Light Dark

Dalang Golek se Jabar Kumpul di Sukabumi, Siapa Binojakrama Padalangan 2021?

Sukabumi | 15 Nov 2021, 23:00 WIB
Ilustrasi. Mulai hari ini hingga 17 November 2021 mendatang, dalang golek se Jabar (Jawa Barat) akan memperlihatkan keahliannya dalam seni wayang. Kabupaten Sukabumi jadi tuan rumah, Binojakrama Padalangan 2021 (Festival Dalang Wayang) Tingkat Jawa Barat. | pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Mulai hari ini hingga 17 November 2021 mendatang, dalang golek se Jabar (Jawa Barat) akan memperlihatkan keahliannya dalam seni wayang. Kabupaten Sukabumi jadi tuan rumah, Binojakrama Padalangan (Festival Dalang Wayang) Tingkat Jawa Barat tahun 2021.

Dengan tema "Miara Ajen Tradisi Geusan Ngaronjatkeun Karya Pinunjul", festival ini resmi dibuka oleh Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri. di Hotel Sukabumi Indah Sukabumi, Senin (15/11/2021).


Advertisement

Baca Juga :

Kegiatan akan berlangsung selama tiga hari diikuti oleh kontingen pedalangan dari 16 Kabupaten/Kota se Jabar. Dalam sambutannya, Wakil Bupati mengatakan, seni sunda wayang golek merupakan sarana informasi dan transformasi pendidikan.

“Budaya sunda khususnya wayang golek, bisa menjadi ajang dan media menyampaikan informasi edukasi dan transformasi pendidikan” ucapnya di kutip dari akun resmi Dokumentasi pimpinan Kabupaten Sukabumi.


Advertisement

photoKabupaten Sukabumi jadi tuan rumah, Binojakrama Padalangan (Festival Dalang Wayang) Tingkat Jawa Barat tahun 2021. - (dokumentasi pimpinan Kabupaten Sukabumi)

Wabup menyebut budaya merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan, menjadi tugas kita bersama untuk mempertahankannya. “Budaya kita ini bisa membumi, siapa lagi yang mempertahankan, kalau bukan kita” jelasnya.

Lebih lanjut wabup berharap budaya seni sunda wayang golek ini bisa membumi, hingga bisa  di publish dan diinformasikan luas kepada masyarakat, bisa diikuti generasi muda. “Budaya terus pertahankan dan bumikan, khususnya di Kabupaten Sukabumi” pungkasnya.

Koleksi Video Lainnya:

Salah Sebut Asal Wayang Kulit dari Malaysia, Adidas Minta Maaf

Image

Admin SUpdate

Image

Fit NW

Redaktur