Light Dark

Pengurus Baru Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Sukabumi Dituntut Harus Adaptif

Sukabumi | 08 Jan 2022, 19:08 WIB
Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kota Sukabumi Achmad Fahmi, dan Ketua Kwarcab Pramuka Kota Sukabumi yang baru dilantik, Dida Sembada. | Dokpim Setda Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Kota Sukabumi masa bakti 2021-2026 resmi dilantik pada Sabtu (8/1/2022) di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi.

Hadir dalam momen tersebut Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil, Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kota Sukabumi Achmad Fahmi, dan Ketua Kwarcab Pramuka Kota Sukabumi Dida Sembada.

Selain itu hadir unsur forkopimda lainnya yakni Wakil Wali Kota Sukabumi Andri S Hamami, Ketua DPRD Kota Sukabumi Kamal Suherman, Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin, dan Dandim 0607 Kota Sukabumi Letkol Inf Dedy Arianto.


Advertisement

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Kwarda Jabar yang memfasilitasi kegiatan hingga lancarnya pelantikan kwarcab Kota Sukabumi," ujar Ketua Mabicab Pramuka Kota Sukabumi sekaligus Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi dalam rilisnya.

Baca Juga :


Advertisement

Ia bersyukur pengurus kwarcab 2021-2026 memadukan dan kolaborasikan unsur pendidikan, kalangan muda dan senior tergabung dalam kepengurusan.

Fahmi mengatakan, gerakan Pramuka khususnya di kota harus melakukan dua hal di tengah situasi saat ini. Pertama harus adaptif dengan situasi sejalan dengan pesan Mabida jabar yakni perencanaan, pelaksanaan dan percepatan pembangunan yang didesain sebelum terjadinya pandemi harus diubah setelah memasuki masa tersebut.

"Intinya amanah dari kamabida harus beradaptasi dengan kondisi," kata Fahmi.

Sehingga ia menitipkan pengurus kwarcab untuk beradaptasi dengan situasi saat ini dan lakukan perencanaan program yang berbeda dalam kerangka pemulihan pasca pandemi.

Kedua, lanjut Fahmi, bagaimana gerakan Pramuka responsif dengan situasi yang ada.

"Apalagi permasalahan kemanusiaan akan senantiasa ada di tengah warga dan bukan hanya kesehatan ekonomi, pendidikan dan berbagai dinamika gerakan Pramuka harus responsif dengan situasi dan keadaan yang ada," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Kwartir Daerah Pramuka Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil meminta kepada pengurus baru dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwartir Cabang Pramuka Kota Sukabumi dalam menjalankan tugas untuk selalu menebar benih-benih kebaikan kepada masyarakat. 

"Seragam yang kita gunakan dan kacu yang kita pakai mengandung tanggung jawab yang luar biasa. Ketika mereka melihat kita menggunakannya, maka kebaikanlah yang harus mereka ingat," katanya.

photoKetua Kwartir Daerah Pramuka Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil. - (Dok. Humas Jabar)

Atalia juga meminta kepada pengurus baru kwarcab untuk selalu menjunjung tinggi integritas dan bertindak profesional.

"Bagaimana kita menjadi orang yang berintegritas dan profesional, sikap yang mau melayani itu menjadi satu hal yang perlu kita tampilkan dimanapun kita berada," ujarnya.

Atalia juga menekankan pentingnya berbagai kegiatan sosial yang diharapkan bisa menginspirasi masyarakat untuk melakukan kebaikan. Semakin banyak orang yang ikut tergerak, maka akan semakin banyak masyarakat yang menerima manfaatnya.

Dalam menyusun program, Atalia mengingatkan agar Pramuka harus beradaptasi dengan lingkungan dan kondisi yang ada saat ini.

Apalagi di tengah kondisi pandemi COVID-19 seperti saat ini membutuhkan inovasi agar setiap program  bisa terlaksana dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Pramuka harus adaptif, seperti ketika menjadi relawan COVID-19 membuka dapur umum untuk pasien yang isolasi mandiri," ucapnya.  

Pengurus baru juga perlu berpikir keras agar generasi muda mau ikut serta dalam kegiatan pramuka. Perlu ada terobosan kegiatan yang bisa menarik dan membuat milenial merasa bangga dengan pramuka.

"Yang paling berat adalah bagaimana menarik minat generasi muda untuk mau bergabung dengan pramuka, dan membuat mereka merasa bangga," jelas Atalia.

Selain itu, Atalia menekankan pula pentingnya kolaborasi dengan berbagai pihak. Dengan kolaborasi, seberat apapun tantangannya akan mampu terselesaikan dengan baik dan cepat.

"Saya yakin dengan kepemimpinan Pramuka Kota Sukabumi menuju arah yang lebih baik lagi. Saya titip, mari kita jadikan kebermanfaatan Pramuka Kwarcab Sukabumi menjadi yang terbaik se-Indonesia," pungkasnya.

SUMBER: WEBSITE KDP SETDA KOTA SUKABUMI/ RILIS HUMAS JABAR

Image

Admin SUpdate

Image

Denis Febrian