Light Dark

Kabupaten Sukabumi Punya Ambulans Canggih, Bupati: Minimal Ada di Tiap Wilayah

Sukabumi | 09 Dec 2021, 20:53 WIB
Mobil ambulans baru milik Pemerintah Kabupaten Sukabumi. | Dokpim Kabupaten Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kabupaten Sukabumi melengkapi pelayanan fasilitas kesehatan dengan menyediakan ambulans dengan fasilitas lengkap yang diisi dengan sejumlah alat kedokteran modern di dalamnya.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan, ambulans ini berisi fasilitas lengkap dan masyarakat umum bisa menggunakan ambulans tersebut. "Meski untuk pelayanan tindakan khusus, masyarakat yang membutuhkan rujukan dengan penanganan khusus, bisa menggunakannya," katanya di Pendopo Sukabumi, Kamis, 9 Desember 2021.


Advertisement

Menurut Marwan, Pemerintah Kabupaten Sukabumi baru memiliki satu ambulans dengan fasilitas lengkap. Namun, akan terus dilengkapi dan diperbanyak. "Sekarang baru satu, nanti menyusul ke depannya. Minimal satu wilayah satu. Apalagi, rumah sakit di daerah pariwisata harus ada ambulans seperti ini karena sangat diperlukan dalam memberikan penanganan dan tindakan yang cepat," ungkap dia.

photoMobil ambulans baru milik Pemerintah Kabupaten Sukabumi. - (Dokpim Kabupaten Sukabumi)

Sekretaris Dinkes Kabupaten Sukabumi Rika Mutiara mengatakan, ambulans ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Bahkan, bisa digunakan untuk penanganan pasien jantung. "Pasien dengan penyakit jantung bisa dibawa sekaligus ditangani dari ambulans. Selain itu, bisa menangani berbagai kondisi lainnya," terangnya.


Advertisement

Bahkan, tambah Rika, di dalam ambulans itu sudah dilengkapi dengan alat pemantau pasien termasuk kamera untuk meninjau pasien dan berkomunikasi dengan dokter. "Di dalam mobil sudah terpasang kamera. Jadi, dokter bisa memantau kondisi pasien selama perjalanan dari jarak jauh, rencananya ambulans ini akan disiagakan di ibu kota Kabupaten Sukabumi," kata Rika.

SUMBER: MEDSOS PEMKAB SUKABUMI

Image

Admin SUpdate

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur