Light Dark

5 Alasan Kenapa Anda Harus Investasi Aset NFT

Inspirasi | 31 Dec 2021, 15:37 WIB
(Ilustrasi) NFT | freepik.com

SUKABUMIUPDATE.com - NFT atau Non-Fungible Token adalah sebuah aset digital baru yang memiliki keunggulan dibandingkan aset-aset digital lainnya. Salah satu kelebihannya yakni memiliki nilainya yang stabil, bahkan cenderung naik. 

Melansir dari suara.com, NFT merupakan sebuah aset digital, baik itu berupa barang berwujud maupun tidak berwujud yang memiliki keunikan. 


Advertisement

NFT juga populer di bidang gaming dan collectibles dengan total sekitar 196 juta USD dibelanjakan untuk NFT.

photo(Ilustrasi) NFT menjadi aset digital populer saat ini dikarenakan mampu membantu para seniman menjual berbagai karyanya dalam bentuk aset investasi digital. - (IST)

Bagi Anda yang belum familiar dengan NFT, berikut beberapa alasan mengapa NFT menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin memulai berinvestasi dalam bentuk digital.

Baca Juga :


Advertisement

1. Memiliki tingkat kredibilitas yang tinggi 

Blockchain bekerja menggunakan token dengan ragam kode yang unik, kode tersebut memiliki perbedaan satu sama lain. 

Maka dari itu, satu kode NFT sudah tervalidasi dan dapat dipercaya. Teknologi ini dapat membantu Anda terhindar dari adanya pemalsuan, karena setiap NFT sudah melewati proses verifikasi.

2. Aset karya seni yang terproteksi

Meskipun merupakan barang digital, NFT biasanya digunakan untuk koleksi barang-barang antik dan seni. 

Validitas dan kode kepemilikan dari barang-barang seni tersebut menjadi mudah teridentifikasi apabila memiliki kode unik.

NFT akan membantu para seniman memproteksi karyanya, menghindari pencurian, disalahgunakan, apalagi dipalsukan. 

NFT yang tersimpan di dalam karya asli juga bisa dengan mudah membantu para seniman atau calon pembeli untuk membedakan mana barang yang asli dan palsu.

3. NFT Bersifat Tetap

Token berbasis Blockchain memiliki sifat yang tetap dan akan selalu meninggalkan jejak digital. Token ini tidak bisa diubah, dihapus dan diganti. 

NFT juga bersifat unik, hanya ada di satu barang dan akan menjadi identitas dari barang tersebut. NFT adalah cara untuk membuktikan keaslian suatu karya atau benda.

4. Kelangkaan NFT akan Menaikkan Nilai

Pengembang NFT dapat menghasilkan token dalam jumlah yang terbatas. Namun, untuk menjaga keunikannya, masing-masing token dilengkapi dengan nomor identitas dan hanya pihak pengembanglah yang memiliki keputusan untuk memperbanyak jumlahnya. 

Token dengan jumlah yang langka atau rendah biasanya akan meningkatkan nilai dan juga harga jual.

5. NFT Memiliki Kontrak Pintar

Kontrak pintar adalah memori yang bisa mengeksekusi perintah ketika syarat tertentu terpenuhi. Aturan ini sangat menguntungkan bagi yang memiliki aset NFT, karena di masa depan NFT bisa mendatangkan keuntungan apabila kondisi-kondisi tertentu benar-benar terjadi. 

Kontrak pintar akan membantu investor atau pemilik menjaga keamanan etik pengguna NFT.

Sumber: suara.com

Image

Admin SUpdate

Image

Muhammad Gumilang

Redaktur