objek wisata Curug Pareang, Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi. - (Istimewa)

Baca Juga :

Sebelumnya diberitakan, DO (20 tahun) meringkuk di balik sel tahanan karena diduga mencabuli seorang anak perempuan di kawasan wisata Curug Pareang, Kecamatan Jampangtengah, Ahad, 9 Januari 2022. Korbannya merupakan warga Kecamatan Cikembar berusia 14 tahun berstatus pelajar. Sedangkan DO asal Jampangtengah.

Kepala Kepolisian Sektor Jampangtengah Ajun Komisaris Polisi Usep Nurdin mengatakan kasus ini berawal dari perkenalan korban dengan pelaku di media sosial Facebook. Pelaku saat itu menggunakan akun dengan nama Faisal Setiawan. Untuk melancarkan aksinya, DO memakai foto palsu dalam akun Facebook tersebut.

"Pada 14 Desember 2021, saat itu ada akun facebook atas nama Faisal Setiawan meminta pertemanan ke akun facebook milik korban. Selanjutnya mereka berdua berkenalan serta berkomunikasi melalui Facebook dan sampai bertukar Nomor WhatsApp," kata Usep. 

Kepada korban, pelaku dengan nama akun Faisal Setiawan mengaku pelajar kelas III SMP dan sudah memiliki mobil sendiri serta bertempat tinggal di daerah Jampangtengah. Kendati belum pernah bertemu secara langsung, korban menjalin hubungan dengan pemilik akun Faisal Setiawan ini pada 18 Desember 2021.

Pada Sabtu, 8 Januari 2022 sekira pukul 20.00 WIB, pelaku mengajak korban untuk main ke Curug Pareang. Dalam komunikasi lewat Facebook, korban akan dijemput Ahad besoknya pukul 08.00 WIB di depan gerbang perumahan di Kecamatan Cikembar dan saat itu korban menyetujuinya namun meminta di jemput sekira pukul 09.00 WIB.

Akun Facebook Faisal Setiawan menyampaikan korban akan dijemput oleh sopirnya menggunakan sepeda motor sebab mobilnya sedang diperbaiki di bengkel. Besoknya, pria itu pun bertemu dengan korban di depan gerbang perumahan yang dijanjikan.

Korban hanya tahu yang menjemputnya adalah sopir dari pemilik akun Faisal Setiawan. Padahal pria itu adalah pelaku DO yang selama ini menjalankan aksi dengan memakai akun Facebook Faisal Setiawan. Mereka berdua akhirnya berangkat dengan sepeda motor Honda Revo bernomor polisi F 6014 QW ke tempat wisata Curug Pareang.

"Mereka berdua sampai di tempat parkiran sepeda motor yang berada di tempat wisata tersebut. Setelah itu korban dibawa jalan kaki oleh pelaku ke lokasi Curug Pareang, namun sesampainya di lokasi ternyata banyak anak-anak sehingga pelaku mengajak korban ke arah atas Curug Pareang," ujar Usep.

Di tengah perjalanan, keduanya berhenti sejenak di sebuah bangku pengunjung, kemudian korban bertanya kepada pelaku di mana keberadaan Faisal Setiawan. Pelaku pun menjawab Faisal Setiawan menunggu di atas Curug Pareang. Setelah itu pelaku mengajak korban untuk jalan kaki kembali menemui Faisal Setiawan.

Tetapi, setibanya di tempat yang sepi, pelaku langsung memeluk tubuh korban dari arah belakang. Pelaku lantas melakukan perbuatan bejatnya. Korban tak diam dan terus melawan hingga melepaskan diri. Tetapi setiap kali lepas, pelaku kembali lagi menangkap hingga menampar korban.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life26 April 2024, 00:02 WIB

5 Manfaat Penerapan Pola Asuh Paralel Pada Anak, Salah Satunya Kurangi Masalah Emosional

Keberhasilan mengasuh anak secara paralel tergantung pada menjaga interaksi dengan mantan Anda seminimal mungkin. Karena pola asuh ini memiliki manfaat baik untuk anak.
Ilustrasi manfaat penerapan pola asuh paralel / Sumber Foto: Freepik/@tirachardz
Sukabumi25 April 2024, 23:51 WIB

Tersambar Petir, Rumah di Nagrak Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Nagrak Sukabumi. Peristiwa terjadi setelah petir menyambar rumah tersebut.
Kondisi kebakaran rumah di Nagrak Sukabumi akibat tersambar petir. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi25 April 2024, 23:23 WIB

Hujan Deras, Banjir Rendam Jalan Raya dan Belasan Rumah di Cidahu Sukabumi

Dipicu hujan deras, jalan raya dan belasan rumah terendam banjir di Pasirdoton Cidahu Sukabumi.
Kondisi jalan raya Cidahu Sukabumi dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 22:18 WIB

PKB Gagas Poros Ketiga, Siapkan Figur untuk Lawan Asjap dan Iyos di Pilkada Sukabumi

ewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Sukabumi saat ini tengah membuka penjaringan bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan diusung dalam Pilkada 2024.
Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) | Foto : Ist
Bola25 April 2024, 21:54 WIB

Kalahkan Borneo FC 2-1, Persib Segel Runner-up Regular Series Liga 1 2023/2024

Dua gol Persib Bandung atas Borneo FC disumbangkan David da Silva menit 20 dan Ciro Alves (70).
Para pemain Persib merayakan gol ke gawang Borneo FC pada pertandingan pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, (Sumber : PERSIB.co.id)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 21:39 WIB

Tiga Partai Bahas Draft Koalisi, Sepakat Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Sukabumi 2024, sejumlah elit partai tengah sibuk melakukan komunikasi dengan sesama partai untuk membangun koalisi.
Pertemuan Golkar PPP dan Gerindra membahas draf koalisi | Foto : Ist
Sukabumi25 April 2024, 21:19 WIB

Pemkot Sukabumi Beri Hadiah Untuk SKPD dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak

SKPD yang menerima hadiah dianggap telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendorong pendaftaran pekerja rentan ke dalam program jaminan sosial.
Pemberian hadiah bagi SKPD Pemkot Sukabumi dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak. (Sumber : Istimewa)
Bola25 April 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Klik Disini!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Life25 April 2024, 20:59 WIB

Dapat Tekanan dari Orang Tua Lain, Berikut 4 Penyebab Penerapan Pola Asuh Helikopter

Pola asuh helikopter berarti orang tua sepenuhnya menyetir anak mereka agar menjadi orang yang mereka inginkan karena beberapa penyebab.
Ilustrasi penyebab penerapan pola asuh helikopter. | Sumber Foto: Freepik/@freepik
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 20:29 WIB

DPRD Sukabumi Apresiasi Capaian Otonomi Daerah dan Harapan untuk Kemajuan Lebih Mandiri

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan, menyampaikan apresiasi atas capaian otonomi daerah yang mandiri
Usep Wawan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi