5 Tips Menghadapi Pasangan Introvert, Dijamin Hubunganmu Awet!

Rabu 08 Desember 2021, 10:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Memiliki pasangan introvert akan menjadi tantangan tersendiri untuk hubunganmu, bagaimana tidak? Si dia yang cenderung pendiam, suka dengan tempat yang tenang dan melakukan apapun sendiri, akan mendorongmu untuk lebih menyesuaikan diri dengannya dalam segala hal, apalagi jika kamu adalah orang yang memiliki sifat ekstrovert.

Kamu mungkin sering kesal dan sedih, karena merasa hubunganmu tidak seperti pasangan lain yang lebih banyak berbicara satu sama lain, pergi ke tempat-tempat seru dan banyak melakukan apapun bersama-sama.

Pada akhirnya, kamu pun jadi bingung bagaimana harus menyikapi pasangan introvert dan mempertahankan hubungan yang sudah terjalin.

Jangan khawatir ya, kamu bisa baca artikel ini untuk mengetahui tips atau cara yang efektif untuk menghadapi pasangan introvert agar hubunganmu tetap awet.

Baca Juga :

1. Ajaklah Pasanganmu Berbicara Tentang Perbedaan Sifat Kalian

photoIlustrasi Mengajak Pasangan Berbicara - (Freepik/Tirachardz)</span

Saat kamu menyadari bahwa hubunganmu terasa renggang karena sifat introvert pasanganmu, kamu bisa berinisiatif untuk mengajaknya berbicara.

Jika terus membiarkannya asik dengan dirinya sendiri, justru akan semakin membuat kalian jauh dan hubungan kalian menjadi semakin buruk.

Ajaklah dia ke tempat yang tenang, utarakan semua keluh kesahmu terkait dengan sikapnya. Bicarakan dengan kepala dingin dan coba untuk mendapatkan perhatiannya secara penuh agar dia benar-benar mendengarkanmu.

Jangan takut akan membuat dia merasa tidak nyaman, karena kamu juga memiliki hak untuk mendapatkan perhatian lebih darinya, terlebih lagi jika hubungan kalian sudah berjalan cukup lama.

Apabila dia masih menginginkan hubungan yang baik denganmu, dia pasti akan bersedia untuk mengubah sikapnya menjadi lebih baik sesuai keinginanmu.

Tapi sebaiknya kamu juga jangan terlalu memaksakannya ya, biarkan dia introspeksi diri terlebih dahulu dan merubahnya secara perlahan.

2. Tanyakan Apa yang Dia Butuhkan

photoIlustrasi Tanyakan Apa yang Dia Butuhkan - (Pexels/Cottonbro)</span

Seorang introvert akan sangat jarang untuk mengutarakan apa yang diinginkan, sehingga untuk mengetahuinya kamu harus bertanya terlebih dulu.

Misalnya, ketika kamu dan pasanganmu sedang menghadiri sebuah pesta pernikahan, mungkin dia akan lebih banyak diam karena merasa tidak nyaman jika sekelilingnya dipenuhi banyak orang.

Kamu bisa coba bertanya bagaimana untuk membuatnya merasa lebih nyaman, cara ini akan membuat pasanganmu lebih terbuka dan merasa lepas mengutarakan apa yang sebenarnya dia butuhkan.

Kamu bisa mencari jalan tengah, mengingat pasanganmu tidak suka pergi ke tempat yang ramai, mungkin dengan menghadiri pesta sebentar saja atau mengajaknya hanya sesekali.

Dengan begitu, kalian akan merasa nyaman satu sama lain, karena bisa memberikan ruang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

3. Berkencan dengan Suasana yang Tenang dan Santai

photoIlustrasi Berkencan dengan Suasana yang Tenang dan Santai - (Pexels/Cottonbro)</span

Bagi kebanyakan pasangan, pergi ke bioskop dan restoran adalah pilihan tempat yang paling nyaman untuk berkencan.

Berbeda dengan pasangan introvertmu, yang justru lebih menyukai suasana santai dan tenang.

Kamu bisa menawarkan ide berkencan sesuai dengan apa yang dia inginkan, seperti memasak makanan kesukaan kalian berdua bersama-sama, menonton film favorit di rumah dan berkunjung ke tempat-tempat yang tidak banyak orang seperti museum atau perpustakaan.

Walaupun terkesan bosan bagimu, kamu bisa mencoba untuk menyesuaikan diri terlebih dulu dengannya. Setelah itu, cobalah untuk memberinya pengertian untuk sesekali pergi atau melakukan apapun sesuai dengan keinginanmu agar tetap adil.

4. Biarkan Pasangan Introvertmu Memiliki Waktunya Sendiri

photoIlustrasi Biarkan Pasangan Introvertmu Memiliki Waktunya Sendiri - (Pexels/Rodnae Productions)</span

Setiap orang terkadang ingin memiliki waktu untuk menyendiri, hal ini tentu sangat dibutuhkan oleh seseorang yang memiliki sifat introvert.

Dalam menjalin hubungan, tidak setiap waktu harus selalu bersama-sama, biarkan pasanganmu untuk beraktivitas sendiri dan melakukan apa yang diinginkan.

Apabila kamu merasa bosan, sebaiknya urungkan dulu niat untuk mengganggunya. Kamu bisa pergi ke luar bersama teman-teman dan melakukan hal yang menyenangkan.

Jika sudah merasa cukup dengan aktivitas masing-masing, kamu bisa mulai untuk menghubunginya kembali, tanyakan apa yang dia lakukan, biarkan dia menceritakan tentang kegiatan dan perasaannya.

Setelah itu, kamu juga bisa ceritakan semua kegiatanmu dan mulailah rencanakan untuk bertemu atau berkencan.

5. Bersabar

photoIlustrasi Bersabar - (Freepik/Jcomp)</span

Cara terakhir untuk menghadapi pasangan introvertmu adalah dengan bersabar.

Perbedaan sifat antara kamu dan dia, mungkin dapat memicu perdebatan dalam hubungan. Dia yang selalu ingin sendiri dan kamu yang ingin selalu ditemani, terkadang membuatmu merasa tidak nyaman dan merasa ditinggalkan.

Kamu tidak perlu sedih, karena seorang introvert hanya perlu waktu sebentar untuk menyendiri, setelah itu dia akan kembali dan melakukan aktivitas seperti biasa.

Jadi, cobalah untuk terus bersabar dengan memberikannya pengertian, waktu dan ruang.

Sebaliknya, kamu juga bisa memintanya untuk bersabar ketika kamu merasa bosan dengan hubungan yang terkesan santai dan ingin pergi ke tempat-tempat yang ramai.

Pastikan kalian berdua saling mengerti satu sama lain ya, agar tidak ada yang merasa tersakiti di satu pihak.

Writer: Devi

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi20 April 2024, 12:05 WIB

Buruh di Sukabumi Ngaku Kaki Terlindas Ban Forklift saat Kerja, Kini Gaji Belum Dibayar

Nurrohman mengaku kecelakaan kerja ini sempat membuatnya tidak dapat berjalan.
Nurrohman (45 tahun) memperlihatkan kakinya yang pernah terlindas ban forklift saat bekerja di PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Life20 April 2024, 12:00 WIB

6 Cara Ampuh Menghadapi Catcalling, Wanita Wajib Tahu!

Catcalling dapat berupa seruan, lirikan, isyarat tubuh yang tidak pantas, atau komentar yang merendahkan dan merendahkan martabat seseorang.
Ilustrasi. Cara Mencegah Catcalling. Sumber : pixabay/fkpsiclgy12
Jawa Barat20 April 2024, 11:11 WIB

Pemerintah Siapkan Pompanisasi untuk Dongkrak Produksi Beras Termasuk di Sukabumi

ementerian mengantisipasi hal-hal semacam itu agar tak menghambat produksi padi. Salah satunya lewat program pompanisasi di setiap daerah.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengikuti rapat koordinasi ketahanan pangan dan produktivitas pertanian di Jawa Barat, di Gedung Sate, Bandung, Kamis, 18 April 2024 (Sumber: dokpim)
Sehat20 April 2024, 11:00 WIB

5 Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Cara mengelola keinginan penderita asam urat konsumsi asupan tinggi protein purin bisa dengan mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein nabati rendah lemak, serta membatasi konsumsi daging merah, makanan laut, dan alkohol.
Kopi. Salah Satu Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : pexels.com/ChevanonPhotography)
Keuangan20 April 2024, 10:46 WIB

Buruh di Sukabumi: Kami Berjuang Sendirian! Mediasi Tunggakan Upah Kembali Buntu

proses mediasi turut dihadiri oleh para petinggi perusahaan yakni HRD, Personalia, PPIC, kepala produksi, direktur utama hingga penasehat perusahaan serta dihadiri sekurangnya 60 eks buruh.
Puluhan eks-buruh PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) kembali melakukan mediasi bersama Pihak Perusahaan untuk memperjuangkan haknya datangi Disnakertrans (Sumber: istimewa)
Life20 April 2024, 10:00 WIB

7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Hidup Tenang, Yuk Lakukan!

Ingin Hidup Tenang dan Bahagia? Yuk Lakukan Kebiasaan Sederhana Ini!
Ilustrasi. Kebiasaan Sederhana yang Membuat Hidup Tenang (Sumber : Pexels/Kaushal Moradiya)
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kencana ungu dapat membantu menurunkan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang memiliki masalah kontrol gula (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)