8 Alasan Anda Harus Mulai Investasi di Tahun 2022 Ini!

Sabtu 08 Januari 2022, 13:59 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sudahkah Anda memulai Investasi di tahun 2022 ini? Banyak sekali manfaat yang didapat ketika Anda berinvestasi, karena uang yang telah Anda gunakan untuk membeli aset investasi akan bekerja untuk Anda lalu menghasilkan keuntungan suatu hari nanti.

Mengutip dari suara.com, cara melakukan investasi dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. 

photo(Ilustrasi) Salah satu manfaat investasi sejak dini adalah sebagai persiapan dana pensiun di hari tua yang sangat penting untuk Anda. - (shutterstock.com)</span

Anda bisa investasi dengan membeli tanah, emas atau bisa dengan membeli saham, reksadana dan lain-lain.

Lalu, apa gunanya melakukan investasi? Berikut ini sejumlah manfaat yang harus Anda ketahui tentang pentingnya berinvestasi sejak dini.

Baca Juga :

1. Melanjutkan studi

Dengan berinvestasi sejak dini, Anda dapat memiliki kesempatan untuk meneruskan kuliah atau mengenyam pendidikan di tingkat selanjutnya. 

Anda juga bisa lebih bebas menentukan tujuan kampus untuk melanjutkan studi karena sudah mempersiapkan sebelumnya dengan instrumen investasi.

2. Naik haji

Untuk Anda yang ingin sekali menunaikan ibadah haji atau memberangkatkan orang tua, opsi berinvestasi merupakan langkah yang bagus. 

Hal ini dikarenakan kesempatan untuk menunaikan ibadah haji semakin besar ketika Anda berinvestasi.

3. Modal pernikahan

Manfaat lain dari investasi adalah bisa digunakan sebagai modal nikah. Jika Anda sekarang berusia 25 tahun dan berencana menikah pada usia 30 tahun, maka jangka waktu investasi yang Anda butuhkan adalah lima tahun. 

Berbeda dengan menabung, investasi akan membuat modal atau aset yang Anda punyai berpotensi memiliki nilai yang naik tinggi dibandingkan menabung.

Jika Anda menabung selama lima tahun atau 60 bulan, lalu menabung rutin per bulannya sebanyak Rp 500 ribu, maka lima tahun mendatang uang yang Anda dapatkan adalah Rp 30 juta.

Namun, jika Anda berinvestasi atau memiliki aset, dengan strategi konsisten berinvestasi setiap bulannya dengan angka yang sama yakni Rp 500 ribu per bulan, maka bisa jadi saat lima tahun ke depan, uang yang Anda miliki bisa bertambah menjadi Rp 35 juta bahkan lebih.

4. Membeli rumah

Setelah menikah, pasti Anda akan mulai memikirkan modal untuk membeli sebuah rumah untuk tempat tinggal bersama pasangan Anda. 

Disamping Anda melakukan investasi untuk pernikahan tadi, Anda juga bisa berbarengan untuk memulai investasi dengan tujuan membeli rumah untuk istri dan anak Anda di kemudian hari.

5. Passive income

Passive income atau pendapatan pasif merupakan sebuah pendapatan yang dapat Anda dapatkan ‘tanpa harus melakukan apa-apa’. 

Selain melakukan investasi sambil bekerja keras, di waktu yang sama Anda bisa memantau uang hasil kerja keras yang Anda gunakan untuk investasi. 

6. Financial freedom

Investasi memungkinkan seseorang dapat menikmati financial freedom atau kebebasan finansial. 

Pada posisi ini, Anda sudah bisa membeli sesuatu tanpa mengkhawatirkan kerugian atau apakah harga barang dan kebutuhan yang Anda akan beli itu mahal atau murah. 

7. Dana pendidikan masa depan anak

Manfaat lain jika Anda melakukan investasi adalah bisa merencanakan dan mengalokasikan dana tersebut untuk anak-anak Anda kelak. 

Pendidikan anak akan lebih terjamin tanpa harus bingung memikirkan kebutuhan dananya didapat dari mana.

8. Dana pensiun

Terakhir, tujuan yang dapat direncanakan ketika melakukan investasi adalah kebutuhan saat masa pensiun yang tak perlu lagi Anda cemaskan. 

Hasil investasi bertahun-tahun yang Anda lakukan dapat ‘dipetik buahnya’ pada saat Anda sudah pensiun atau menikmati hari tua dengan santai.

Baca Juga :

Ingin Investasi Kripto? Yuk Kenalan dulu Sama Blockchain

Sedikit tambahan, diluar daripada daftar di atas, ada juga jenis investasi yang penting khususnya buat Anda yang masih muda. 

Namanya adalah investasi leher ke atas. Maksudnya, selalu memupuk otak yang Anda miliki dengan berbagai ilmu pengetahuan dan skill yang akan membuat pola pikir Anda menjadi lebih baik dan bisa melewati berbagai lika-liku kehidupan.

Sumber: suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Life20 April 2024, 10:00 WIB

7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Hidup Tenang, Yuk Lakukan!

Ingin Hidup Tenang dan Bahagia? Yuk Lakukan Kebiasaan Sederhana Ini!
Ilustrasi. Kebiasaan Sederhana yang Membuat Hidup Tenang (Sumber : Pexels/Kaushal Moradiya)
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kencana ungu dapat membantu menurunkan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang memiliki masalah kontrol gula (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi