Serem Abis! Di Balik 5 Film Horor Ini Ada Fakta Menyeramkan

Jumat 24 Desember 2021, 22:05 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Film horor sebenarnya tak melulu menceritakan soal makhluk-makhluk halus yang tidak kasat mata.

Seringkali dalam menentukan alur ceritanya melibatkan tema-tema kematian, supranatural dan penyakit mental sekaligus berpusat pada sebuah tokoh antagonis yang menjadi peran utama.

Baca Juga :

Film bergenre horor ini sangat banyak sekali penggemarnya, meskipun selalu membuat jantung penontonya berdegup lebih kencang, saking seramnya bisa berteriak histeris.

Dalam sejarah Film Horor, film pertama kali dirilis adalah Le Manoir du Diable, pada tahun 1896 asal Prancis yang disutradarai oleh Georges Melies. Dikenal di Amerika Serikat sebagai The Haunted Castle dan di Inggris The House of the Devil.

Bercerita tentang iblis yang mengganggu pengunjung kastil, film bisu ini hanya berdurasi dua setengah menit.

Dalam perkembangan film menyeramkan tersebut, salah satu perusahaan film Universal kemudian memproduksi film-film horor terkenal seperti Dracula (1931), Frankenstein (1931), The Mummy (1932) dan banyak lagi.

Sebagian besar dari penonton berhenti ketakutan, karena berpikir bahwa hal-hal seram yang terjadi dan dimunculkan dalam film horor tersebut hanya terjadi di dalam film saja.

Dibalik ceritanya yang menakutkan dan terkadang menjadi mimpi buruk, hingga membuat penonton trauma.

Ternyata terdapat beberapa fakta menyeramkan di belakang layar pembuatan film-film horor. Fakta-fakta yang terjadi ini bahkan lebih menyeramkan dari alur cerita filmnya sendiri.

Inilah di balik layar dari lima film horor yang mempunyai fakta menyeramkan!

1. Poltergeist

photoFilm Poltergeist - (Pinterest)

Film horor supranatural ini dirilis pada 22 Mei 2015 oleh 21th Century dan Metro-Goldwyn-Mayer di Amerika Serikat.

‘Poltergeist’ merupakan sebuah film remake dari film tahun 1982, dengan cerita sama dan nama yang sama.

Film ini berkisah tentang keluarga Eric Bowen yang harus menyelamatkan putri bungsunya dari dekapan makhluk halus.

Saat Eric bersama keluarganya pindah ke rumah yang baru, disitulah teror hal mistis berawal, dari suara aneh, kotak yang berisi badut misterius dan lampu yang padam berkali-kali.

Teror mistis yang terjadi dari film ‘Poltergeist’ tak hanya berlaku kepada penonton, tetapi terjadi juga kepada para pemain dan kru yang ikut proses film tersebut.

Sebuah kabar menyebutkan bahwa Kejadian aneh yang dialami mereka adalah sebuah kutukan.

Beberapa pemain mengalami kesialan setelah bermain ‘Poltergeist’, dua dari tiga yang memerankan anak Eric Bowen meninggal dunia.

Mereka berdua meninggal akibat operasi yang dikira hanya menderita flu. Sedangkan yang lainnya dicekik hingga tewas oleh mantan kekasihnya.

2. The Exorcist

photoFilm The Exorcist - (Pinterest)

‘The Exorcist’ diadaptasi dari sebuah novel pada tahun 1971 karya William Peter Blatty dengan judul yang sama. Film ini dirilis 26 Desember 1973 yang disutradarai William Friedkin.

Film bergenre horor supranatural ‘The Exorcist’ banyak menjulang penghargaan seperti memperoleh sepuluh nominasi di ajang Piala Oscar, sekaligus menjadi film horor paling sukses sepanjang masa dan meraup keuntungan sebesar $402.500.000 di seluruh dunia.

Meski sudah 48 tahun berlalu, ‘The Exorcist’ masih belum berhenti menakutkan saat ditonton ulang bagi penikmatnya.

Film ini menceritakan seorang gadis 12 tahun bernama Regan MacNeil yang mengalami hal-hal aneh, berupa melayang di tempat tidur, buang air kecil di lantai dan memiliki kekuatan tubuh yang melampaui dari usianya.

Karena hal tersebut, Chris ibu dari Regan membawanya ke rumah sakit. Namun, dokter menyarankan untuk menyembuhkan Regan harus melalui pengusiran setan oleh Pendeta.

Fakta menyeramkan dari film ini adalah ketika pemeran utama ‘The Exorcist ‘ tertabrak motor dan mengalami cedera berat.

Selain itu, akting Linda Blair yang memerankan Regan mendapat ancaman pembunuhan karena dianggap film tersebut dimuliakan oleh setan.

Pihak Warner Bros menyiapkan pengawal demi melindunginya dari ancaman tersebut, selama enam bulan kedepan. Bahkan banyak juga kru yang menolak tawaran untuk gabung di film tersebut, karena takut akan kutukan.

3. The Omen

photoFilm The Omen - (Pinterest)

Film Horor ‘The Omen’ yang disutradarai Richard Donner ini rilis di inggris 06 Juni 1976 dan Amerika Serikat 25 Juni 1976. Biaya dari pembuatan film ini hanya $2,8 juta dan meraup keuntungan hampir $61 juta. 

Keuntungan dari ‘The Omen’ harus dibayar dengan kejadian misterius yang dialami para pemain dan kru saat proses syuting hingga setelah selesai produksi film tersebut. Mereka merasa telah dikutuk.

Diantaranya, anak dari sang pemeran utama Gregory Park meninggal dunia. Seorang kru nyaris kehilangan nyawanya saat kecelakaan mobil dan pesawat yang ditumpangi penulis, sutradara dan pemainnya mengalami masalah setelah tersambar petir.

Film horor supranatural tersebut menceritakan sepasang suami istri mengadopsi anak setelah dinyatakan tidak akan memiliki anak.

Setelah hari-hari keluarga Robert dipenuhi kebahagian, hal aneh pun muncul seperti pengasuh Damien melakukan bunuh diri. Termasuk kedatangan seorang pastur yang mengetahui apa yang sedang terjadi.

Katherine ibu angkat Damien curiga kepada putranya sendiri saat membawa Damien ke kebun binatang, hewan-hewan disana histeris ketakutan. Beberapa hari kemudian anak yang disangka anak iblis tersebut menyerang Katherine.

4. The Conjuring 2

photoFilm The Conjuring 2 - (Pinterest)

Film Horor asal Amerika Serikat ini rilis 10 Juni 2016. Film merupakan sekuel kedua dari seri The Conjuring, disutradarai oleh James Wan.

The Conjuring 2 adalah film horor terlaris kedua setelah ‘The Exorcist’ dengan meraup keuntungan $321 juta di seluruh dunia dan menerima ulasan positif dari para kritikus film. 

Film ini berkisah dimana Ed dan Lorraine dimintai untuk menyelidiki kejadian mistis yang terjadi terhadap keluarga Hodgson, yaitu putrinya yang bernama janet yang mengalami hal aneh karena kerasukan roh jahat.

Bukan hanya kejadian mistis yang terjadi di alur cerita film tersebut, namun dibalik layar proses film ini mengalami kejadian yang janggal.

Salah satu tokoh utamanya Vera Farmiga yang berperan sebagai Lorraine Warren, merasa terkejut karena ada tiga tanda cakaran di sepanjang layar laptopnya, setelah melakukan riset dan berbincang dengan sang sutradara mengenai karakternya.

5. The Possession

photoFilm The Possession - (Pinterest)

‘The Possession’ rilis di Amerika Serikat pada 31 Agustus 2012. Film Horor ini digarap oleh sutradara Ole Bornedal.

Bekas rumah sakit jiwa di Kanada dijadikan tempat untuk proses pengambilan film. Film ini dibintangi oleh Jeffrey Dean Morgan, Kyra Sedgwick dan Madison Davenport.

‘The Possession’ bercerita tentang seorang gadis yang berubah sifatnya setelah membeli kotak antik berbahan kayu. Ternyata Kotak antik tersebut dihuni oleh setan yang bisa merasuki dan mengambil alih tubuh pemiliknya.

Kejadian aneh berawal saat Em menusuk jari ayahnya saat sedang makan malam, tingkahnya pun berubah. Clyde langsung mencari bantuan untuk mengobati anaknya.

‘The Possession’ ternyata terinspirasi dari laporan surat kabar tentang keluarga yang melawan iblis yang disebut Dybbuk.

Dalam proses produksi, salah satu pemain dikabarkan mengalami kerasukan. Sang Sutradara Ole Bornedal mengungkapkan bahwa selama pengambilan gambar berlangsung banyak sekali hal mistis terjadi. Seperti lampu properti mendadak terbakar padahal dalam posisi tidak dinyalakan.

Writer:Dwiki Ramadhan

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life18 April 2024, 10:30 WIB

6 Bahaya Besar Jika Orang Tua Terlalu Memanjakan Anak, Bisa Jadi Durhaka?

Bahaya memanjakan anak sangat buruk bagi perkembangan mental dan karakternya. Itu sebabnya kebiasaan tersebut perlu dihindari.
Ilustrasi. Bahaya memanjakan seorang anak. Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi18 April 2024, 10:26 WIB

Jadi Musuh Petani, Ketika Babi Hutan Diserang Anjing Pemburu di Puncak Buluh Sukabumi

Pasukan anjing berburu diturunkan hingga ke dalam hutan Leuweung Kiarajegang.
Tangkapan layar saat pasukan anjing pemburu menyerang babi hutan di Puncak Buluh, Desa Karanganyar, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life18 April 2024, 10:00 WIB

9 Ciri Orang yang Tidak Gampang Stres dan Hidupnya Selalu Bahagia, Apa Kamu Termasuk?

Meskipun tidak mudah, menjadi orang yang tidak mudah stres adalah kemampuan yang dapat dipelajari dan diperkuat melalui latihan dan kesadaran diri.
Ilustrasi - Meskipun tidak mudah, menjadi orang yang tidak mudah stres adalah kemampuan yang dapat dipelajari dan diperkuat melalui latihan dan kesadaran diri.  (Sumber : unsplash.com/Elsa Tonkinwise)
Sukabumi18 April 2024, 09:48 WIB

Diduga Overdosis! Anak Jalanan Tewas di Sukaraja Sukabumi, Ini Identitasnya

Dedi menyebut korban diduga overdosis setelah mengonsumsi obat-obatan.
Anak jalanan yang ditemukan tewas di sebuah jongko dagangan milik warga di Cimahpar, Desa/Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Kamis (18/4/2024). | Foto: Istimewa
Inspirasi18 April 2024, 09:30 WIB

Lowongan Kerja Jawa Barat Lulusan S1, Usia Maksimal 27 Tahun

Berikut Informasi Lengkap Lowongan Kerja di Jawa Barat untuk Lulusan S1, Usia Maksimal 27 Tahun
Lowongan Kerja Jawa Barat Lulusan S1, Usia Maksimal 27 Tahun (Sumber : Istimewa)
Sehat18 April 2024, 09:00 WIB

Mau Tahu Kadar Gula Darah Normal Setelah Makan? Penderita Diabetes Yuk Simak Disini!

Kadar gula darah yang normal penting bagi penderita diabetes tipe 1 atau tipe 2.
Ilustrasi - Kadar gula darah yang normal penting bagi penderita diabetes tipe 1 atau tipe 2. (Sumber : pexels.com/@Nataliya Vaitkevich)
Bola18 April 2024, 08:42 WIB

Klasemen Liga 1: Persib Bandung Dipastikan Lolos ke Championship Series

Hasil ini membuat Persib Bandung tak akan mungkin keluar dari posisi empat besar.
Pemain Persib Bandung. | Foto: Persib.co.id
Kecantikan18 April 2024, 08:00 WIB

8 Basic Skincare yang Wajib Dimiliki Pemula, Cleanser hingga Moisturizer

Inilah Basic Skincare yang Wajib Dimiliki Pemula, Ada Cleanser hingga Moisturizer.
Basic Skincare yang Wajib Dimiliki Pemula, Cleanser hingga Moisturizer  (Sumber : Freepik.com)
Life18 April 2024, 07:00 WIB

9 Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres

Yuk Lakukan Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres Berikut Ini!
Ilustrasi - Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres. (Sumber : pexels.com/@Leah Kelley)
Food & Travel18 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Pepaya untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 6 Langkahnya!

Berikut Cara Membuat Air Rebusan Daun Pepaya untuk Menurunkan Gula Darah, Coba Ikuti 6 Langkahnya!
Ilustrasi. Daun pepaya - Manfaat Air Rebusan Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Menurunkan Gula Darah. | (Sumber : Pixabay.com)