Light Dark

4 Hal Tentang Bisnis NFT yang Perlu Anda Ketahui

Inspirasi | 14 Dec 2021, 17:17 WIB
(Ilustrasi) NFT. | via banklesstimes.com

SUKABUMIUPDATE.com - Jual beli aset digital menjadi salah satu tren yang sangat diminati banyak orang di era digital saat ini. Salah satunya adalah NFT, aset digital satu ini sedang ramai diperbincangkan oleh orang-orang yang berkecimpung di dunia Cryptocurrency atau mata uang kripto.

Menelisik perkembangan digital dan teknologi yang terjadi saat ini, sangat memberikan dampak yang cukup signifikan bagi kehidupan manusia, seperti gaya hidup, pendidikan bahkan juga bisnis.


Advertisement

photo(Ilustrasi) Bisnis investasi NFT. - (via blog.distributel.ca)

Berbicara tentang perkembangan bisnis di era digital sekarang, NFT bertransformasi menjadi sebuah aset digital yang bahkan bisa mewakili objek yang ada di dunia nyata. 

Namun sebelum Anda terjun berbisnis NFT, silahkan disimak terlebih dahulu empat hal yang perlu Anda ketahui tentang NFT ini.

1. Pengertian NFT

NFT merupakan singkatan dari Non-Fungible Token, sebuah aset digital yang dapat mewakili berbagai barang berharga namun dengan acuan nilai yang tak dapat ditukarkan atau diganti.


Advertisement

Setiap transaksi NFT tercatat datanya di dalam blockchain. Data tersebut berisi tentang siapa pemiliknya, berapa harganya serta histori kepemilikan aset NFT tersebut.

Beberapa contoh aset dari NFT antara lain berupa item game, seni musik hingga video pendek. 

Dilansir dari Forbes, sistem jual beli NFT menggunakan cara online. Biasanya, mata uang yang digunakan untuk transaksi NFT adalah mata uang digital seperti kripto. 

2. Fungsi NFT

Terdapat beberapa fungsi yang perlu Anda ketahui tentang NFT ini, antara lain:

Bisnis Properti

Bisnis properti merupakan salah satu sektor usaha yang ikut mendapatkan manfaat dari kehadiran NFT ini. Penjelasan mudahnya, setiap transaksi dari aset properti tersebut akan tercatat di dalam blockchain.

Dengan adanya teknologi Blockchain, dapat meminimalisir terjadinya kejahatan keuangan seperti penipuan, pencurian ataupun kehilangan aset.

Industri Seni

NFT memiliki karakteristik dan keunikan yang cocok untuk mengevaluasi sektor seni digital. Dengan NFT, aset  karya seni yang akan dipublikasikan secara online akan memiliki keamanan.

Tidak ada batasan penyebaran konten namun tetap dapat diklaim dengan mudah. NFT membantu para seniman untuk terhindar dari potensi kerugian akibat penipuan atau pencurian konten.

Hiburan dan Hobi 

Berbagai avatar unik dari CryptoKitties, Axie Infinity dan CryptoPunks adalah sejumlah contoh fungsi NFT yang sudah digunakan dalam sektor hobi dan hiburan.

3. Kelebihan dan Manfaat NFT

Banyak orang yang mulai sadar akan manfaat dari NFT sehingga membuat mereka berupaya memiliki aset-aset NFT yang tersedia.

Keberadaan NFT membantu para content creator maupun artis untuk melakukan promosi serta penjualan berbagai karya atau konten digital mereka di internet.

Jika mereka berhasil menjual asetnya, para content creator atau artis tersebut tetap akan mendapatkan komisi jika aset berpindah dan terjual kepemilikannya.

4. Kekurangan dan Risiko NFT

Salah satu yang masih menjadi pertimbangan untuk lebih berhati-hati dalam berbisnis NFT adalah terkait potensi peretasan akun atau kepemilikan aset yang Anda miliki.

Internet merupakan sebuah dunia yang sangat berbahaya bagi segala jenis transaksi keuangan meskipun NFT ini telah memiliki konsep perlindungan berbasis teknologi Blockchain.

Image

Admin SUpdate

Image

Muhammad Gumilang

Redaktur