Light Dark

Begini Strategi Disdukcapil Kota Sukabumi Capai Penerbitan KIA

Sukabumi | 29 Nov 2021, 15:41 WIB
(Ilustrasi KIA) Disdukcapil Kota Sukabumi terus menggenjot capaian KIA. | Sukabumiupdate.com/Nelis

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Disdukcapil Kota Sukabumi terus menggenjot capaian Kartu Indonesia Anak atau KIA. Salah satu yang dilakukan adalah menjalin kerja sama dengan berbagai instansi.

Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi Kardina Karsoedi mengatakan, hingga 26 November 2021, penerbitan KIA telah mencapai 45 persen. Target nasional pembuatan KIA sendiri hingga akhir tahun ini harus ada di angka 30 persen.


Advertisement

Beberapa instansi pun digandeng Disdukcapil Kota Sukabumi untuk mencapai target tersebut seperti sekolah mulai PAUD, SD, hingga SMP. "Kemudian kami merangkul PKK serta pelayanan pembuatan KIA di akhir pekan," kata Kardina, Senin, 29 November 2021.

photoKepala Disdukcapil Kota Sukabumi Kardina Karsoedi. - (Sukabumiupdate.com/Nelis)

Baca Juga :

Cara lain yang dilakukan adalah konsep 3 in 1. Kardina menyebut, saat seorang anak lahir, otomatis memperoleh akta kelahiran, KIA, dan kartu keluarga atau KK baru. Tak hanya itu, rumah sakit juga diharapkan membantu menginformasikan aplikasi pendaftaran online KIA.


Advertisement

"Memiliki KIA dapat memudahkan orang tua dan anak dalam berbagai kegiatan, misal pendaftaran sekolah. Benefit lain, juga akan mendapat pengurangan harga untuk beberapa merchant yang bekerja sama (McD, Rizi Azzahra, Gramedia, Santa Sea)," ujar Kardina.

Image

Nelis

Reporter

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur