Light Dark

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Resign Dari Pekerjaan

Gaya Hidup | 17 Dec 2021, 18:15 WIB
Ilustrasi Resign dan Pekerjaan | rawpixel.com

SUKABUMIUPDATE.com - Apakah saat ini kamu sedang berpikir untuk Resign dari pekerjaanmu? Selain lelah dengan Pekerjaan yang tidak ada hentinya, pasti kamu memiliki alasan lain untuk memilih berhenti dari perusahaan.

Apabila kamu sudah merasa tidak nyaman, itu berarti ada hal yang salah dari dirimu, lingkungan kerja, atau kebijakan perusahaan.


Advertisement

Cobalah untuk terus mencari tahu sekiranya apa yang membuatmu merasa kurang bisa menikmati pekerjaanmu saat ini, jika masalahnya bukan berasal dari dirimu, tentunya kamu sudah memiliki pertimbangan untuk segera resign.

Alasan-alasan berikut mungkin bisa dijadikan landasan mengapa kamu harus mengajukan Resign atau pengunduran diri kepada perusahaan.

Baca Juga :

1. Lingkungan Kerja yang Penuh Dengan Persaingan Tidak Sehat


Advertisement
photoIlustrasi Lingkungan Kerja yang Penuh Dengan Persaingan Tidak Sehat | Sumber: Pexels.com

Saat kamu sudah melakukan Pekerjaan dengan baik, berhasil mencapai target perusahaan, memberikan ide-ide yang inovatif dan bertanggung jawab penuh dengan pekerjaanmu.

Semua hal kamu lakukan seharusnya bisa membuat kamu menjadi salah satu kandidat karyawan yang mendapatkan promosi kenaikan jabatan.

Namun karena lingkungan kerja yang kurang bersahabat, karyawan lain yang lebih dekat dengan atasan bisa dengan mudahnya menduduki posisi yang sebenarnya mereka tidak memiliki kompetensi yang cukup baik.

Mereka hanya bermodalkan titel teman atau keluarga dari atasanmu tanpa kemampuan yang mumpuni untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab.

Jika hal ini sudah terjadi berkali-kali, kamu lebih baik Resign dari perusahaan karena kemampuanmu perlu lebih diapresiasi.

Perusahaan yang saat ini menjadi tempat kamu bekerja tidak dapat membantumu untuk berkembang, terutama dalam jenjang karir.

Apalagi jika kamu sudah bekerja lebih dari lima tahun, kamu perlu berpikir ulang untuk tetap bekerja di perusahaan yang tidak memberikanmu kesempatan sama sekali untuk mengembangkan 'self value'.

Sebagaimana diketahui bahwa kepastian jenjang karir bagi setiap karyawan adalah hal yang wajib dipertimbangkan, karena dapat menjadi pengalaman baru dan motivasi untuk memberikan kinerja yang lebih baik lagi.

Jadi segeralah mencari kesempatan baru di luar sana yang sekiranya bisa menjadi tempat yang lebih baik untukmu.

2. Gaji yang Tidak Sesuai Dengan Tanggung Jawab

photoIlustrasi Gaji yang Tidak Sesuai dengan Tanggung Jawab | Sumber: Pexels.com

Ketika kamu dibebankan tugas dan tanggung jawab yang cukup banyak, bekerja terkadang lebih dari delapan jam, bahkan di hari libur pun kamu harus bersedia masuk kerja, maka sudah seharusnya kamu menerima hak yang setimpal bukan?

Nominal gaji yang diterima karyawan seharusnya sudah sesuai dengan ketetapan pemerintah, lalu disertakan juga dengan tunjangan-tunjangan lain yang bisa menjadi additional salary seperti uang transport, uang makan, dan lainnya.

Apabila kamu menerima gaji yang tidak sesuai atau lebih rendah dari UMP/UMK padahal tugasmu begitu banyak, sebaiknya kamu segera mengajukan permohonan resign.

Jika kamu memiliki kemampuan yang lebih baik, maka kamu juga layak mendapatkan tempat yang bisa memberikanmu hak yang sesuai dengan kewajiban.

Karena bekerja di sebuah perusahaan bukan hanya untuk memuaskan atasan, tapi juga untuk bisa memenuhi kebutuhan pribadi.

3. Perusahaan Tidak Memberikan Fasilitas Bekerja yang Lengkap

photoIlustrasi Perusahaan Tidak Memberikan Fasilitas Bekerja yang Lengkap | Sumber: Pexels.com

Ada beberapa perusahaan yang tidak memberikan fasilitas lengkap kepada karyawannya untuk bekerja seperti komputer dan jaringan internet.

Padahal fasilitas dalam bekerja dapat menunjang kinerja karyawan agar bisa memberikan output yang maksimal. Jika seperti ini maka akan sangat menyulitkan karyawan.

Kamu hanya akan merasa lelah dan kesal, karena seharusnya fasilitas mendasar seperti komputer dan jaringan internet bisa disediakan oleh pihak perusahaan.

Dengan demikian, tidak ada salahnya kamu Resign dan mencari perusahaan yang lebih baik.

4. Kamu Tidak Memiliki Kesempatan untuk Belajar Banyak Hal

photoIlustrasi Kamu Tidak Memiliki Kesempatan untuk Belajar Banyak Hal | Sumber: Pexels.com

Buat kamu yang memiliki ambisi atau keinginan untuk terus mengembangkan diri, kamu akan sangat cocok bekerja di sebuah perusahaan yang memberikanmu lebih banyak tantangan.

Tantangan yang terus diberikan secara tidak langsung bisa mengasah keterampilanmu menjadi lebih tajam, misalnya seperti mengerjakan proyek-proyek penting, menguasai materi training, mengikuti berbagai macam seminar, dan lainnya.

Perusahaan yang bisa mendukungmu untuk terus berkembang akan memberikanmu dampak positif dan tentunya membuatmu ingin lebih berkontribusi dan memberikan loyalitas yang tinggi.

Namun sebaliknya, jika perusahaan tidak bisa menjadi wadah bagimu untuk banyak mempelajari hal baru, ini bisa kamu jadikan alasan untuk tidak bertahan di perusahaan tersebut.

5. Pekerjaannya Tidak Cocok Denganmu

photoIlustrasi Pekerjaannya Tidak Cocok Denganmu | Sumber: Pexels.com

Ketika kamu baru saja lulus dari universitas, pasti bingung untuk memilih pekerjaan.

Pada akhirnya kamu memilih suatu Pekerjaan yang tidak sesuai dengan passion atau bidang pendidikanmu.

Semakin lama kamu jalani, Pekerjaan dan tanggung jawabnya akan terasa berat. Kamu pun menyadari bahwa Pekerjaan yang kamu jalani tidak cocok denganmu.

Cobalah untuk mencari kembali peluang baru yang bisa sejalan dengan passionmu, agar Pekerjaan bisa diselesaikan dengan mudah tanpa adanya rasa berat hati.

Writer: Devi

Image

Admin SUpdate

Image

Reza Nurfadillah